Nostalgia yuk! Ini 5 Sinetron Ramadan yang Dulu Menghiasi Layar Kaca Para Pencari Tuhan, Salah Satu Sinetron Ramadan yang Dulu Menghiasi Layar Kaca. (Sumber: Ist)

ADA banyak program yang bisa ditonton menjelang berbuka dan saat sahur. Namun sebagian besar hanya berupa acara lawak yang sering dianggap tak bermutu. Beberapa diantaranya bahkan sempat ditegur oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Nah, jauh sebelum itu, kita pernah melewatkan bulan Ramadan dengan banyaknya sinetron religi. Selain cerita yang menyentuh dan terkadang membuat seseorang meneteskan air mata, sinetron religi di kala itu penuh dengan pesan moral.

Hal tersebut tentu memberikan kesan yang mendalam, apalagi sinetron-sinetron tersebut hanya hadir setahun sekali. Dirangkum dari berbagai sumber berikut ini sinetron-sinetron yang membuat kita mengenang masa lalu.

1. Lorong Waktu

Lorong Waktu
Lorong Waktu sangat populer pada masanya (Sumber: Ist)

Sinetron ini sangat populer di akhir tahun 90an. Tayang di stasiun SCTV, sinetron islami bernuansa fiksi ilmiah ini menceritakan tentang petualangan Ustaz Addin, Haji Husin dan Zidan menggunakan mesin waktu.

Sukses di tahun 1999, sinetron ini kembali hadir di tahun berikutnya. Saat ini ada 6 jilid Lorong Waktu yakni Lorong Waktu 1 (1999), Lorong Waktu 2 (2000), Lorong Waktu 3 (2002), Lorong Waktu 4 (2003), Lorong Waktu 5 (2004) dan Lorong Waktu 6 (2006).

2. Para Pencari Tuhan

Para Pencari Tuhan
Sinetron Para Pencari Tuhan bahkan memiliki 11 jilid (Sumber: Ist)

Setelah sukses menggarap Lorong Waktu, di tahun berikutnya Deddy Mizwar menyutradarai sinetron Para Pencari Tuhan. Sineton yang tayang setiap hari selama bulan Ramadan pun tak kalah suksesnya dengan Lorong Waktu. Bahkan sinetron ini memiliki 11 jilid.

Kisah awal Para Pencari Tuhan adalah kehidupan seorang merbot bernama Bang Jack dan ketiga muridnya Chelsea (Melky Bajaj), Barong (Aden Bajaj), dan Juki (Isa Bajaj). Ketiga mantan narapidana itu tak sengaja bertemu dengan Bang Jack saat luntang lantung menyusuri Jakarta.

3. Kiamat Sudah Dekat

Kiamat Sudah Dekat
Kiamat Sudah Dekat sebelumnya adalah film (Sumber: Ist)

Sebenarnya Kiamat Sudah Dekat adalah sebuah film yang dirilis tahun 2003. Film tersebut dibintangi oleh Andre Stinky, Deddy Mizwar, Ayu Pratiwi dan Nazar Amir. Kemudian setelah film tersebut sukses, Kiamat Sudah Dekat ditransformasikan ke bentuk sinetron pada tahun 2005.

Kiamat Sudah Dekat bercerita tentang seorang pemuda rocker bernama Fandy (Andre Taulany) yang jatuh cinta pada pandangan pertama ke Sarah (Ayu Pratiwi), anak dari Haji Romli (Deddy Mizwar). Perjuangan cinta Fandy penuh lika-liku, terlebih ia sangat buta dengan agama.

4. Doaku Harapanku

Doaku Harapanku
Doaku Harapanku adalah sinetron pelopor Ramadan (Sumber: Ist)

Berbeda dengan tiga sinetron yang disebutkan sebelumnya, Doaku Harapanku tayang di RCTI. Sinetron ini dibintangi oleh artis-artis ternama seperti Krisdayanti, Dicky Wahyudi, dan Leily Sagita.

Doaku Harapanku tayang di layar kaca menjelang berbuka puasa di tahun 1998. Sinetron inilah yang menjadi pelopor sinetron Ramadan. Ia juga menjadi perintis sinetron kejar tayang atau stripping yang di masa itu sinetron hanya tayang sekali dalam sepekan.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH