Nyaman dan Bebas Khawatir saat Menjelajah Kota Teraman di Dunia Menjelajah kota teraman dunia pasti tenang dan bebas khawatir. (foto: pixabay/robin marinkovic)

MENINGGALKAN barang berharga di suatu tempat bisa mengganggu pikiran dan menghambat aktivitas selanjutnya. Muncul kegelisahan ketika memikirkannya, terlebih karena maraknya tindak kejahatan di beberapa wilayah. Namun, kekhawatiran akan keamanan tidak akan terjadi di beberapa tempat yang terkenal sebagai kota-kota teraman di dunia.

Di kota-kota tersebut, keamanan dan keselamatan menjadi prioritas utama. Berada di lingkungan aman akan menciptakan rasa nyaman. The Economist Intelligence Unit (EUI) di laman BBC menyatakan jaminan keselamatan, keamanan, kesehatan, stabilitas infrakstruktur, dan perkembangan teknologi menjadi pertimbangan seseorang untuk menempati suatu wilayah.

BACA JUGA: Ada Fakta Unik Pendaratan Manusia Pertama ke Bulan di Google Doodle

Berikut rekomendasi kota-kota teraman di dunia yang bisa memberikan kenyamanan dan keamanan untukmu.


1. Keamanan pusat Kota Stockholm

stockholm
Stockholm punya ruang publik yang aman. (foto: pixabay/705847)


Berada di bagian utara Swedia, Stockholm menjadi pusat kota yang berkontribusi dalam ruang publik nan aman. Terdapat taman bermain yang jauh dari jalan raya dan banyak area hijau yang dikelilingi pohon rindang menambah keamanan bagi anak-anak. Meski kota kecil, Stockholm terasa dinamis dan berkembang dalam kecanggihan teknologi. Kota ini dibangun Hammarby Sjostad untuk meningkatkan keamanan pejalan kaki dengan desain ramah lingkungan.


2. Lingkungan penduduk di Amsterdam

amsterdam
Kota Amsterdam menyediakan lingkungan perumahan yang aman. (Foto: Pixabay/1624923)

Termasuk kota teraman, Amsterdam menyediakan lingkungan perumahan dengan penjagaan yang terjamin. Tidak ada satu pun orang yang gelisah atau khawatir ketika meninggalkan rumah tanpa dikunci. Para penjaga perumahan bersikap sopan dan disiplin dalam menjalankan pekerjaan mereka.

Perumahan De Pijp dan Qud-Zuid ada di bagian timur, sedangkan di utara ada Noord. Di bagian barat ada perumahan Oud West yang termasuk ke lingkungan aman. Tak hanya itu, perumahan-perumahan tersebut dekat dengan pusat kota dan Vondelpark, taman terbesar di Kota Amsterdam.

BACA JUGA: Gawai yang Membantumu Ketika 'Traveling'


3. Wilayah teraman di Australia

sydney
Penduduk Sydney berkomitmen menciptakan keamanan. (foto: pixabay/skeeze)

Sydney menjadi salah satu kota terbesar dan teraman di Australia. Penduduk di kota ini berkomitmen untuk menciptakan keamanan lingkungan rumah. Ketika terlihat ada yang mencurigakan, warga akan segera mengabari lainnya untuk bersiaga. Kota Sydney berencana mengalokasikan US$15 juta per tahun untuk perbaikan jalur pejalan kaki dan penyeberangan jalan untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan warga.

BACA JUGA: 4 Wisata Malam Jakarta, Tempat Asyik Melepas Lelah Usai Bekerja


4. Kota Singapura, daratan teraman di Asia Tenggara

singapura
Penegakan hukum ketat di Singapura. (foto: unsplash/zhu hongzhi)


Di antara negara Asia Tenggara, Singapura menjujung tinggi penegakan hukum. Kepatuhannya terhadap hukum menghasilkan lingkungan yang sangat aman. Peraturan membentuk kedisiplinan penduduk Singapura.

Seperti dilansir laman BBC, Rinita Vanjre Ravi yang merupakan pendiri situs BonAppetour mengakui ketatnya pengamanan kepolisian. Hal itu disebabkan pendanaan yang baik dan benar sehingga menciptakan kepedulian terhadap kesejahteraan lingkungan. Kebijakan hukum yang kuat membuat masyarakat di Singapura berkarakter jujur. Barang berharga yang tertinggal tidak akan dicuri karena kesadaran penduduk tentang konsekuensinya.(dys)

BACA JUGA: Berencana Melancong ke Singapura? Wajib Baca 7 Peraturan Ini



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH