Gaming

Nintendo Switch Online akan Kehadiran Koleksi Game Boy Advance

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 22 April 2022
Nintendo Switch Online akan Kehadiran Koleksi Game Boy Advance
Gim dari Game Boy Advance hadir untuk Nintendo Switch. (Foto Nintendo Life)

SEBAGAI fitur layanan premium, Nintendo amat mungkin akan merilis dua gim konsol retro yang dapat dimainkan di Nintendo Switch Online. Selain Nintendo Gamecube yang sudah dirumorkan hadir, Nintendo juga akan menghadirkan koleksi gim dari konsol handheld lawas mereka, yakni Game Boy Advance.

Seperti dikabarkan Kotaku, beberapa gim sudah ada di konsol developer kit milik Nintendo dan bahkan emulator sudah bisa dimainkan. Dengan begitu, gim tersebut sudah terjamin akan berjalan lancar di Nintendo Switch.

BACA JUGA:

Update Terbaru Nintendo Switch Mudahkan Atur Gim Favorit

Gim yang sudah menjalani pengetesan di antaranya Mario Kart Advance, Golden Sun, serta Pokemon Pinball: Ruby & Sapphire. Gim tersebut dalam masa pengetesan dan optimisasi sebelum lancar digunakan pada developer kit Nintendo Switch.

Bocoran tersebut hadir pada akun Twitter @trashbandatcoot. Pemilik akun tersebut mengaku mendapatkan cuplikan gambar dari Nintendo Europe Research and Development (NERD). Kode emulator dengan nama Hioyo tersebut akan dapat memainkan gim dari Game Boy serta Game Boy Advance.

nintendo switch
Program yang ada di developer kit Nintendo Switch. (Foto: Twitter trashbandatcoot)

Sebenarnya para dataminer sudah mendapatkan sebagian footage dari developer kit Nintendo Switch yang dapat menjalankan emulator kedua konsol Game Boy tersebut di platform Wayback Machine. Akan tetapi, sebelum dipublikasikan secara umum, Nintendo sudah menurunkan video tersebut.

Meski demikian, masih banyak gim di developer kit Nintendo Switch yang masih belum dipamerkan dataminer, di antaranya The Legend of Zelda: The Minish Cap, Metroid Fusion, Fire Emblem: The Sacred Stones, serta Mega Man Battle Network 2.

Selain proyek integrasi Game Boy Advance dan Nintendo Gamecube, mereka juga sempat mengulik salah satu perangkat keras pembajak Nintendo Switch dengan nama EZFlash. Perangkat keras tersebut diketahui dapat menjalankan program homebrew untuk membajak Nintendo Switch.

Namun, dengan permasalahan tersebut, amat mungkin rumor itu sekadar mengada-ada karena memang Nintendo Switch memang sudah dapat menjalankan gim retro sebelum Nintendo resmi memberikan integrasi emulator. Namun, salah satu dataminer, yakni OatmealDome, mengklaim ia mendapatkan bocoran emulator Game Boy Advance tersebut bersama NERD dengan kolaborasinya dengan Panasonic Vietnam.

Di lain hal, penggunaan EZFlash merupakan sebuah tindakan ilegal oleh karyawan Nintendo. Namun, untuk kebutuhan benchmarking dari game lawas Nintendo menjadi hal baik, sebelum mereka secara resmi memberikan integrasi emulator konsol retro lainnya untuk layanan Nintendo Switch Online.

Kamu bisa mengakses emulator dari Nintendo Emulation System, Super Nintendo, Nintendo 64, dan juga Sega Genesis sebagai fitur tambahan dari layanan premium Nintendo Switch Online. Setiap bulannya, mereka bahkan akan merilis gim terbaru, seperti pada April ini, Mario Golf versi Nintendo 64 sudah dapat dimainkan di Nintendo Switch Online.(dnz)

#Game #Gaming #Nintendo
Bagikan
Ditulis Oleh

Aldonov Danoza

The love we take is equal to the love we make
Bagikan