Musik

NOAH Gunakan Teknologi Unreal Engine di Konser Virtualnya

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Kamis, 07 Januari 2021
NOAH Gunakan Teknologi Unreal Engine di Konser Virtualnya
Konser virtualnya akna digelar 9 Januari 2021. (Foto: Instagram/noah_site)

GRUP band NOAH akan menggelar sebuah konser musik dengan menggunakna teknologi Unreal Engine (UE) virtual production yang baru pertama kali diterapkan di Indonesia pada 9 Januari 2021 di platform VIDIO. Konser bertajuk NOAH BEYONDmo ini merupakan konsep pertama yang diterapkan di Tanah Air.

Mengutip laman ANTARA, dalam konser kali ini BRI bekerjasama dengan VIDIO menggunakan teknologi yang pertama kali digunakan di Indonesia, yakni UE virtual production. Teknologi ini biasanya digunakan dalam industri aplikasi pengembangan permainan online dan dunia perfilman Hollywood.

Kehadiran Unreal Engine akan memberikan pengalaman berinteraksi secara virtual dalam berbagai efek visual fotorealisme secara detail, seperti pencahayaan, bayangan, efek partikel, cuaca, pantulan sinar, dan kaya warna serta kontras.

Baca juga:

Intro ‘Love Scenario’ Dibilang Mirip Lagu Noah, Begini Reaksi Bos YG

NOAH Gunakan Teknologi Unreal Engine di Konser Virtualnya
Persiapan NOAH dalam konser virtualnya. (Foto: Instagram/noah_site)


“Contoh penggunaan Unreal Engine ini bisa dilihat di series Mandalorian. Ini konser tapi kayak video klip gitu jadi ada sisi sinematiknya,” kata Upie Guava selaku show director dalam jumpa pers virtual konser NOAH BEYONDmo 2021, Rabu (6/1).

“Green screen nanti akan diganti LED Screen, kesannya tuh ada parallax seakan kita bisa bikin di hutan kayak beneran,” lanjutnya.

Penggunaan teknologi mutakhir ini tidak membuat NOAH kesulitan. Menurut mereka tantangannya justru dalam memilih lagu mana yang akan dimainkan untuk memaksimalkan Unreal Engine tersebut.

Baca juga:

Heboh! Kakak Ariel 'Noah' Ternyata Seorang Gubernur?

NOAH Gunakan Teknologi Unreal Engine di Konser Virtualnya
Merupakan kali pertama di Indonesia. (Foto: Instagram/noah_site)


“Kalau kita enggak terlalu banyak kesulitan, paling song list yang pas untuk memaksimalkan teknologi itu. Karena itu ada empat layer harusnya bisa kayak lebih dari tiga dimensi, bisa pindah-pindah tampilannya,” ujar Ariel.

Pada pertunjukan tersebut, NOAH akan membawakan lima lagu yang terdiri dari empat lagu dari album terbaru dan satu lagu lama. Konser ini pun akan menjadi sebuah sejarah baru di dunia pertunjukan Indonesia.

“Konser ini akan menjadi tonggak sejarah dan akan jadi pembuka untuk yang lainnya,” kata Upie.

Selama pandemi ini, Upie dan NOAH ternyata mempelajari bagaimana cara kerja teknologi UE dalam sebuah konser virtual. Mereka tetap memberikan yang terbaik meski ini pertama kali baginya. (and)

Baca juga:

Bukan Mimpi! Noah Centineo Kasih Nomor HP Khusus Untuk Para Fans

#Musik #NOAH #Konser Musik #Musisi #Musisi Indonesia #Musik Indonesia #Konser Online
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan