NOC Bangga Atlet Indonesia Tuntaskan Arahan Jokowi Peringkat 3 SEA Games

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Senin, 23 Mei 2022
NOC Bangga Atlet Indonesia Tuntaskan Arahan Jokowi Peringkat 3 SEA Games
Kedatangan Atlet Indonesia untuk SEA Games Vietnam disambut Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari. (Foto: MP Media/BolaSkor.com/Johan Kristiandi)

MerahPutih.com - Tim Indonesia dalam SEA Games 2021 Vietnam berhasil memenuhi arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melewati posisi ke-4 yang dicapai dalam gelaran sebelumnya di Filipina pada 2019. Tahun ini, kontingen Merah Putih berhasil menempati posisi ketiga di bawah tuan rumah Vietnam dan Thailand.

Capaian menembus tiga besar SEA Games 2021 Vietnam, sekaligus menuntaskan arahan Presiden Jokowi ini menuai rasa bangga dari Ketua National Olympic Committee (NOC) Indonesia Raja Sapta Oktohari.

Baca Juga:

Sambut Pejuang Olahraga, Okto: Mata Saya Cukup Silau dengan Kilauan Cahaya Medali

"Apa yang dicapai para atlet ini membanggakan kita semua karena sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan prestasi dari SEA Games sebelumnya. Kalau di Filipina kita mendapatkan posisi keempat, sekarang kita di tempat ketiga," ungkap Okto, ketika melakukan penyambutan atlet di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Senin (23/5).

Apalagi, pada edisi kali ini Indonesia hanya menurunkan 499 atlet yang berjuang di 32 cabang olahraga. Jumlah tersebut terpaut jauh dari Thailand yang mengirimkan 808 atlet. Bahkan, Malaysia yang secara letak berdekatan dengan Indonesia melepas 586 atlet.

Namun, untuk urusan prestasi, Indonesia tidak perlu berkecil hati. Total, Indonesia mendulang 241 medali yang terdiri dari 69 emas, 92 perak, dan 80 perunggu.

Kedatangan Atlet Indonesia untuk SEA Games Vietnam disambut Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari. (Foto: MP Media /  Frengky Aruan)
Kedatangan Atlet Indonesia untuk SEA Games Vietnam disambut Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari. (Foto: MP Media/BolaSkor.com/Johan Kristiandi)

Bagi Okto, keberhasilan kali ini tidak terlepas dari program yang matang. Meskipun atlet yang diberangkatkan minim, tetapi prestasi yang diraih bisa maksimal.

"Semua atlet yang berangkat ke SEA Games 31 sudah terseleksi dari tim verifikasi baik itu targetnya medali emas, perak, atau perunggu," ungkap dia.

Tidak hanya berhenti di SEA Games 2021, Okto juga menegaskan pembinaan kepada atlet akan terus dilakukan. Apalagi, akan ada ajang besar yakni Olimpiade Paris 2024.

"Para atlet memang disiapkan bukan hanya untuk SEA Games. Setelah ini ada Asian Games dan tahun depan ada kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Oleh karena itu, kami akan melakukan komunikasi lebih intensif karena NOC bisa memfasilitasi olahraga melalui federasi internasional. Ini semua kita lakukan untuk meningkatkan pembinaan dan prestasi olahraga yang ada di Indonesia," tutup dia. (Johan Kristiandi/BolaSkor.com)

Baca Juga:

NOC Indonesia Minta Para Atlet Lebih Bekerja Keras Hadapi Event Olahraga Lainnya

#Sea Games 2021
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan