Wisata Dunia
Nuku Hiva, Surga Paling Tersembunyi di Dunia Nuku Hiva dijuluki "Negeri Manusia", berkat tradisi pejuang yang bertahan hingga saat ini. (Foto: 123RF/sorincolac)

HAMPIR tidak ada penduduk yang terlihat di pulau Nuku Hiva, Polinesia Prancis. Utopia di Pasifik Selatan ini adalah salah satu lokasi paling terpencil di dunia dan merupakan bagian luar biasa dari planet ini di mana seorang pelancong dapat berada sejauh mungkin dari keramaian.

Pemandangan dari kolam renang tanpa batas di Le Nuku Hiva by Pearl Resorts, satu-satunya hotel di pulau itu, adalah Teluk Taiohae yang biru. Keindahan alam lanskap ini membentang dengan tebing, puncak berbatu, teluk yang dalam dan lembah curam.

Baca juga:

Pesohor Dunia yang Santuy Liburan di Indonesia

Nuku Hiva, Surga Paling Tersembunyi di Dunia
Le Nuku Hiva by Pearl Resorts, satu-satunya hotel di pulau itu. (Foto: cnn)

Tahiti dan Bora Bora telah lama menjadi bintang di Polinesia Prancis, tetapi Nuku Hiva menjadi pusat perhatiannya sendiri sebagai pulau terbesar kedua di negara ini. Pulai ini juga merupakan ibu kota Kepulauan Marquesas, salah satu kepulauan yang paling tak tersentuh di bumi.

Kepulauan tersebut baru-baru ini dibuka kembali untuk pengunjung yang telah menghabiskan 30 hari sebelumnya di Amerika Serikat. Mungkin berkat keterpencilan kepulauan itu, kasus COVID-19 di sana relatif sedikit di antara populasi yang hanya di bawah 3.000 orang.

Namun, perjalanan ke surga pengasingan ini tidak mudah. Ini adalah waktu penerbangan delapan setengah jam dari Bandara Internasional San Francisco ke Bandara Tahiti Faa'a Polinesia Prancis. Penerbangan lanjutan Air Tahiti ke Bandara Nuku Hiva membutuhkan waktu empat jam lagi.

Perjalanan dari bandara ke kota utama Taiohae dengan kendaraan roda empat adalah perjalanan 90 menit yang memikat. Pemandangan menakjubkan, pakis tinggi, dan pohon pinus dapat ditemukan di setiap tikungan tajam. Menavigasi jalan terjal di sisi tebing Nuku Hiva datang dengan kejutan, seperti kuda poni liar.

Wisatawan yang membutuhkan detoksifikasi digital, atau hanya pelarian dari tekanan akhir-akhir ini, akan senang terdampar selama beberapa hari di pulau yang sulit dijangkau ini.

Nuku Hiva memiliki nuansa dunia lain yang primitif. Tidak ada gedung tinggi dan satu-satunya jaringan telepon seluler adalah 2G. Pulau ini memiliki kebutuhan dasar bagi sebuah komunitas, seperti kantor pos, rumah sakit, balai kota, bank, lima toko kelontong dan apotek.

Ada daya pikat mistis yang meresap melalui Nuku Hiva. Sulit untuk tidak merasakan sejarah ribuan tahun, terutama karena patung Tiki dan Moai yang mencolok yang menggambarkan dewa atau leluhur kuno dengan bangga tersebar di sekitar pulau.

Baca juga:

Destinasi Alam di Ketinggian Taiwan

Nuku Hiva, Surga Paling Tersembunyi di Dunia
Nuku Hiva memiliki nuansa dunia lain yang primitif. (Foto: cnn)

Membayangi Taiohae adalah Tiki Tuhiva yang setinggi 40 kaki, yang merupakan patung kontemporer tertinggi di Pasifik. Ini menunjukkan Tiki perempuan yang dilindungi oleh seorang prajurit laki-laki. Tiki atau patung yang terkenal ini berada di puncak Gunung Muake, dan pasti sepadan dengan pendakian singkat untuk melihat panorama garis pantai berbatu di teluk.

Keajaiban Alam

Budaya tradisional sangat penting di sini. William Teikitohe, seorang pemandu wisata yang bekerja untuk Le Nuku Hiva oleh Pearl Resorts, menunjukkan sisa-sisa arkeologi yang mudah hilang termasuk petroglif hewan dan manusia yang tak terhitung jumlahnya.

Tidak ada transportasi umum dari Taiohae ke bagian lain pulau, jadi hiking adalah aktivitas utama di Nuku Hiva. Banyak jalur di jalan setapak khusus pulau yang mengarah ke pemukiman tradisional yang misterius dan keajaiban alam yang lebih memukau.

Daya tarik utama adalah pendakian ke air terjun Vaip di desa kuno Hakaui. Air terjun tipe ekor kuda yang ikonik ini terbentuk di tengah-tengah puncak basal bergerigi lembah Hakaui. Aliran air yang tak berujung jatuh dari ketinggian 250 meter, menjadikan air terjun ini yang tertinggi di Polinesia Prancis.

Sebagian besar keramaian Nuku Hiva adalah di pelabuhan kapal pesiar teluk Taiohae, di mana kapal pesiar dalam perjalanan ke Australia dari Amerika meluncur melalui garis pantai teluk -- sangat kontras dengan pemandangan pulau penduduk desa yang menjalani hari mereka dengan menunggang kuda.

Kehidupan sehari-hari di sini berjalan dengan kecepatannya sendiri. Penduduk setempat yang santai dapat ditemukan berkumpul untuk mendengarkan memetik banjo. Itu tidak berarti kemalasan. Banyak yang mencari nafkah dari ukiran kayu atau batu tradisional dan berburu.

Nuku Hiva dijuluki 'Negeri Manusia' berkat tradisi pejuang yang bertahan hingga saat ini. Pria lokal, termasuk Teikitohe, bangga mengenakan tanduk binatang yang mereka bunuh di leher mereka.

Nuku Hiva, Surga Paling Tersembunyi di Dunia
Katedral Notre Dame yang berada di pusat Kota Nuku Hiva. (Foto: 123RF/sorincolac)

Pusat kota mudah dijelajahi dengan berjalan kaki dan ada baiknya berjalan kaki dari pelabuhan Nuku Hiva ke Katedral Notre Dame. Tidak seperti mitranya di Paris, cagar alam ini adalah struktur yang relatif baru sementara ukiran di dalamnya adalah Marquesan klasik. Selain kayu, Katedral Notre Dame menyediakan tempat istirahat yang damai dari panas terik dan kelembapan Nuku Hiva.

Untuk relaksasi, Nuku Hiva memiliki banyak pantai yang sepi. Di pantai utara pulau di desa Hatiheu, pengaturan gambar-kartu pos dapat ditemukan di pantai pasir hitam yang ditumbuhi pohon palem di Teluk Hatiheu.

Pengalaman pantai surealis yang lebih jauh menanti di Teluk Anaho, yang terletak dua kilometer di sebelah timur Hatiheu. Teluk melengkung ini dibingkai oleh perbukitan hijau yang menggulung dan sangat mengundang untuk berenang. Berkat tempat karang kecil yang terdapat di perairannya, teluk itu menawarkan beberapa snorkeling terbaik di Marquesas. (aru)

Baca juga:

Bikin Auto Pengin Pindah, Negara ini Murah dan Nyaman

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
‘Fury of the Gods’, Sekuel Terbaru ‘Shazam!’
ShowBiz
‘Fury of the Gods’, Sekuel Terbaru ‘Shazam!’

Sinbad akan bergabung di dalamnya.

Kakak beradik Cliffton dan Vincent Rompies Rilis Lagu
ShowBiz
Kakak beradik Cliffton dan Vincent Rompies Rilis Lagu

Lagu 'Pasti Berlalu' bercerita tentang kerinduan dengan orang-orang terkasih.

Masker Wajah Canggih ini Pakai Teknologi Pemurni Udara
Fun
Masker Wajah Canggih ini Pakai Teknologi Pemurni Udara

Diadaptasi dari pemurni udara rumahan.

Rachel Zegler Jadi Putri Salju Versi Live-Action
ShowBiz
Rachel Zegler Jadi Putri Salju Versi Live-Action

Akan mengalami lompatan karier yang besar bagi Zegler.

Kedekatan Anak dan Ibu bisa Hindari Perilaku Negatif
Fun
Kedekatan Anak dan Ibu bisa Hindari Perilaku Negatif

Ibu memiliki banyak peran di kehidupan anak

Busui! Ini Makanan Wajib agar Bayi Sehat dan Pintar
Fun
Busui! Ini Makanan Wajib agar Bayi Sehat dan Pintar

Pada enam bulan pertama, ibu menyusui dapat menghasilkan ASI rata-rata 750 ml/hari.

Jakarta Coffee Week 2020 Hadir secara Daring
Hiburan & Gaya Hidup
Jakarta Coffee Week 2020 Hadir secara Daring

Berbeda dari tahun sebelumnya, perhelatan kopi akbar Jakarta Coffee Week 2020 Akan Digelar Secara Online

Sebelum Hiatus, Arashi Bakal Gelar Konser Virtual
ShowBiz
Sebelum Hiatus, Arashi Bakal Gelar Konser Virtual

Konser terakhirnya sebelum memutuskan untuk hiatus tahun depan.

Apa yang Ada di Dalam Kotak realme C25 dan realme C21?
Fun
Apa yang Ada di Dalam Kotak realme C25 dan realme C21?

realme juga akan meluncurkan realme C21 pada 23 Maret 2021.

 Chung-ha Positif COVID-19, Idola K-Pop Ini Jalani Tes Usap
ShowBiz