Nvidia RTX 3080 Belum Bisa Kalahkan Konsol Game Next-Gen Ganasnya Nvidia RTX 3080 masih belum bisa mengalahkan kecenya konsol next-gen (Foto: Game Rant)

SEPTEMBER 2020 akan menjadi bulan kelahiran seri graphic card terbaru Nvidia RTX 3080 di dunia. Tentu perusahaan tersebut menjanjikan kekuatan ray-tracing mutahkir serta spesifikasi yang cukup ganas.

Video graphic array (VGA) ini diklaim akan 'melumat' grafis konsol game next-gen yang kabarnya juga akan rilis tahun ini, meski hingga saat ini belum muncul di pasaran.

Baca juga:

Sony Playstation 5 Hanya Bisa Dibeli Satu Unit per Orang

Bahkan, Nvidia RTX 3080 seakan membuat VGA terkuat seperti Geforce RTX 2080 Ti terlihat usang akibat harganya yang lebih terjangkau.

Tapi tenang dulu, kecenya Nvidia RTX 3080 ternyata masih belum bisa mengalahkan ganasnya grafis dari konsol game next-gen yang rilis akhir 2020 ini. Melansir laman Tom's Guide, ini dia alasannya.

1. Harus bayar komponen lain

 Nvidia RTX 3080 Belum Bisa Kalahkan Konsol Game Next-Gen
Harus bayar lebih untuk dapat merasakan kekuatan Nvidia RTX 3080 (Foto: Tweaktown)

Dengan membayar lebih dari Rp10 Juta, kamu hanya bisa mendapatkan kartu grafis Nvidia RTX 3080 tanpa komponen lain yang membuatmu harus membayar lebih.

Bahkan kamu harus membayar dengan estimasi harga layaknya motor balap 250 cc, membuat komputer yang bisa membuat kekuatan Nvidia RTX 3080 menjadi mahal dan boros bujet.

Di lain hal, kemudahan dan harga yang lebih terjangkau dari konsol game next-gen yang langsung jadi dan langsung bisa dimainkan, membuat komputer gaming menjadi kalah telak.

Bahkan laman Express mengklaim bahwa konsol next-gen PlayStation 5 harganya tidak jauh dari Rp7-8 juta.

2. Kekuatan yang sia-sia

Bottleneck pada VGA Nvidia RTX 3080 masih menjadi permasalahan hingga saat ini. Apalagi jika kamu berniat untuk membeli komputer agar dapat bisa dipasang Nvidia RTX 3080, tetapi layarmu masih mengusung resolusi 1080p. Jadi kekuatan tersebut dirasa sia-sia.

Generasi lebih muda dari RTX 3080, yakni RTX 3090 memiliki kekuatan yang fantastis dan dapat bermain di resolusi monitor 8K dengan cukup lancar. Kekuatan tersebut begitu kuat, dan bahkan monitor komputer resolusi 8K saja masih belum dirilis hingga saat ini.

Baca juga:

Resmi, Microsoft akan Rilis Xbox Series X November 2020

Tetapi bila diingat sekali lagi, teknologi akan berkembang waktu demi waktu, dan pasti akan ada komponen yang mampu menahan kekuatan Nvidia RTX 3080 agar tidak terjadi apa yang diistilahkan sebagai bottleneck.

3. Masih belum menjanjikan game kece layaknya konsol next-gen

 Nvidia RTX 3080 Belum Bisa Kalahkan Konsol Game Next-Gen
PlayStation 5 lebih banyak memberikan game eksklusif untuk genjot performa (Foto: Game Rant)

Meski VGA 'monster' Nvidia RTX 3080 sangatlah menjanjikan di ranah gaming untuk lima tahun ke depan, tetapi dunia komputer gaming masih belum bisa memberikan game eksklusif kece seperti konsol game next-gen.

Konsol game next-gen Sony yang pamerkan Spider-Man Miles Morales dan Horizon Forbidden West. Sementara Xbox Series X telah memamerkan Halo Infinite dan Forza Motorsport yang terlihat lebih menjanjikan.

Tentu pilihan game kesukaan masih terbilang subjektif, meski komputer gaming mampu memiliki game eksklusif layaknya DOTA 2, Counter Strike: Global Offensive, dan sebagainya. Beberapa game tersebut masih dirasa overkill dan belum bisa menggenjot performa Nvidia RTX 3080 secara penuh.

Perlu diingat sekali lagi, konsol game dan komputer gaming memiliki berbagai kelebihan dan kekurangannya. Jadi, lebih baik bijak dalam memilih antara konsol game next-gen untuk gaming atau komputer gaming sesuai kebutuhan. (dnz)

Baca juga:

Gabe Newell: Xbox Series X Lebih Baik Dibanding Playstation 5


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH