Musik
Nuansa Gelap ala Adrian Adioetomo dalam 'Burning Blood, Cold Cold Ground' Adrian Adioetomo merilis single Burning Blood, Cold Cold Ground. (foto: istimewa)

SELEMBAR kain hitam menutup kepala musisi Adrian Adioetomo kala ia menyapa jurnalis dalam perilisan virtual single Burning Blood, Cold Cold Ground via Zoom, Rabu (24/2). Tampilan gelap nan misterius musisi blues itu sungguh mewakili lagu baru yang jadi bagian dari album keempatnya itu.

Burning Blood, Cold Cold Ground berbicara tentang gravitasi kemurkaan dan bagaimana seseorang bisa terisap ke dalamnya sehingga menderita pada akhirnya. Liriknya didramatisasi demi menggambarkan kesan ketidakpedulian terhadap segalanya, termasuk diri sendiri. "Ini sebetulnya lagunya kalau bahasa dangdutnya ialah terbakar api cemburu. Tapi gue enggak bicara tentang kejadiannya sendiri. Lebih banyak dramatisasi dari pemikirannya aja kayak kecemburuan itu kayak apa sih," kata Adrian seperti dilansir ANTARA, (24/2).

BACA JUGA:

Kisah V BTS Jadi Korban Perisakan

Adrian Adioetomo dikenal sebagai perintis kebangkitan skena blues dan pionir Delta Blues Indonesia. Namun, untuk lagu terbarunya, Adrian lebih bereksplorasi. Suguhan berbeda ia tampilkan aransemen musik. Alih-alih hanya memainkan gitar blues dan bernyanyi, Adrian memadukan permainan slide Delta-blues dan Bluegrass seperti pada musik Americana. Kesan avant-garde terdengar pada aransemen dan pilihan soundnya. Gitar akustik yang jernih dengan sound distorsi elektrik yang nyaris rusak.

"Orang kan biasanya lihat gue main Delta-blues. Main gitar sendirian, vokal gitar aja. Padahal, yang menarik dari musik itu faktor ekspresinya," ujar Adrian Adioetomo.

Bagi Adrian, musik merupakan medium untuk mengutarakan spirit yang sama dengan cara apa pun. Itulah mengapad di single ini ia berkembang dengan instrumen lain. "Karena gue pengin agak sedikit berpetualang dari standar Delta-blues," imbuhnya.

adrian adioetomo
Burning Blood, Cold Cold Ground merupakan single pertama dari album keempat. (foto: istimewa)

Dalam karier musiknya, Adrian telah banyak berkolaborasi dengan musisi lain, di antaranya Jubing Kristianto dan Kartika Jahja. Ia juga memainkan rock bersama Franki 'Pepeng Naif' Indrasmoro dalam band Raksasa. Walau sering disebut sebagai seorang Delta bluesman, gaya bermusik Adrian memadukan rock, alternative, dan ‘dark country’. Pada 2017, ia meraih Anugerah Musik Indonesia award untuk lagu Tanah Ilusi.

Untuk videoklip Burning Blood, Cold Cold Ground, Adrian konsisten menampilkan nuansa gelap. Potongan beberapa film bisu lama yang telah menjadi public domain membuka video tersebut. Keluguan teknologi film zaman dulu dan estetika menggambarkan gaya musik Adrian saat ini, terutama dalam lagu ini, dengan sempurna.

Lagu ini menjadi lagu pertama di album keempat Adrian yang tak berjudul. Meski demikian, ia sempat mengutip kata-kata 'Violent Love, Gentle Kill'. Album itu akan dirilis tiga hari setelah perilisan Burning Blood, Cold Cold Ground.(dwi)

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Gaikindo Jakarta Auto Week akan Digelar Awal Tahun 2022
Fun
Gaikindo Jakarta Auto Week akan Digelar Awal Tahun 2022

Gaikindo Jakarta Auto Week rencananya akan digelar awal tahun 2022

Kamera yang Menangkap Detil dengan Baik
Fun
Kamera yang Menangkap Detil dengan Baik

Kamera professional yang menawarkan kecepatan luar biasa, detail luar biasa, dan kemampuan vidio 8K yang luar biasa.

Pentingnya Pencegahan dan Deteksi Dini Diabetes
Fun
Pentingnya Pencegahan dan Deteksi Dini Diabetes

Pencegahan serta deteksi dini pada kaki diabetik menjadi sangat penting.

4 Tips Make-Up Tetap On Point Walau Pakai Masker ala Y.O.U
Fun
4 Tips Make-Up Tetap On Point Walau Pakai Masker ala Y.O.U

Buat tampilanmu semakin bersinar walau menggunakan masker

NetEase Akuisisi Developer 'Detroit Become Human'
Fun
NetEase Akuisisi Developer 'Detroit Become Human'

NetEase tertarik dengan storytelling.

Waspada Malware Berbahaya di Balik Aplikasi Edit Foto
Fun
Waspada Malware Berbahaya di Balik Aplikasi Edit Foto

Waspada dalam memilih aplikasi edit foto, karena bisa jadi terdapat malware di dalamnya

Berdasarkan Foklor, Persib Lahir di Tahun 1933
Fun
Berdasarkan Foklor, Persib Lahir di Tahun 1933

Fakta baru ditemukan bahwa Persib dilahirkan di tahun 1934.

Kualitas Spesial Tiap Zodiak yang Mampu Membuat Orang Jatuh Cinta  (Part 1)
Fun
Survei: Penipuan Kencan Online di Asia Tenggara Sangat Tinggi
Fun
Survei: Penipuan Kencan Online di Asia Tenggara Sangat Tinggi

Tercatat 45 persen orang yang menggunakan aplikasi kencan online di Asia Tenggara kehilangan uang karena menjadi korban penipuan.

Apakah Anjing Bisa Menjadi Vegan?
Fun
Apakah Anjing Bisa Menjadi Vegan?

Peneliti Inggris dan Australia menemukan bahwa anjing dengan pola makan vegan.