Novel Baswedan Harap Nawawi Pomolango Bisa Perbaiki KPK

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 28 November 2023
Novel Baswedan Harap Nawawi Pomolango Bisa Perbaiki KPK
Ketua KPK sementara Nawawi Pomolango memberikan keterangan di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/11/2023). ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga

MerahPutih.com - Nawawi Pomolango resmi menjabat Ketua sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggantikan Firli Bahuri yang terjerat kasus dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Posisi Nawawi di pucuk pimpinan KPK memunculkan harapan baru untuk memperbaiki internal KPK yang banyak diterpa masalah di era kepemimpinan sebelumnya, sekaligus meningkatkan kinerja pemberantasan rasuah.

“Mestinya Pak Nawawi bisa menunjukkan bahwa ketika dirinya dipercaya bisa membuat perbaikan,” kata mantan penyidik KPK Novel Baswedan dalam keterangannya, Selasa (28/11).

Baca Juga:

KPK Ogah Komentari Kesaksian M Suryo Orang Dekat Kapolda Metro Jaya

Novel berharap, Nawawi bisa memimpin kerja-kerja pemberantasan korupsi dengan cara kolektif kolegial bersama komisioner KPK lainnya.

Sebab, selama ini Firli Bahuri terlalu mendominasi sehingga membuat Nawawi tak berdaya menggunakan kewenangannya di KPK.

“Selama ini Pak Nawawi merasa tidak berdaya ketika Firli sebagai Ketua KPK dan sikap Firli yang dominan,” ujarnya.

Baca Juga:

Firli Bahuri Kini Diperlakukan sebagai Tamu KPK

Saat ini, kata Novel, adalah momentum bagi Nawawi untuk memperbaiki KPK usai dominasi Firli berakhir. Menurutnya, masyarakat akan menantikan perbaikan yang dibawa Nawawi di KPK.

“Sekarang Pak Nawawi yang sedang diuji, apakah dirinya benar-benar bisa diandalkan untuk membuat KPK lebih baik,” ujar Novel. (Pon)

Baca Juga:

KPK Tetapkan Bupati Muna Tersangka Suap Dana PEN

#KPK #Novel Baswedan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan