NOC Indonesia Perjuangkan Cabor Andalan untuk SEA Games Kamboja 2023 Komite Eksekutif NOC Indonesia Teuku Arlan Perkasa Lukman (kiri) bersama Sekjen NOC Indonesia Ferry J Kono (tengah) dan Wakil Sekjen NOC Indonesia Wijaya Noeradi. Foto: SEAGF

MerahPutih.com - Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) memperjuangkan lima cabang olahraga (cabor) tambahan untuk dipertandingkan di SEA Games 2023 Kamboja. Kelima cabor tersebut adalah polo air, sport climbing, wushu, pencak silat, serta jetski.

Hal tersebut diutarakan Komite Eksekutif NOC Indonesia Teuku Arlan Perkasa Lukman dalam Rapat SEAGF yang berlangsung di Seam Reap, Kamboja, 8-10 April 2022.

Baca Juga

Toulon Cup 2022: Timnas Indonesia U-19 Tergabung di Grup B

“Dari lima cabor yang kami usulkan, polo air sudah disepakati untuk dipertandingkan di SEA Games Kamboja. Kami masih perlu berjuang untuk empat cabor Lainnya, yakni sport climbing, wushu, pencak silat, dan jetski," ujar Arlan dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (14/4).

Arlan menjelaskan usulan disampaikan NOC Indonesia karena cabor tersebut masuk dalam SEAGF Charter, kategori Olimpiade, serta rekam jejak prestasi.

Sebagai contoh, tim polo air putra yang menorehkan sejarah besar di SEA Games 2019 Manila dengan dengan merobohkan dominasi Singapura sejak 1965. Kemenangan itu merupakan kali pertama Indonesia juara sejak partisipasi pertama polo air pada 1977.

Sport climbing, kata Arlan, perlu dipertandingkan di Kamboja karena merupakan kategori Olimpiade dan Indonesia memiliki atlet-atlet kelas dunia. Sementara wushu dan pencak silat merupakan cabor yang ada di SEAGF Charter (Piagam SEA Games Federation) dan Indonesia memiliki track record mumpuni.

Apalagi, wushu telah menjadi cabor yang wajib dipertandingkan di Asian Games dan pencak silat merupakan beladiri Indonesia yang perlu dipromosikan ke regional, kontinental, dan dunia. Untuk jetski, diceritakan Arlan, usulan diutarakan Kamboja dan Indonesia mendukung tuan rumah karena cabor ini dapat menjadi lumbung mendali Merah Putih.

Hasil SEAGF Meeting di Kamboja juga memunculkan wacana tidak dapat dipertandingkannya panahan karena tuan rumah tidak memiliki atlet dan Federasi Nasional (NF). Padahal, keberadaan NF cabor terkait dibutuhkan karena mereka mengatur dan melaksanakan pekerjaan teknis di lapangan ketika games times.

“Dari hasil rapat juga diketahui bahwa Kamboja tidak memiliki NF di cabor panahan, sehingga potensi tidak dipertandingkan karena tuan rumah juga tidak memiliki atlet,” kata Arlan

Ia menjelaskan selain membahas cabang olahraga untuk SEA Games Kamboja, NOC Indonesia juga memperjuangkan posisi cabang olahraga agar dapat diperkuat dalam SEAGF Charer, seperti pencak silat di kategori III diusulkan masuk ke kategori II.

“Pencak silat kan akar budaya Indonesia dan negara serumpun Malaysia, Brunei, dan Singapura. Vietnam juga cukup kuat, sehingga sudah saatnya pencak silat menjadi cabor yang dipertandingkan di setiap SEA Games. Kecuali negara tersebut tidak memiliki NF). Ini tantangan NF negara yang sudah establish membantu penguatan pencak silat di negara lain,” terang Arlan.

Baca Juga

Esports Targetkan Enam Medali Emas di SEA Games 2021 Vietnam

Dalam kesempatan ini, SEAGF Meeting juga menerima usulan Indonesia agar taekwondo di bawah naungan Federasi Taekwondo Dunia (WTF), yang terafiliasi dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC) menjadi acuan yang dipertandingkan di Kamboja.

Sebelumnya, tuan rumah ingin mempertandingkan taekwondo kategori Federasi Taekwondo Internasional (ITF) yang memiliki aturan berbeda dengan WTF.

Pada SEAGF Meeting di Kamboja hadir secara offline Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina dan Laos. Sementara Thailand, Vietnam, Myanmar, Brunei, dan Timor Leste mengikuti rapat secara daring.

SEA Games Kamboja merupakan edisi ke-32. Ini kali pertama Kamboja menggelar multi event olahraga paling bergengsi di Asia Tenggara. Pada 1963, Kamboja sempat mendapat kesempatan menjadi tuan rumah, tetapi dibatalkan karena situasi politik.

Tiga Kategori Cabor di SEAGF Charter

Kategori I - Compulsory Sport

Atletik, Akuatik

Kategori II - Asian Games and Olympic Category (Minimum 14 Sports)

Panahan, Bisbol, Biliard & Snookers, Tinju, Sepeda, Anggar, Golf, Bola tangan, Judo, Modern Pentathlon, Rugby, Sepak Takraw, Soft Tennis, Squash, Taekwondo, Triathlon, Angkat Besi, Wushu, Bulutangkis, Basket, Boling, Kano, Equestrian, Sepak bola, Senam, Hoki, Karate, Rowing, Layar, Sofbol, Menembak, Tenis Meja, Tenis, Voli, Gulat

Kategori III - Other Sports (Maksimum 8 Sports)

Arnis, Binaraga, Catur, Dancesport, Fin Swimming, Lawn Bowls, Kempo, Muay, Netball, Pentaque, Pencak silat, Shuttlecock, Traditional Boat Race, Waterskiing, Vovinam. (*)

Baca Juga

NOC Indonesia Pastikan Kirim Tim Futsal Putra ke SEA Games 2021

Kanal
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Rifda Irfanaluthfi Sukses Sabet Emas Keduanya di SEA Games 2021
Olahraga
Rifda Irfanaluthfi Sukses Sabet Emas Keduanya di SEA Games 2021

Rifda Irfanaluthfi kini sudah mengoleksi 2 medali emas dan 1 perunggu

Deretan Bek yang Bisa Geser Posisi Harry Maguire di Timnas Inggris
Olahraga
Deretan Bek yang Bisa Geser Posisi Harry Maguire di Timnas Inggris

Posisi Harry Maguire di Timnas Inggris bisa terancam jika performanya di Manchester United tidak berubah.

Mikel Arteta Perpanjang Kontrak, Ini Ambisinya dengan Arsenal
Olahraga
Mikel Arteta Perpanjang Kontrak, Ini Ambisinya dengan Arsenal

Mikel Arteta resmi memperpanjang kontraknya di Arsenal. Ia pun mengungkapkan ambisinya bersama Arsenal.

Hasil FIBA Asia Cup 2022: Indonesia Takluk dari Yordania
Olahraga
Hasil FIBA Asia Cup 2022: Indonesia Takluk dari Yordania

Marques Bolden dan kawan-kawan kalah dengan skor 65-74.

Pertandingan International Youth Championship di JIS Tanpa Penonton
Olahraga
Pertandingan International Youth Championship di JIS Tanpa Penonton

Salah satu aturan dalam Inmendagri tersebut yakni melarang penonton untuk menonton secara langsung Kompetisi International Youth Championship (IYC) di Jakarta International Stadium (JIS) Tanjung Priok, Jakarta Utara mulai 6 Februari 2022.

Juventus Terancam Degradasi ke Serie B
Olahraga
Juventus Terancam Degradasi ke Serie B

Skandal Capital Gain yang diduga melibatkan Juventus berbuntut panjang. Si Nyonya Tua terancam degradasi ke Serie B jika terbukti terlibat dalam kasus tersebut.

Kontingen Indonesia Tampilkan Budaya Nusantara saat Opening Ceremony SEA Games 2021
Olahraga
Kontingen Indonesia Tampilkan Budaya Nusantara saat Opening Ceremony SEA Games 2021

Selain itu, Kontingen Indonesia juga akan tetap menampilkan kekayaan budaya Nusantara dalam balutan kostum yang dipakai saat defile nanti.

Timnas U-23 Indonesia Takluk 0-3 dengan Vietnam di SEA Games 2021
Olahraga
Timnas U-23 Indonesia Takluk 0-3 dengan Vietnam di SEA Games 2021

Timnas Indonesia U-23 takluk tak berdaya terhadap keunggulan timnas Vietnam dalam matchday pertama Grup A SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, pada Jumat (6/5)

5 Klub dengan Rekor Tak Terkalahkan di Liga Top Eropa
Olahraga
5 Klub dengan Rekor Tak Terkalahkan di Liga Top Eropa

5 klub ini memiliki rekor tak terkalahkan di Liga Top Eropa. Bahkan, ada klub yang tak terkalahkan dalam 58 laga.

BNPB Izinkan Liga 1 2021 Berlanjut
Olahraga
BNPB Izinkan Liga 1 2021 Berlanjut

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku Satgas Penanggulangan COVID-19 mengizinkan Liga 1 2021 berlanjut. Hal ini merupakan hasil evaluasi tiga laga perdana kompetisi tertinggi di tanah air.