Nonton Film Horor Buruk Bagi Kesehatan Mental? Ini Faktanya

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Selasa, 19 Januari 2021
Nonton Film Horor Buruk Bagi Kesehatan Mental? Ini Faktanya
Menonton film horor dikabarkan bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental (Foto: pixabay/summa)

PENTING diketahui bagi kamu yang kerap menonton film horor, karena dibalik ketegangan dan keseruan menonton film horor, kabarnya bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental.

Seperti yang dilansir dari laman alodokter, penderita gangguan kecemasan memang bisa merasakan manfaat baik dari menonton film horor. Karena film horor dapat membuat mereka lebih mampu mengendalikan ketakutan dan membangun rasa percaya diri.

Baca Juga:

Brodo X ONIC Rilis Film Dokumenter untuk Hapus Stigma Negatif Esports

Tapi, di satu sisi film horor berisiko menimbulkan perasaan negatif, yang bisa membuat mereka jadi lebih cemas dan mudah stres atau panik.

Ada sejumlah hal yang menyebabkan film horor berdampak buruk bagi kesehatan mental (Foto: pixabay/sammy-williams)

Sementara itu, bagi orang yang lebih sensitif, menonton film horor bisa mengusik ketenangannya. Karena cendrung membayangan adegan yang membuatnya takut berulang-ulang, bahkan hingga mimpi buruk.

Kemudian, menonton film bergenre horor pun bisa meningkatkan hormon adrenaline di dalam tubuh kamu. Hal tersebut bisa membuatmu lebih sulit tidur, atau tidur tidak nyenyak.

Menurut sebuah penelitian, seseorang yang kurang tidur cendrung memiliki lebih banyak emosi negatif, seperti halnya perasaan sedih dan gelisah.

Dalam penelitian lainnya pun dikatakan, bahwa 90% orang dengan kualitas tidur yang buruk rentang mengalami depresi.

Baca Juga:

Drive-In Senja Hadirkan Pengalaman Nonton Film Luar Biasa di Tengah Pandemi

Satu hal yang mengejutkan, banyak penelitian yang membuktikan bahwa angka kematian lantaran bunuh diri, lebih banyak terjadi pada orang dewasa yang kurang tidur.

Tapi, meski film horor bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental, bukan berarti kamu tak boleh sama sekali menonton film horor. Guna memperoleh manfaatnya, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

kenali tips menonton film horor yang sehat (Foto: pixabay/sammy-williams)

Pertama yakni pilih tema film horor yang cocok denganmu, agar kamu bisa menonton lebih nyaman. Bila kamu takut hantu, pilih film horor dengan tema thriller, begitupun sebaliknya.

Kedua, berpalinglah beberapa saat ketika ada sebuah adegan yang membuatmu tidak nyaman. Usahakan menonton dengan menyalakan lampu dan tidak menonton sendirian. Hal itu agar kamu merasa lebih aman.

Ketiga, jangan menonton film horor berlebihan, apalagi hingga larut malam. Selain itu jangan paksakan menonton film horor bila kamu merasa tidak nyaman.

Perlu diingat, bahwa film tersebut berbahaya bagi kesehatan mental. Jadi sebaiknya kamu menerapkan tips menonton film horor seperti yang telah dipaparkan di atas. (Ryn)

Baca juga:

Bioskop tak Kunjung Dibuka, Obati Kerinduan Nonton Film dengan Layanan Ini

#Film Horor #Kesehatan Mental
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan