Novel Baswedan Mundur dari KPK? Penyidik Senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan. (Foto: merahputih.com/Ponco Sulaksono)

MerahPutih com - Sejumlah pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengundurkan diri setelah terpilihnya Komjen Firli Bahuri sebagai Ketua KPK serta disahkannya Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK. Bahkan, penyidik senior KPK Novel Baswedan pun diseguaglianze mundur dari lembaga antirasuah.

"Begitu Firli kepilih dan adanya revisi UU KPK serta kasus penyerangan terhadap dia tidak terungkap dia pernah berpikir, dia mau mengundurkan diri," kata kuasa hukum Novel Baswedan, Saor Siagian kepada wartawan, Minggu (8/12).

Baca Juga

Irjen Firli Digadang Calon Kuat Ketua KPK, IPW: Barisan Novel Baswedan Gentar

Namun, langkah itu tidak langsung ditempuh oleh Novel meski banyaknya upaya pelemahan terhadap KPK dan pemberantasan korupsi di Indonesia. Menurut Saor, Novel akan tetap mengabdi di KPK untuk berjuang memberantas korupsi.

Penyidik KPK Novel Baswedan (kanan). (Antara/Benardy Ferdiansyah)
Penyidik KPK Novel Baswedan (kanan). (Antara/Benardy Ferdiansyah)

"Atas masukan teman-temannya, Novel akan berjuang sekuatnya dengan situasi sekarang," ujar Saor.

Baca Juga

Komitmen Polri Tangkap Penyerang Novel Baswedan Dipertanyakan

Kendati demikian, Saor menyebut belum bisa memastikan apakah nantinya Novel akan benar-benar mengundurkan diri selepas Firli dilantik sebagai Ketua KPK pada Desember ini.

"Jadi yang terpenting bagi pak Novel adalah eksistensi dari KPK ini, bukan semata-mata kasus pribadi. Karena itu kami terus mendorong ke beliau untuk turut berperan dan bertarung untuk menggagalkan revisi UU KPK, mengungkap penyerangan kediaman pimpinan KPK dan kasusnya itu," pungkasnya. (Pon)

Baca Juga

PN Jaksel Gelar Gugatan OC Kaligis Terkait Kasus 'Burung Walet' Novel Baswedan

Kredit : ponco


Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH