Nobar Pelantikan Presiden, Puluhan Relawan Kenakan Kaus dan Kemeja Ala Gibran Koordinator FSK Solo, Guntur Wahyu Nugroho, Minggu (20/10). (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Puluhan organ relawan Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019 yang tergabung dalam Forum Solo Kompak (FSK) mengadakan nonton bareng (nobar) di Pasar Triwindu, Ngarsopuro, Solo, Jawa Tengah, Minggu (20/10).

Dalam nobar tersebut sebagian besar relawan menggenakan kemeja dan Kaus 'Indonesia Raya" ala Gibran Rakabuming Raka. Kemeja dan Kaus 'Indonesia Raya' tersebut sangat identik dengan pendukung Gibran yang masuk bursa calon wali kota (cawali) di Pilwakot Solo 2020 lewat PDIP.

Baca Juga:

Lukisan Raksasa Presiden Jokowi Pakai Lurik dan Blangkon Meriahkan Syukuran Relawan di Solo

Gibran selalu menggenakan kemeja 'Indonesia Raya' tersebut saat kegiatan berbau politik pertama saat menemui Ketua DPC PDIP, FX Hadi Rudyatmo di Loji Gandrung tanggal 18 September dan saat membuat KTA di kantor DPC PDIP Solo tanggal 23 September lalu.

Putra sulung Jokowi Gibran Rakbuming saat mendaftar jadi Kader PDIP
Gibran Rakabuming saat mendaftar jadi kader PDIP beberapa waktu lalu (MP/Ismail)

Ciri khas kemeja 'Indonesia Raya' adalah berwarna dasar putih dengan dipadu kerah berwarna cokelat. Pada bagian depan terdapat tulisan 'Indonesia Raya' dan gambar Burung Garuda dan Proklamator Bung Karno.

Di bagian lengan kanan juga terdapat gambar wajah presiden pertama tersebut. Sementara di bagian lengan kiri terdapat gambar wajah pahlawan nasional asal Bali, I Gusti Ngurah Rai.

Sedangkan di bagian belakang juga dipenuhi dengan gambar pahlawan nasional lainnya. Diantaranya Bung Hatta, Martha Christina Tiahahu, Ki Hajar Dewantoro, HOS Cokroaminoto dan pahlawan nasional lainnya.

Koordinator FSK Solo, Guntur Wahyu Nugroho, mengatakan ada 50 organ lebih yang mengikuti acara nobar pelantikan Jokowi-Amin. Organ relawan ini dulunya bekerja keras untuk memenangkan Jokowi-Amin di Pilpres 2019 lalu.

Relawan Jokowi menggelar nobar pelantikan Presiden di Solo
Relawan Jokowi menggelar nobar pelantikan presiden di Solo (MP/Ismail)

"Saya perkirakan ada sekitar 500 orang yang ikut nobar pelantikan Jokowi-Amin ini," kata Guntur kepada merahputih.com.

Ia mengungkapkan tujuan diadakan acara ini adalah sebagai wujud ucapan syukur kepada tuhan karena kita telah memperoleh presiden baru. Sebagai pendukung Jokowi serta masyarakat Solo berharap pada Presiden Jokowi supaya membawa Indonesia lebih baik dan Indonesia menjadi jaya.

Ditanya terkait banyaknya relawan mengenakan kaus 'Indonesia Raya" ala Gibran, pegiat pegiat Forum Muda Visioner ini menegskan itu aspirasi dari teman-teman relawan yang membaca konteks politik lokal Pilwakot Solo.

Baca Juga:

Baru Dilantik, Relawan Desak Jokowi Berantas Gerakan Radikalisme dan Intoleransi

"Kita lihat yang hadir disini mengenakan kaus dan kemeja 'Indonesia Raya" ala Gibran dulu teman-teman yang mendukung Jokowi-Amin di Pilpres 2019 lalu. Kami fair terima untuk apresiasi dan berekspresi," kata dia.

Relawan Jokowi memakai baju dan kaus seperti Gibran
Relawan Jokowi memakai baju dan kaus seperti Gibran (MP/Ismail)

Ia menambahkan makna 'Indonesia Raya' sendiri merupakan visi bahwa Indonesia menjadi negara yang maju dan besar harus belajar dan mengambil inspirasi dari para pahlawan yang ada pada Soekarno dan lainnya.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Jokowi-Ma'ruf Resmi Dilantik, Puluhan Relawan di Solo Penuhi Nazar Cukur Gundul



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH