Nostalgia dengan Ponsel Lipat Milik Motorola Setelah lama tak terdengar, Motorola kembali hadir dengan konsep smartphone lipat (foto: WallpaperCave)

SAAT ini perusahaan-perusahaan elektronik tengah berlomba membuat inovasi baru. Salah satu yang nampaknya tengah tren dalam pasar smartphone adalah ponsel lipat. Beberapa perusahaan telah merilis ponsel lipat. Contohnya Samsung Galaxy Fold yang diluncurkan 6 September lalu. Kemudian ada Huawei Mate X yang rencananya dirilis di Cina bulan November ini.

Perusahaan-perusahaan elektronik lainnya tak mau kalah. Mereka tengah mengembangkan konsep ponsel lipatnya sendiri, misalnya Motorola. Dilansir dari laman The Verge, konsep ponsel lipat milik Motorola belum lama ini bocor. Padahal Motorola baru akan mengumumkan konsep ponsel lipatnya tanggal 13 November mendatang.

Baca juga:

Moge Pertama dari Aston Martin Dibanderol Seharga Rp 1.6 Miliar

Smartphone ini akan menjadi penerus dari seri produk ternama milik Motorola, seri RAZR. Seri tersebut memang sempat populer di pasar ponsel lipat pada tahun 2000-an. Motorola berusaha menghidupkannya kembali, namun dengan tambahan layar sentuh. Fitur yang tentunya wajib dimiliki oleh ponsel di zaman sekarang.

Bentuk smartphone RAZR buatan Motorola (Foto: Twitter/@evleaks)
Bentuk smartphone RAZR buatan Motorola (Foto: Twitter/@evleaks)

Informasi ini bocor setelah seseorang bernama Evan Blass berhasil mendapatkan gambar penampakan smartphone RAZR. Evan Blass memang terkenal sering membocorkan banyak konsep produk elektronik lewat akun Twitternya, jadi banyak yang percaya kalau gambar yang ia unggah adalah benar-benar bentuk smartphone RAZR nantinya.

Baca juga:

Adobe Mempermudah Aplikasi Photoshop Terhubung ke Kamera Ponsel

Jika dilihat, bentuknya memang mirip dengan bentuk ponsel-ponsel RAZR lama. Selain itu terdapat layar kedua tepat di bawah kamera utama yang terletak belakang smartphone. Layar tersebut nampaknya berfungsi sebagai layar opsional saat smartphone dilipat, atau saat ingin mengambil selfie. Di bagian bawah ponsel pun terdapat satu tombol yang kemungkinan menjadi tombol home, atau pembaca sidik jari.

Layar kedua RAZR berguna saat sedang mengambil swafoto (Foto: Twitter/@evleaks)
Layar kedua RAZR berguna saat sedang mengambil swafoto (Foto: Twitter/@evleaks)

Konsep smartphone RAZR ini tentunya berbeda jika dibandingkan dengan konsep-konsep smartphone lainnya. Smartphone RAZR ini didesain untuk dilipat secara vertikal, sementara yang lain dilipat horizontal. Tapi bukan artinya tidak ada konsep yang mirip RAZR. Samsung juga punya, namun hingga kini belum ada informasi mendetil tentang konsep Samsung tersebut.

Perilisan smartphone RAZR ini kabarnya akan dibantu oleh HMD, perusahaan yang merilis ulang Nokia 3310 dan Nokia 8810. Sepertinya Motorola memang menargetkan orang-orang yang senang dengan model ponsel klasik. Terlebih mereka yang pernah menggunakan ponsel-ponsel lama RAZR. (sep)

Baca juga:

Headset Gaming AR Besutan Valve dan Apple


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH