Nonton Konser Jangan Sampai Saltum Jangan sampai salah kostum saat menonton konser. (Foto: Merahputih.com/Rizki Fitrianto)

DERETAN konser musik mulai digelar sejak beberapa bulan lalu. Salah satunya Pestapora nan berhasil mengguncang Gambir Expo Kemayoran, Jakarta selama tiga hari gelaran, 23-25 September 2022 lalu. Oktober jadi bulannya konser. Sejumlah konser dan festival musik akan dihelat di pelbagai kota.

Bagi sebagian orang, konser musik bukan hanya sekadar menikmati lagu-lagu jagoan nan bikin joget bersama, tetapi juga menjadi ajang adu outfit untuk seru-seruan bareng teman-teman. Belum lagi saat di lokasi, kamu pasti akan foto bersama menggunakan lensa wide atau 0.5x beserta flashlight dari iPhone misalnya. Tren tersebut sudah jadi standar baku nan bikin pencinta konser musik selalu memikirkan outfit untuk pergi ke konser.

Bahkan, ada saja mereka nan mempersiapkan outfit dalam jangka waktu tertentu, misalnya satu bulan sebelum konser. Beberba pencinta musik sampai beli atau bahasa gaul zaman sekarang thrift baju untuk dipakai saat konser nanti. Sah-sah saja jika memang bikin kamu senang dan tetap jadi diri sendiri.

Nah biasanya, setiap konser genre musik tertentu memiliki ciri khas outfit. Sebut saja seperti konser metal identik dengan kaus hitam dengan logo band tulisan akar nan sulit untuk dieja. Ada pula lightstick nan selalu dibawa di setiap konser K-pop. Intinya sih, jangan sampai kamu salah kostum atau saltum saat konser ya! Berikut beberapa panduan outfit paling cocok untuk datang ke setiap konser tertentu.

Baca juga:

Beda Hajatan Musik, Beda Pula Outfitnya

Nonton Konser Jangan Sampai Saltum
Nonton konser musik EDM dengan outfit bebas. (Foto: Unsplash/Colin Lloyd)

1. K-pop

Para pencinta konser K-pop tentu sangat mempersiapkan outfit terbaik ketika menonton idolanya. Salah satu atribut kerap dibawa adalah lightstick biasanya disiapkan pihak agensi. Bahkan setiap boy group atau girl group memiliki sebutan lightstick-nya masing-masing, misalnya Army Bomb (BTS), Mandu Bong (Red Velvet), Meummwonbom (NCT), hingga Ujung Bong (WJSN). Kalau tidak punya lightstick, minimal kamu bisa membawa hand banner, bando bermuka, ataupun aksesori lainnya nan mengidentifikasikan sebagai penggemar sejati dari K-pop idolmu.

Untuk setelan baju, biasanya mereka akan menggunakan baju berwarna putih dengan sablonan wajah dari sang idola K-pop. Tak lupa juga bucket hat berwarna cerah biar bagian kepala tidak terlalu kosong. Intinya sih, para pencinta konser K-pop akan tampil secerah mungkin layaknya 'cewek kue'.

2. Hip Hop

Nonton konser hip hop juga tidak kalah asyik dengan konser K-pop. Starter pack anak konser hip hop biasanya sih menggunakan atasan dan bawahan serba-oversize. Bahkan ada juga mengenakan jersey baseball atau basket, dipadukan dengan kalung perak agar terlihat bling-bling saat terkena pantualn cahaya. Tidak lupa juga kacamata hitam dan topi snapback dipakai terbalik sebagai identitas utama. Kalau kamu tidak suka pakai topi, minimal durag atau ikat kepala wajib dikenakan.

Untuk atasan, kamu juga bisa memadukan antara hoodie dan jaket sehingga penampilan jadi terlihat hip hop banget. Enggak peduli seberapa panas dan keringatannya kamu, terpenting outfit nomor satu. Bagian alas kaki, kamu bisa menggunakan Air Jordan atau sepatu basket tipe apa pun, atau minimal sneakers putih.

Baca juga:

Guys, Intip 4 Inspirasi OOTD Street Style Spring 2022

Nonton Konser Jangan Sampai Saltum
Outfit serba hitam saat menonton konser metal. (Foto: [email protected])

3. Metal

Para pencinta musik metal biasanya enggak terlalu ribet soal outfit, paling penting dari atas sampai bawah serba-hitam. Kuncinya, kaus band favorit jadi identitas. Saat kamu menonton konser metal, tak jarang akan menemukan setelan rambut gondrong. Outfit mungkin tidak terlalu penting, asal bisa seberapa kuat anggukan kepala dan teriakan bisa kamu berikan.

4. Reggae

Pasukan rambut gimbal merapat. Outfit biasa dikenakan saat konser reggae tentu harus melambangkan spirit musiknya nan biasa terpancar dari perpaduan warna merah, kuning, dan hijau. Jangan lupa juga beanie hat biar tagar tetap stunning. Anak-anak reggae juga biasanya lebih santai, bahkan ada memakai sandal begitu saja. Yang terpenting jangan lupa membawa vespa modifikasi.

5. Electric Dance Music (EDM)

Pencinta konser EDM biasanya lebih berani dengan pilihan outfit mereka. Untuk perempuan, biasanya mereka memilih mengenakan celana pendek, rambut dikepang, kemeja diikat di bagian bawahnya, bahkan menggunakan tanktop. Pemilihan aksesori pun juga diperhatikan, seperti kacamata hitam, anting, kalung, dan gelang. Khsusu pria, biasanya mereka akan menggunakan setelan kemeja sedikit oversize entah berwarna putih atau motif tumbuhan. Ya sedikit mirip ketika ingin liburan ke pantai. Tak lupa juga kancing dua dari atas dibuka untuk menunjukkan dada bidang. Tak lupa juga setelan sepatu Vans atau sneakers putih agar penampilan jadi makin sempurna.

6. Dangdut

Nah kalau konser satu ini biasanya outfit spontan saja, bahkan tidak masalah jika menggunakan baju tidur. Yang penting jangan lupa membawa pakai helm biar konser jadi makin seru. (and)

Baca juga:

Outfit yang Wajib Kamu Punya untuk Tampilan Stylish di Tahun Baru

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Ekonom: Emiten Green Energy Berpeluang Dikoleksi Investor
Fun
Ekonom: Emiten Green Energy Berpeluang Dikoleksi Investor

Emiten 'hijau' akan jadi masa depan investasi.

Fitur Unggulan dalam Desain Klasik nan Stylish Amazfit GTR 4 dan GTS 4
Fashion
Fitur Unggulan dalam Desain Klasik nan Stylish Amazfit GTR 4 dan GTS 4

Merupakan penambahan terkini pada lini Amazfit Lifestyle Series.

IndoBuildTech Expo 2022 Siap Digelar di ICE BSD
Hiburan & Gaya Hidup
IndoBuildTech Expo 2022 Siap Digelar di ICE BSD

IndoBuildTech Expo 2022 dihelat pada 22-27 Maret 2022.

Chrisye Live by Erwin Gutawa akan 'Hadirkan' Kembali Sosok Sang Legenda
ShowBiz
Chrisye Live by Erwin Gutawa akan 'Hadirkan' Kembali Sosok Sang Legenda

Konser Chrisye digelar pada 30 September 2022.

Wajib Tahu nih, Manfaat Creative Thinking untuk Kehidupan Sehari-hari
Hiburan & Gaya Hidup
Wajib Tahu nih, Manfaat Creative Thinking untuk Kehidupan Sehari-hari

Kamu bisa mengombinasikan ide yang sudah ada dan menjadikannya ide baru yang kamu banget.

Musim Pancaroba, Waspada Penurunan Daya Tahan Tubuh pada Anabul
Fun
Musim Pancaroba, Waspada Penurunan Daya Tahan Tubuh pada Anabul

Serupa manusia, jika imunitas turun, anak bulu (anabul) rentan terserang penyakit.

Cara Bermain Anak Tunjukkan Minat dan Bakatnya
Fun
Cara Bermain Anak Tunjukkan Minat dan Bakatnya

Berikan anak ruang untuk bermain dengan bebas.

Jadi Model EIDER, Jang Wonyoung Kembali Disebut Sebagai ‘IT Girl’
Fashion
Jadi Model EIDER, Jang Wonyoung Kembali Disebut Sebagai ‘IT Girl’

Wonyoung membawakan koleksi musim gugur dan dingin jenama asal Korea.

Melihat Lebih Dekat Mobil F1 Tim Red Bull Racing di GIIAS 2022
Fun
Melihat Lebih Dekat Mobil F1 Tim Red Bull Racing di GIIAS 2022

Hadir dengan livery spesial perpisahan Red Bull Racing dan Honda.