Nutrisi yang Bagus untuk Diet Nutrisi yang dibutuhkan untuk diet (Foto: Pixabay/silviarita)

TUBUH membutuhkan nutrisi untuk berfungsi dengan baik. Dengan adanya nutrisi, pertumbuhan dan perkembangan tubuh akan maksimal. Ia juga penting dalam meningkatkan kesehatan yang baik secara keseluruhan. Asupan nutrisi dibagi menjadi 2 kategori: mikronutrien, dan makronutrien.

Makronutrien meliputi protein, karbohidrat, dan lemak. Sedangkan mikronutrien mencakup vitamin dan mineral seperti kalium, fosfor, kalsium, magnesium, vitamin A, vitamin C, vitamin D dan lain sebagainya. Cara terbaik untuk mendapatkan semua nutrisi ini adalah melalui makanan.

Baca juga:

4 Cara Alami Turunkan Kolesterol setelah Musim Liburan

Nah, dilansir dari Boldsky, berikut ini nutrisi yang bagus untuk program diet.

1. Protein

Telur adalah sumber protein (Foto: Pixabay/stevepb)
Telur adalah sumber protein (Foto: Pixabay/stevepb)

Protein adalah bahan pembangun tubuh seperti tulang, sel, kulit, dan rambut. Tubuh manusia membutuhkan protein untuk membangun dan memperbaiki jaringan, membuat enzim dan hormon. Agar bisa mendapatkan protein kamu bisa mengonsumsi daging, ikan, telur, kedelai, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

2. Karbohidrat

Roti menjadi sumber karbohidrat (Foto: Pixabay/Pexels)
Roti menjadi sumber karbohidrat (Foto: Pixabay/Pexels)

Karbohidrat bekerja sebagai sumber bahan bakar untuk semua sel dan jaringan dalam tubuh. Ada dua jenis karbohidrat: sederhana, dan kompleks. Karbohidrat sederhana termasuk roti putih, nasi, pasta, dan semacamnya. Sementara karbohidrat kompleks termasuk quinoa, beras merah, oatmeal dan lain sebagainya.

Baca juga:

Nutrisi yang Dibutuhkan Bagi Pelari

3. Lemak

Ikan sumber lemak sehat (Foto: Pixabay/cattalin)
Ikan sumber lemak sehat (Foto: Pixabay/cattalin)

Lemak, terutama lemak sehat sangat penting untuk mendukung banyak fungsi tubuh, seperti membantu pembekuan darah, membangun sel, penyerapan nutrisi, produksi hormon, fungsi otak, dan pergerakan otot. Kamu bisa mendapatkan lemak dari Kacang-kacangan, minyak sayur, biji-bijian, minyak kelapa, ikan berminyak seperti tuna, salmon dan mackerel.

4. Vitamin

Buah sumber vitamin (Foto: Pixabay/silviarita)
Buah sumber vitamin (Foto: Pixabay/silviarita)

Vitamin dibagi menjadi 2 kelompok: larut dalam lemak, dan larut dalam air. Vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A, vitamin D, vitamin E dan vitamin K. Sementara vitamin yang larut dalam air adalah vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B12 (cyanocobalamin), vitamin B6, vitamin B3 (niasin), vitamin B9 (folat), vitamin C dan vitamin B7 (biotin). Semua vitamin ini diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca juga:

Tiga Fakta Mengenai Star Syndrome


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH