Nurut MUI, Rizieq Khawatir Masjid Jadi 'Kambing Hitam' Lokasi Penyebaran Corona Rizieq saat berorasi dalam Aksi 212 jilid II di depan gedung DPR/MPR, Selasa (21/02). (MP/Dery Ridwansah)

Merahputih.com - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab menyebut masjid tetap harus dijaga kesuciannya agar tidak lagi dituduh sebagai pusat penyebaran virus corona.

"Bukan takut Corona, kita tetap tawakal kepada Allah SWT, tapi kita wajib juga ikhtiar mencegah wabah dan fitnah," ujar Rizieq dalam keterangannya, Jumat (20/3).

Baca Juga:

Kurs Rupiah Terus Anjlok Tembus di Atas Rp16.000 per Dolar

Rizieq menegaskan mendukung penuh fatwa yang dikeluarkan MUI agar untuk sementara waktu tidak melaksanakan salat dan salat jumat di Masjid.

Rizieq Shihab. (MP/Widi Hatmoko)

Menurut dia, semua umat islam di wilayah yang sudah terkontaminasi virus corona wajib mengikuti serta menaati Fatwa MUI dan petunjuk medis pemerintah. Sedangkan, bagi jemaah di luar Jakarta yang jauh dari zona Corona Rizieq mengimbau salat Jumat dan jemaah tetap digelar.

"Jangan sampai nanti ada jemaah Masjid kena Corona, dan jangan juga nanti Masjid dituduh penyebarnya karena tetap gelar salat Jemaah dan Jumat," imbuh pentolan FPI yang kini masih berada di Arab Saudi itu.

MUI telah mengeluarkan Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah Dalam Situasi Terjadi Wabah COVID-19. Salah satu isi ketentuan hukum fatwa tersebut adalah salat Jumat bisa diganti salat zuhur dengan sejumlah catatan seperti 'Dalam kondisi penyebaran COVID-19 tidak terkendali di suatu kawasan yang mengancam jiwa.

Baca Juga:

Tekan Penularan Corona, Anies Tutup Tempat Wisata dan Hiburan di Jakarta

Bahkan, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meminta kepada masyarakat untuk tidak keluar rumah selama 3 minggu. Langkah itu diambil Anies untuk meninlisir penularan virus corona.

"Paling tidak selama 3 minggu ke depan jangan bepergian, bertahan dulu di Jakarta, tunda. Saya sampaikan ini, karena kita tidak ingin Jakarta mengalami seperti yang dialami oleh tempat tempat lain. Hari ini bela negara adalah dengan cara di rumah," kata Anies di Jakarta, Jumat (20/2). (Knu)

Baca Juga

Keluarkan Imbauan, MUI Tegaskan Tak Boleh Anggap Enteng Covid-19



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH