Nonita Respati Tunjukkan Kecintaan pada Alam Lewat Fesyen Nonita Respati. (Foto: MP/Avia)

DESAINER muda Indonesia, Nonita Respati, memiliki hobi diving. Sayang, ia sering merasa terganggu saat menemukan banyak sampah di laut ketika sedang diving.

"Seringkali aku memungut plastik-plastik di dasar laut," ungkap Nonita.

Kecintaannya pada alam dan lingkungan pula yang membawanya turut berpartisipasi dalam lelang bertajuk Fashion Revolution. Ia mengaku sangat senang dan bangga bisa menjadi bagian dalam acara tersebut. Ketika Chief Green Officer Avani, Kevin Kumala, mengajaknya bergabung, ia langsung memberikan beberapa koleksi pakaian yang dirancangnya untuk dilelang.

Sebagai seorang desainer yang sangat mencintai lingkungan, perempuan yang kerap disapa Nonita tersebut memperhatikan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pakaian.

"Produk fashion ku menggunakan pewarna alami," tuturnya. Pewarna tersebut berasal dari tumbuh-tumbuhan. Ia juga mengurangi penggunaan bahan-bahan yang tak bisa diuraikan.

"Aku lebih banyak menggunakan bahan cotton, linen dan sebagainya," ucapnya.

Untuk produk-produk uang ia buat, Nonita menghindari penggunaan polyester. Kecintaannya pada alam juga ia tuangkan pada motif-motif pakaian yang dibuat.

"Aku bekerja sama dengan seniman lokal, Sarkodit. Kami membuat baju yang motifnya terinspirasi dari hewan endemik Indonesia," tukasnya. (Avia)

Simak pula artikel Fesyen untuk Menumbuhkan Kesadaran Cinta Lingkungan.

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH