NOC Indonesia Puji Perjuangan Tim Sepak Takraw di Asian Games 2022

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 06 Oktober 2023
NOC Indonesia Puji Perjuangan Tim Sepak Takraw di Asian Games 2022
Tim Sepak Takraw Indonesia saat tiba di Bandara Soetta, Banten, Jumat (6/10) dini hari WIB. Foto: MP/Kanu

MerahPutih.com - Tim Sepak Takraw Indonesia menciptakan sejarah di Asian Games 2022. Mereka mempersembahkan dua medali perak dan satu perunggu di event olahraga terbesar Se-Asia.

Setelah berjuang di Asian Games Hangzhou, Tim Sepak Takraw Indonesia tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (6/10) dini hari WIB. Dikapriyadi dan kawan-kawan disambut bak pahlawan oleh perwakilan NOC Indonesia, Kemenpora hingga PB Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PB PSTI).

Baca Juga

Sepak Takraw Indonesia Raih 2 Medali Perak dan 1 Perunggu di Asian Games Hangzhou

Komite Eksekutif NOC Indonesia Krisna Bayu secara khusus memuji penampilan tim sepak takraw Indonesia yang berhasil menambah pundi-pundi medali bagi kontingen Indonesia.

"Buat kalian para atlet. Kalian adalah pahlawan Indonesia. Kalau belum berhasil jangan menyerah, next harus mendapat medali," kata Krisna.

Menurut Krisna, meski tak menyumbang medali emas, namun tim sepak takraw layak diacungi jempol karena perjuangan mereka menembus babak final.

"Kalian kalau saya punya jempol sepuluh, saya kasih jempol sepuluh. Sejarah sepak takraw pulang Asian Games selalu eksis dan bawa pulang medali. Kami berterima kasih atas pencapaian atlet sepak takraw Indonesia," jelas dia seraya disambut tepukan tangan.

Krisna meminta para atlet tak berpuas medali perak. Target ke depan mesti lebih baik lagi.

"Nanti empat tahun lagi (Asian Games) kalian mesti dapat emas," jelas Krisna yang merupakan mantan atlet Judo nasional ini.

Baca Juga

Sepaktakraw Bawa Emas Perdana, Angkat Besi Raih Perunggu

Sekedar informasi, medali perak didapat dari nomor men’s quadrant yang diperkuat Dikapriyadi, Muhammad Hardiansyah Muliang, Saiful Rijal, Muhammad Hafidz, Rusdi dan Abdul Halim Radjiu. Mereka kalah dari wakil Myanmar di partai final dengan skor akhir 13-21, 22-24.

Medali perak lainnya dipersembahkan dari women’s quadrant yang diisi Leni, Lena, Dita Pratiwi, Fujy Lestari, Florensia Cristy dan Kusnelia. Menghadapi Vietnam, tim sepak takraw Indonesia kalah 1-2. Di set pertama, si kembar Lena-Leni dkk berhasil unggul 21-18, kemudian kalah 18-21 di set kedua.

Selain itu, sepak takraw juga memperoleh tambahan satu medali perunggu yang direbut tim beregu putri usai kalah dari Korea Selatan 0-2 di semifinal.

Beberapa waktu lalu, Pelatih tim sepak takraw, Ramli menuturkan, sebenarnya target mereka adalah medali emas. Namun faktor keberuntungan tidak berpihak.

"Pastinya anak-anak sudah berjuang luar biasa. Apalagi tim putri kita berhasil masuk final. Ini pertama kali tim putri tembus ke final Asian Games setelah hampir tidak diberangkatkan," jelas Ramli.

Namun, dia tetap mengapresiasi perjuangan anak asuhnya yang dianggap mau berjuang di tengah tekanan yang tinggi dari mengharumkan nama bangsa.

"Menurut saya mereka bisa memperlihatkan kemampuan terbaik selama pertandingan,” tutup Ramli. (Knu)

Baca Juga

Cetak Sejarah di SEA Games 2023, Sepak Takraw Harap Bisa Tampil di Asian Games

#Asian Games #NOC Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan