Gaming

Nintendo Switch Sukses, Reggie Fils-Aime Pensiun Tenang

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 19 Februari 2021
Nintendo Switch Sukses, Reggie Fils-Aime Pensiun Tenang
Reggie Fils-Aime tenang di masa pensiunnya. (Foto Nintendo)

KONSOL hybrid yang diminati gamer Nintendo diestimasikan akan panjang umur hingga pertengahan dekade ini. Dukungan Nintendo untuk konsol itu tak hanya membuat gamer pembeli Nintendo Switch senang, tetapi juga membahagiakan mantan CEO Nintendo America Reggie Fils-Aime.

Seperti dilansir laman Nintendo Life, Fils-Aime hengkang untuk menikmati masa pensiunnya. Kabar baik itu sudah pasti membuat masa pensiunnya akan lebih tenang. Fils-Aime yang kerap diwawancarai pada podcast Gamertag Radio's Danny Penna memberikan kabar mengenai dukungan Nintendo kepadanya.

BACA JUGA:

'Samurai Warriors 5' Siap Hadir di Konsol dan PC

Pena juga memancing Fils-Aime untuk menceritakan kenangannya selama 16 tahun di Nintendo. Ia bersama Shigeru Miyamoto dan Satoru Iwata layaknya 'The Three Musketeers' di perusahaan gaming itu. Fils-Aime bahkan menceritakan pengalamannya menjadi saksi atas keprgian Iwata pada 2015.

"Bukan sebuah kejutan lagi, kesuksesan ini akan membuat keputusanku untuk pensiun menjadi mudah. Aku tahu perusahaan ini (Nintendo) akan bertahan dalam kesuksesannya hingga beberapa tahun kemudian," ujar Fils-Aime.

Ia menjelaskan keputusan Nintendo untuk membuat konsol hybrid seperti Nintendo Switch merupakan keputusan terbaik yang pernah Nintendo lakukan. Alasan 'sesuai dengan keinginan konsumen' secara fundamental membuat royek itu sukses. Perjalanan Nintendo dalam membuat Nintendo Switch membutuhkan waktu yang cukup lama. Hasil memuaskan hingga mengalahkan penjualan Nintendo 3DS dengan total 79,87 juta unit terjual secara global.

Menurutnya, menyelesaikan permasalahan gamer merupakan kunci kesuksesan Nintendo Switch. Pihak Nintendo merespons komplain umum gamer, yakni 'ingin bermain game, tapi harus ke luar rumah untuk bekerja'. Nintendo Switch menjadi salah satu solusi dengan pemain tak hanya bisa memainkan game kesukaannya di televisi, melainkan juga bisa bermain tanpa televisi dengan layar secara handheld.

Elaborasi itu membuat Nintendo Switch spesial juga disetujui Iwata ketika Fils-Aime mempresentasikan purwarupa Nintendo Switch. Sayangnya, Iwata tutup usia di saat Nintendo Switch rilis dan diserbu pencinta konsol Nintendo.

Fils-Aime pensiun dari Nintendo Amerika pada 2019. Ia meninggalkan perusahaan Nintendo yang saat ini berkembang dan memberikan kebahagiaan bagi para pemainnya. Bahkan Fils-Aime sendiri mendapatkan penghargaan dari New York Game Awards sebagai CEO yang bisa membahagiakan banyak orang di tahun yang sama ketika ia pensiun.

Ketika pandemi COVID-19 menyerang, Nintendo tidak bisa memberikan event luring melalui E3 atau acara gaming lain. Meski demikian, Nintendo tetap mengadakan Nintendo Direct yang akan disiarkan pada 17 Februari 2021.(dnz)

Bagikan
Ditulis Oleh

Aldonov Danoza

The love we take is equal to the love we make
Bagikan