Wisata

Norwegia Bikin Tempat untuk Mengamati Paus

Leonard Leonard - Sabtu, 08 Agustus 2020
Norwegia Bikin Tempat untuk Mengamati Paus
Lokasi dianggap menjadi tempat ideal bagi The Whale. (Foto: dezeen)

PULAU Andoya, Norwegia, tepatnya berada sekitar 296 km di utara Lingkaran Arktik, dianggap sebagai salah satu lokasi terbaik di dunia untuk melihat mamalia paus.

Selama musim panas, beberapa jenis mamalia paus seperti pilot, minke, dan sperm memenuhi perairan dalam dan dingin di lepas pantai. Sementara selama musim dingin, orca dan paus bungkuk bermigrasi melalui Fjörds di sekitar kepulauan Vesterälen.

Baca juga:

Keren, Fakultas Universitas Berkonsep Ramah Lingkungan

1
Spot pengamatan berada di ruang terbuka. (Foto: archdaily)

Dilansir laman Time Out, tempat itu berdiri The Whale, bangunan besar yang memiliki tujuan untuk menciptakan kesadaran dan menginspirasi pelestarian paus dan lingkungannya di desa pesisir Andenes.

Dengan struktur berbentuk lengkung akan berfungsi sebagai spot pengamatan di ruangan terbuka. tak sebatas itu namun juga menjelma sebagai museum yang berisikan pengetahuan kehidupan laut Norwegia.

Bangunan ini didesain oleh arsitektur yang berbasis di Koppenhagen, Dorte Mandrup. Mereka menggarap struktur melengkung yang menyerupai batu raksasa yang mereka sebut 'tumbuh dari lanskap'. Kemudian 'naik secara alami sebagai bukit lunak di pantai berbatu'.

Baca juga:

Proteus, Stasiun Penelitian Canggih di bawah Laut Karibia

2
Ruangan pameran memungkinkan melihat pauu dari dalam ruangan. (Foto: dailyscandinavian)

Pengunjung akan dapat berjalan langsung ke 'cangkang' yang landai dan tertutup batu untuk melihat sekilas kawanan paus yang sedang berkumpul di sini.

The Whale memiliki ruang pameran yang luas. Bangunan ini memiliki jendela dari bagian lantai ke bagian langit-langit untuk memungkinkan melihat paus dari dalam ruangan. DIlengkapi pula dengan kafe dan pertokoan.

Rencananya jika tidak terjadi pendemi ditargetkan ada sekitar 50 ribu pelancong menuju Andøya untuk melihat paus. Rencana pembukaan pada tahun 2022, pengunjung dijamin akan disajikan pemandangan fenomena yang luar biasa. (lgi)

Baca juga:

Ada Museum Olimpiade di Colorado Springs

#Norwegia
Bagikan
Ditulis Oleh

Leonard

Bagikan