Nyaman di Berbagai Posisi, Demokrat Segera Tentukan Arah Politik Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan. (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Partai Demokrat (PD) yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono saat ini masih memikirkan arah politik mereka ke depan. Salah satu yang dipertimbangkan adalah keuntungan yang bakal didapat.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua Demokrat, Syarief Hasan saat ditanya arah politik partainya pasca-bubarnya Koalisi Indonesia Adil Makmur.

"Kita lihat demand-nya gimana, ini kan supply dan demand. Kalau demand-nya menguntungkan Demokrat, saya kira akan dipertimbangkan," ucap Syarief saat acara diskusi MNC Trijaya, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (29/6).

Diskusi MNC Trijaya. (MP/Kanugrahan)
Diskusi MNC Trijaya. (MP/Kanugrahan)

Baca Juga: Koalisi Prabowo-Sandi Masuk Kabinet, PDIP: Pak Jokowi Orangnya Pintar

Syarief mengatakan, pihaknya masih akan menjalani komunikasi untuk langkah politik ke depan.

"Kami dari Demokrat dari awal sudah memiliki kebijakan mendukung 02 untuk pencalonan presiden dan wakil presiden. Jadi garis finish-nya di MK," kata dia.

Berarti, kata Syarief, setelah putusan dapat dipastikan Partai Demokrat sudah tak berada dalam koalisi. Pihaknya sudah beberapa kali memberikan statement politik itu

Menurut Syarief, Demokrat tak masalah apakah menjadi oposisi atau bergabung ke koalisi pemerintah. "Bagi Partai Demokrat tidak terlalu memikirkan itu. Karena partai kami sudah berpengalaman dua periode (di pemerintahan) dan 2014-2019 kami di luar pemerintahan," tuturnya. (Knu)

Baca Juga: PAN: Banyak yang Ingin Tetap Jadi Oposisi



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH