Nissan Katakan Tidak dalam Diskusi untuk Mobil Apple

Muchammad YaniMuchammad Yani - Selasa, 16 Februari 2021
Nissan Katakan Tidak dalam Diskusi untuk Mobil Apple
Nissan katakan tidak dalam diskusi untuk mobil Apple. (Foto: The Verge/Sam Byford)

PERUSAHAAN otomotif Nissan telah mengeluarkan pernyataan yang menyangkal bahwa perusahaannya sedang dalam diskusi untuk bekerjasama dengan Apple dalam sebuah proyek mobil otonom.

Dilansir dari The Verge, Senin (15/2), Financial Times melaporkan bahwa Apple telah mendekati perusahaan mobil dari Jepang tentang potensi kemitraan dalam beberapa bulan terakhir.

Baca juga:

Pemerintah Berikan Relaksasi PPnBM Otomotif

"Kami tidak dalam pembicaraan dengan Apple. Namun, Nissan selalu terbuka untuk menjajaki kolaborasi dan kemitraan untuk mempercepat transformasi industri,” kata juru bicara Nissan seperti dikutip Reuters, Selasa (15/2).

Pernyataan dari perusahaan itu tidak membahas apakah pembicaraan tentang kerja sama itu pernah terjadi. Dengan kata lain, berarti tidak secara langsung bertentangan dengan laporan Financial Times.

Nissan tidak membahas apakah pembicaraan tentang kerja sama itu pernah terjadi. (Foto: Unsplash/andrei pana)
Nissan tidak membahas apakah pembicaraan tentang kerja sama itu pernah terjadi. (Foto: Unsplash/andrei pana)

Laporan itu mengatakan bahwa "kontak hanya terjadi secara singkat dan diskusi tidak berlanjut ke tingkat manajemen senior atau divisi mengenai merek untuk kendaraan listrik perusahaan pembuat iPhone tersebut".

Titik puncak laporan adalah permintaan dari Apple untuk Nissan agar memproduksi mobil yang menggunakan merek Apple. “Kami memiliki kepuasan pelanggan kami sendiri. Kepuasan yang datang dari mobil. Tidak mungkin kami akan mengubah cara kami memproduksi mobil,” ujar COO Nissan, Ashwani Gupta, kepada Financial Times.

Baca juga:

Mercedes Tarik 1 Juta Lebih Kendaraannya

Sekali lagi, pernyataan tersebut menyatakan bahwa pembicaraan tentang kerja sama tidak terjadi sekarang, tanpa mengonfirmasi apakah mereka pernah melakukannya.

"Cara kami mendesain, cara kami mengembangkan, dan cara kami memproduksi adalah seperti pabrikan otomotif, seperti Nissan," kata Gupta.

Pernyataan tersebut menyatakan bahwa pembicaraan tentang kerja sama tidak terjadi sekarang. (Foto: Unsplash/clay banks)
Pernyataan tersebut menyatakan bahwa pembicaraan tentang kerja sama tidak terjadi sekarang. (Foto: Unsplash/clay banks)

Spekulasi yang baru-baru ini beredar mengenai Nissan, muncul setelah Hyundai mengatakan pihaknya tidak dalam pembicaraan dengan Apple mengenai proyek kerjasama tersebut. Hyundai telah menjadi subjek utama rumor tentang kemitraan Apple akhir-akhir ini.

Mungkin, karena produsen mobil asal Korea itu sendiri mengeluarkan pernyataan namun dengan cepat mencabut pernyataan yang mengatakan mereka telah memasuki diskusi dengan Apple.

Seorang analis bernama Ming-chi Kuo, meyakini mobil pertama dari Apple akan dibuat dari platform E-GMP milik Hyundai, dan nantinya akan dikirim kepada pembelinya paling cepat pada tahun 2025. (Kna)

Baca juga:

Digitalisasi Gairahkan Kembali Industri Modifikasi di Masa Pandemi

#Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan