No Makeup saat Mengenakan Masker, ini Alasannya Penggunaan masker dan makeup secara bersamaan bisa membahayakan kulit wajah.(Foto Pixabay/coyot)

MASKER jadi benda paling esensial di tengah pandemi ini. Pemerintah sudah mewajibkan seluruh masyarakat untuk mengenakan masker, baik sedang sakit maupun tidak. Bagi kamu yang kerap memakai makeup, masker tentu menyulitkan.

Namun, tahukah kamu, ternyata memakai masker pada wajah yang dirias ternyata bisa membahayakan kulit. Dilansir laman The List, ini dua alasan lebih baik tidak mengenakan kosmetik ketika sedang menggunakan masker.

BACA JUGA: Bosan #DirumahAja? Yuk Coba Tutorial Make-Up Ala Lana Condor, Kim Kardashian dan Rihanna


1. Masker wajah sebenarnya tidak baik untuk wajah

masker
Pemakaian makeup di bawah masker membuat kulit jadi lembap. (Foto: Unsplash/Flavio Gasperini)

Pada dasarnya, masker memang enggak baik buat kesehatan wajah. Menurut Dr Joshua Zeichner, penggunaan masker meningkatkan kelembapan dan rasa panas pada kulit. Penyebabnya tentu saja karena napasmu akan terperangkap di dalam masker.

Nah, hal itu menyebabkan peningkatan keringat dan minyak yang akan membuat kulitmu mengalami inflamasi, ruam, dan bahkan jerawat.

Jadi ketika kamu tambahkan dengan penggunaan makeup, bisa kamu bayangkan akan seperti apa kulit wajahmu?


Dr Hadley King menambahkan sebaiknya hindari segala partikel yang bisa membuat kulit tersumbat. Soalnya, peningkatan kelembapan di dalam masker bisa berdampak pada produksi sebum. Produksi berlebih itu yang kemudian dikhawatirkan akan membuat pori-pori tersumbat sehingga memunculkan jerawat. Tentunya kamu enggak mau dong wajahmu jadi berjerawat hanya karena penggunaan makeup di bawah masker?


Oleh karena itu, hindari produk kecantikan seperti alas bedak atau concealer yang akan menutup pori-pori. Jika ingin memakai perawatan kulit, dokter menyarankan untuk mengenakan pelembab saja. Selain itu, pastikan selalu mencuci muka sebelum dan setelah memakai masker agar kesehatan kulitmu tetap terjaga.


2. Menggunakan makeup malah akan merusak masker

masker
Makeup juga merusak masker.(Foto Pixabay/Alexas_Fotos)

Kalau kamu tetap ngotot mengaplikasikan makeup, bukan hanya kulit wajahmu yang akan bermasalah, maskernya pun juga bisa rusak lho. Hal itu disampaikan Dr Cassandra M Pierre dalam wawancara bersama Allure. Ia mengatakan kosmetik bisa mengurangi fungsi penyaringan udara yang ada di masker.


Apalagi masker medis sejenis N95 yang enggak akan bisa disterilisasi jika terkontaminasi makeup atau bahan lain.


Sementara itu, masker kain yang terkena makeup memang bisa dicuci ulang. Namun, semakin sering mencuci masker juga akan memengaruhi efektivitas kain. Dengan tidak memakai makeup, umur maskermu bisa lebih panjang.


Jika tetap ingin menggunakan makeup, pakailah produk-produk di area mata dan alis saja. Dengan begitu, makeup nya tidak akan mengenai masker.(sam)


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH