Otomotif

Nomor Balap '46' Milik Valentino Rossi akan Dipensiunkan

Andrew FrancoisAndrew Francois - Senin, 16 Mei 2022
Nomor Balap '46' Milik Valentino Rossi akan Dipensiunkan
Nomor balap 46 milik Valentino Rossi akan dipensiunkan. (Foto: MotoGP)

MANTAN pembalap sembilan kali juara dunia sekaligus legenda MotoGP Valentino Rossi mengakhiri kariernya pada musim 2021 lalu setelah lebih dari 25 tahun berkiprah di dunia balap motor. Sepanjang kariernya ia telah sukses menorehkan berbagai macam prestasi hingga gelar juara dunia.

Pembalap mobil asal Italia itu memiliki catatan 115 kemenangan dan 235 podium di semua kategori (125cc, 250cc, 500cc, dan MotoGP). Tak hanya itu, namanya juga telah membawa MotoGP menjadi begitu dikenal dan menarik begitu banyak penggemar di seluruh dunia.

Kontribusi besar Rossi terhadap MotoGP tak berhenti pada dirinya saja sebab pembalap yang baru memiliki keturunan anak perempuan ini juga mendirikan VR46 Riders Academy, sebuah sekolah balap yang murid didiknya kini juga banyak berkiprah di MotoGP.

Baca juga:

Setelah Pensiun, Valentino Rossi Mulai Menikmati Kehidupan Barunya

Valentino Rossi kala dianugerahi sebagai legenda MotoGP. (Foto: MotoGP)

Wajar saja bila tahun lalu Dorna Sports selaku regulator MotoGP langsung menganugerahinya gelar legenda ketika dirinya memutuskan pensiun di akhir musim. Kini yang terbaru sebagai bentuk penghormatan terhadap sang legenda, nomor motor yang telah digunakannya sejak memulai karier balap motor di kejuaraan dunia juga akan dipensiunkan.

Hajatannya akan diadakan pada seremoni di Sirkuit Mugello, Italia, pada gelaran GP Italia akhir bulan Mei mendatang. "Nomor 46 akan dipensiunkan dari penggunaan di kelas MotoGP di Autodromo Internazionale del Mugello," bunyi pernyataan resmi MotoGP pada Sabtu (14/5).

Baca juga:

Valentino Rossi Pensiun dari MotoGP

Nomor balap 46 akan dipensiunkan di MotoGP. (Foto: MotoGP)

Nomor tersebut memang begitu identik dengan legenda MotoGP Valentino Rossi dan dengan dipensiunkannya nomor 46 di kelas MotoGP maka nantinya tak akan ada lagi pembalap yang boleh memakai nomor tersebut.

"Seremoni akan berlangsung di lurusan sirkuit pada hari Sabtu, tepat sebelum sesi kualifikasi. Rossi akan hadir saat warisannya dihormati dan nomornya dipenisunkan, setelah berlomba dengan nomor #46 ke dalam Hall of Fame Legenda MotoGP dalam kesuksesan selama 26 musim menciptakan salah satu sosok paling dikenal dalam olahraga global," lanjut isi pernyataan tersebut.

Namun, keputusan dipensiunkannya nomor tersebut justru memicu pertanyaan sebab pembalap yang dijuluki 'The Doctor' tersebut ingin melihat angka itu dipakai lagi oleh pembalap lainnya.

Baca juga:

Valentino Rossi Sempurna dan Terlalu Tangguh

Valentino Rossi pada awal karirnya. (Foto: MotoGP)

"Tentang nomor saya, saya berpikir. Kesan pertama saya adalah saya tidak suka 46 dipensiunkan. Saya lebih suka itu tetap dan jika beberapa pembalap lain ingin mengambil nomor itu, mereka bisa melakukannya," kata Rossi.

Adapun alasan utama mengapa Rossi memilih nomor 46 adalah karena sang ayah Graziano Rossi yang juga seorang pembalap pada masa mudanya menggunakan nomor 46 pada motornya, sehingga dirinya berharap dengan nomor tersebut dapat mengikuti jejak sang ayah menjadi pembalap motor. (waf)

Baca juga:

Setelah Pensiun Balapan Valentino Rossi Jualan Sepeda Listrik

#MotoGP #Valentino Rossi #Selebritas
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan