Nirmala Ratimanjari Sari: Mari Jaga Ekosistem Laut Kita! Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Jojon)

Merahputih.com - Aktivis kelautan, Nirmala Ratimanjari Sari mengajak kepada seluruh elemen untuk menjaga ekosistem laut agar tidak menjadi rusak.

Hal itu disampaikannya terkait dengan keberadaan sampah yang dianggap mengotori laut dan menjadi ancaman habitat laut.

"Mari kita bersama-sama, bahu membahu menjaga laut kita. Hentikan kebiasaan membuah sampah ke laut," kata Nirmala, Senin (3/6).

Menurutnya, masyarakat Indonesia saat ini masih minim akan pengetahuan bahaya sampah yang mengotori laut. Ia mengatakan masyarakat perlu diberikan pendidikan terkait fungsi laut dan menjaga laut agar bebas dari sampah.

Dirinya pun mengungkapkan bahwa keberadaan sampah di laut menjadi ancaman tersendiri bagi habitat di dalamnya.

"Ikan, udang, terumbu karang dan habitat lainnya rusak. Laut menjadi kotor. Perkembangan ikan menjadi terhambat karena pencemaran," ucapnya.

Salah satu jenis sampah yang tengah menjadi sorotannya yakni, sampah plastik. Sampah yang mengandung zat kimia berbahaya itu sangat merugikan makhluk hidup. Ia juga mengingatkan jika masyarakat yang akan mengkonsumsi ikan pun menjadi enggan akibat ikan yang tercemar tersebut.

"Alhasil, nelayan pun merugi. Konsumen ikan pun menjadi enggan. Perekonomian di kawasan pesisir pun menjadi lesu. Apalagi, kita tidak bisa mengekspor hasil tangkapan nelayan tersebut ke luar negeri," tegasnya.

"Jadi banyak yang dirugikan. Untuk itu, sekali lagi saya tekankan, mari bersama-sama menjaga laut kita. Jangan sampai merusak habitat laut. Keberadaan sampah di laut menjadi ancaman habitat laut!" imbuhnya.

Nirmala menambahkan, pemerintah dalam hal ini, Kementerian Kelautan pun harus ikut mensosialisasikan akan bahaya sampah kepada masyarakat. Dirinya mengatakan jika pihaknya tengah mengkaji dan juga akan mengajak pemerintah berserta masyarakat bekerja sama menjaga laut agar selalu bersih dan terhindar dari sampah.

Soal keberadaan sampah yang sudah terlanjur berada di laut, Nirmala mengatakan jika pihaknya akan mencoba berkoordinasi dengan pihak terkait untuk bersama-sama mencari solusi untuk membersihkan laut akibat sampah yang sudah menumpuk.

"Selama ini kita melihat pemerintah sudah melakukan pembersihan sampah di laut khususnya di area pantai ya. Tapi kita rasa hal itu belum cukup. Sampah di dasar lautan masih banyak," pungkasnya. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH