Film
Nominasi Golden Globe 2021 jadi Momen Bersejarah Sutradara Perempuan Regina King, Chloe Zhao, dan Emerald Fennell (Foto: fastcompany.net)

TIGA perempuan telah dinominasikan untuk sutradara terbaik di penghargaan Golden Globe 2021. Ini pertama kalinya lebih dari satu perempuan masuk dalam nominasi dalam satu tahun. Regina King, Chloe Zhao dan Emerald Fennell siap mendapatkan penghargaan yang sebelumnya hanya menominasikan lima perempuan selama 77 tahun sejarah Golden Globes.

Chloé Zhao sutradara Nomadland, Emerald Fennell sutradara Promising Young Woman dan Regina King sutradara One Night in Miami, menjadi mayoritas dalam kategori yang juga menominasikan David Fincher sutradara Mank dan Aaron Sorkin sutradara Trial of the Chicago 7.

Baca Juga:

‘Space Sweepers’ Kuasai Tangga Pencarian Netflix

film
Perempuan mendominasi nominasi sutradara terbaik. (Foto: popsugar.com)

"Melihat tiga perempuan dari lima sutradara dinominasikan untuk Golden Globe membuat saya sangat senang. Ini sudah lama tertunda," kata Barbra Streisand, satu-satunya perempuan yang pernah memenangkan penghargaan sutradara terbaik, dalam sebuah pernyataan kepada THR (8/2).

Streisand memenangkan penghargaan sutradara terbaik pada 1984 untuk film musikalnya Yentl. Dia juga satu-satunya perempuan yang dinominasikan dua kali dalam kategori ini. Film lain yang membawanya masuk dalam kategori adalah The Prince of Tides pada 1992.

Ava DuVernay adalah perempuan terakhir yang dinominasikan untuk karyanya Selma pada 2015. Bersama dengan DuVernay dan Streisand, sutradara perempuan lain yang pernah masuk nominasi adalah Jane Campion, Sofia Coppola dan Kathryn Bigelow.

Baca Juga:

‘Soul’ Raih Rp1,1 Triliun di Box Office

film
'One Night in Miami' dapat 4 nominasi. (Foto: guim.co.uk)

Golden Globes telah lama mengesampingkan sutradara perempuan dalam kategori tersebut. Pada penghargaan tahun 2018, Natalie Portman mengkritik kurangnya nominasi sutradara perempuan saat membacakan pemenang kategori tersebut. Dia keluar dari naskah yang sudah disiapkan untuk mengatakan, "Dan semua nominasi ini pria."

Malam Penghargaan Golden Globes akan berlangsung 28 Februari dan akan dipandu komedian Tina Fey dan Amy Poehler. Malam tersebut akan menandain dimulainya musim penghargaan di Hollywood dan kemungkinan kemenangan-kemenangan lain yang patut dicatat dalam sejarah perempuan dalam industri film.

Para sutradara perempuan ini akan bersaing melawan dua pria yang tidak asing dengan nominasi Golden Globe, Aaron Sorkin untuk The Trial of the Chicago 7 dan David Fincher untuk Mank.

Baca Juga:

Film Pendek 'Spinoff Dory Finding' Dianggap Membahayakan Lautan, Mengapa?

film
Nomadland jadi unggulan. (Foto: 812filmreview.com)

Mank, ode hitam-putih untuk masa keemasan Hollywood, memimpin kompetisi tahun ini dengan enam nominasi, termasuk satu untuk aktor utama Gary Oldman, yang memerankan Herman J Mankiewicz, yang menyempurnakan naskah untuk Citizen Kane.

Urutan selanjutnya film drama persidangan dari Sorkin dengan lima nominasi, diikuti oleh The Father, Promising Young Woman, dan Nomadland yang masing-masing memperoleh empat nominasi.

Nomadland, gambaran elegi tentang kehidupan tunawisma di Amerika yang kehilangan haknya. Film ini diperkirakan banyak orang akan mendominasi penghargaan tahun ini, setelah memenangkan penghargaan film terbaik di hampir semua ajang kecil.

Sementara itu, One Night in Miami meraih tiga nominasi. Posisi yang sama ditempati Borat Subsequent Moviefilm, film komedi Sacha Baron Cohen yang dirilis tepat sebelum pemilihan presiden AS musim gugur lalu. (aru)

Baca Juga:

5 Alasan Mengapa Film ‘Layla Majnun’ Wajib Ditonton pada Valentine

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Masjid Istiqlal akan Dikembangkan Jadi Wisata Halal
Fun
Masjid Istiqlal akan Dikembangkan Jadi Wisata Halal

Ada empat pilar yang diwujudkan Sandiaga Uno.

Seberapa Penting Kolaborasi Antarpengusaha?
Fun
Seberapa Penting Kolaborasi Antarpengusaha?

Ada masa seorang pengusaha tak dapat melakukan semuanya sendirian.

32 Game Retro CAPCOM Pindah ke Nintendo Switch
Fun
32 Game Retro CAPCOM Pindah ke Nintendo Switch

Peralihan ini merupakan cara baru untuk menikmati berbagai mesin mainan populer milik CAPCOM.

Pemuda 18 Tahun jadi Relawan Termuda di PMI
Fun
Pemuda 18 Tahun jadi Relawan Termuda di PMI

Menjadi relawan termuda bukan berarti memiliki tanggung jawab yang kecil.

Cara Berani Jadi Pelancong Keren sebelum Umur 30
Travel
Cara Berani Jadi Pelancong Keren sebelum Umur 30

Jangan ngaku pelancong kalau belum cobain ini.

YG Entertaiment Produksi Ulang 'Lovesick Girls'
ShowBiz
Tetap Waras Meski Klaster COVID-19 Menghantui Demo RUU Omnibus Law
Fun
Tetap Waras Meski Klaster COVID-19 Menghantui Demo RUU Omnibus Law

Tidak hanya Desvia yang khawatir, tetapi juga teman-temannya yang bekerja diperusahaan yang sama dengannya.

Anak Skateboard Punya Keseruan Fesyennya
Fashion
Anak Skateboard Punya Keseruan Fesyennya

pemain skateboard cenderung lebih sering menggunakan pakaian-pakaian yang berukuran besar

Turnamen Dunia League of Legends Siap Digelar September
Fun
Turnamen Dunia League of Legends Siap Digelar September

Turnamen game pertama yang dihelat di tengah pandemi.

Karena Sering Dicat, Ini Perawatan Rambut Artis Korea Agar Tidak Rusak
ShowBiz