Games

Nintendo Switch Kini Support Bluetooth Audio

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 17 September 2021
Nintendo Switch Kini Support Bluetooth Audio
Nintendo Switch kini beri dukungan bluetooth audio. (Foto: YouTube/Jackson Snowden)

NINTENDO mengumumkan bahwa kini perangkat Switch telah support untuk audio nirkabel atau Bluetooth. Pembaruan perangkat lunak pada Switch memungkinkan konsol dapat menghubungkan ponsel Bluetooth mereka, sehingga dapat mendengarkan audio saat bermain game.

Fitur ini menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh pengguna sejak Switch dirilis pada 2017. Karenanya fitur baru ini mendapatkan respon positif dari pengguna, walaupun masih terdapat beberapa batasan.

Baca juga:

Pokemon TV Resmi Hadir di Nintendo Switch

Laman The Verge memberitakan bahwa pengguna hanya dapat menggunakan dua pengontrol nirkabel jika ingin menggunakan headset Bluetooth. Selain itu, fitur ini tidak mendukung penggunaan mikrofon Bluetooth.

Namun hal ini memang tidak mungkin terjadi, mengingat sistem suara obrolan pada Nintendo sendiri bergantung pada aplikasi yang sedang berjalan di ponsel.

Nintendo Switch Kini Support Bluetooth Audio
Namun fitur ini juga memiliki batasan tertentu. (Foto: Gamerant)

Keterbatasan ini sangat disayangkan, sebab terdapat pengguna yang mengandalkan kemampuan untuk berbicara dengan pengguna lain secara langsung (built-in), tanpa membutuhkan gawai lainnya.

Fitur audio nirkabel ini menjadi sesuatu yang dibutuhkan pengguna Switch. Bahkan hal ini dapat menjadi salah satu nilai jual tambahan bagi Switch Pro. Sebab Switch tidak memiliki jack headphone layaknya Pro Controller Nintendo lainnya.

Namun disamping keterbatasan yang dimiliki sistem ini, sepertinya Nintendo telah mempersiapkannya secara matang. Pihak Nintendo menjelaskan bahwa Switch dapat menyimpan hingga 10 perangkat yang terhubung. Hal ini dapat dimiliki oleh pengguna Switch maupun Switch Lite.

Baca juga:

Lebih Baik Steam Deck atau Nintendo Switch?

Nintendo Switch Kini Support Bluetooth Audio
Fitur ini memugkinkan pengguna untuk menggunakan perangkat audio nirkabel saat bermain game. (Foto_SlashGear)

Nantinya, sebelum pengguna dapat menggunakan perangkat audio nirkabel, pengguna akan diarahkan pada menu pengaturan. Setelahnya akan terdapat pilihan 'Audio Bluetooth' dan pengguna dapat langsung menghubungkan headphone bluetooth mereka.

Dalam uji coba yang dilakukan The Verge, perangkat audio nirkabel AirPods Pro dapat berfungsi dengan baik. Dalam permainan WarioWare: Get It Together, pengguna tidak merasakan adanya penundaan antara pergerakan gambar dengan suara.

Kesesuaian antara gerak gambar dan suara menjadi sesuatu yang penting saat bermain game yang mengutamakan kecepatan pemain, salah satunya permainan WarioWare: Get It Together.

Namun kesulitan untuk menghubungkan perangkat audio nirkabel dirasakan pada Switch generasi kedua, Sean Hollister. Setelah dilakukan pengujian, Controller Nintendo ini sulit terhubung dengan perangkat audio nirkabel apapun, mulai dari perangkat headphone maupun TV pintar.

Saat mencoba dihubungkan dengan perangkat audio nirkabel, sistem permainan menampilkan pesan 'Tidak dapat menemukan perangkat audio Bluetooth'. bahkan setelah dicoba beberapa kali.

Hal ini bukan menjadi satu-satunya masalah Switch untuk urusan koneksi nirkabel. sebab terkadang Controller Nintendo Switch membutuhkan waktu 30 detik untuk dapat kembali digunakan, setelah ditinggalkan dan masuk dalam mode sleep. Dalam beberapa kasus yang sama, pengguna justru baru dapat menggunakannya kembali jika Controller Nintendo Switch dimatikan sepenuhnya. (cit)

Baca juga:

Bocoran, Rencana Nintendo di Tahun 2022

#Nintendo #Nintendo Switch #Bluetooth #Sistem Audio #Game
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan