Selebritas

Nominasi Best Actress di Oscar untuk Michelle Yeoh dan Kebangkitan Aktor Asia

Dwi AstariniDwi Astarini - Kamis, 26 Januari 2023
Nominasi Best Actress di Oscar untuk Michelle Yeoh dan Kebangkitan Aktor Asia
Michelle Yeoh jadi perempuan Asia pertama masuk nominasi aktris terbaik Oscar. (foto: Instagram_michelleyeoh_official)

KEMENANGAN besar Michelle Yeoh di ajang Golden Globe Awards mungkin berlanjut di ajang Academy Awards. Ketika nominasi untuk Piala Oscar diumumkan Selasa (24/1) pagi waktu AS, Yeoh menontonnya. Sutradara film Everything Everywhere All at Once, The Daniels, serta lawan mainnya, Ke Huy Quan, juga ikut menonton bersama lewat panggilan Zoom.

"Aku bersyukur mereka ada bersamaku sebagai dukungan moral. Aku duduk di sana, menontonnya dan merasa ketakutan. Pikirku, 'bagaimana kalau aku tak dinominasikan?', 'bagaimana perasaan mereka yang telah mendukungku dan meyakini bahwa aku pantas ada di sana?'," ujar Yeoh, seperti dilansir Deadline.

BACA JUGA:

40 Tahun Berkarier, Michelle Yeoh Menangi Penghargaan Golden Globe 2023

Namun, kekhawatiran aktris kelahiran Ipoh, Malaysia, ini menguap. Film Everything Everywhere All at Once mendapat 11 nominasi. Jumlah itu tercatat sebagai pemimpin jumlah nominasi terbanyak. Namun, nominasi sebagai best actress untuk Yeoh-lah yang paling bersejarah. Di hari itu, ia menjadi perempuan Asia pertama yang masuk nominasi untuk aktris terbaik. Namanya bersaing dengan empat aktris berbakat lainnya, yakni Cate Blanchett, Ana De Armas, Andrea Riseborough, dan Michelle Williams.

Kepada Deadline, Yeoh mengungkap betapa nominasi kali ini tak hanya bermakna buat dirinya, melainkan juga seluruh orang Asia. "Bagi orang Asia, ini seperti, 'Lihat kan, ini mungkin terjadi. Jika dia bisa melakukannya, aku pun bisa'. Itulah hal yang paling penting," kata Yeoh. Dengan nada merendah, ia mengakui diri sebagai orang yang amat biasa. Meski demikian, ia berusaha dengan sangat keras.

"Ada banyak aktris dan aktor brilian di luar sana yang tahu bahwa mereka berhak atas sebuah tempat di sana. Hal yang harus mereka lakukan hanyalah menemukan kesempatan dan meraihnya," imbuhnya. Bagi Yeoh, nominasi Oscar kali ini merupakan validasi bahwa aktor Asia layak untuk mendapat tempat di ajang sekelas Academy Awards.

BACA JUGA:

Daftar Lengkap Nominasi Academy Awards 2023

Film Everything Everywhere All at Once yang mengantarkan Yeoh ke nominasi penghagaan film bergengsi dunia ini bercerita tentang seseorang yang berpisah sepanjang waktu yang terus-menerus berada di dunia lain dalam pikirannya.

Di ajang Oscar yang akan digelar 13 Maret mendatang, Yeoh bukan satu-satunya aktor Asia yang menerima nominasi. Lawan mainnya, Ke Huy Quan dan Stephanie Hsu, juga mendapatkan nominasi. Keduanya masuk nominasi best supporting actor dan best supporting actress.

Michelle Yeoh
Sebelumnya, Michelle Yeoh memenangi Best Actress di ajang Golden Globe Awards. (foto: Instagram_michelleyeoh_official)

Sebelumnya, Yeoh memenangi best actress di ajang Golden Globe Awards 2023 yang diselenggarakan pada awal Januari. Ia mengalahkan empat nominasi lainnya, yakni Lesley Manvilee, Margot Robbie, Anya Taylor-Joy, dan Emma Thompson.(mro)

BACA JUGA:

Jimmy Kimmel Didapuk Sebagai Host Oscar 2023

#Selebritas #Oscar
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan