Nilai-Nilai Kehidupan yang Bisa Diambil dari Film Pretty Boys Pretty Boys telah dirilis pada 19 September 2019. (Foto: Instagram @prettyboyspictures)

PRETTY Boys baru saja dirilis pada 19 September 2019 lalu. Film ini diperankan oleh para bintang yang telah lama berkecimpung di dunia hiburan. Tapi, sebelum meneruskan membaca, hati-hati artikel ini mengandung spoiler, ya!

Pretty Boys menceritakan tentang perjuangan kedua sahabat yang merantau ke Jakarta untuk meraih mimpinya menjadi artis, perjalanan Rahmat (Deddy Mahendra Desta) dan Anugerah (Vincent Rompies) tentu tidak berjalan mulus.

Baca Juga:

Dari Komedi hingga Horor, Ini 10 Film Indonesia untuk Ditonton September 2019

Disutradarai oleh Tompi, film yang dibalut genre komedi ini juga dibintangi oleh Danilla Riyadi, Onadio Leonardo, Tora Sudiro, dan Roy Marten. Tidak lupa kehadiran Hesti Purwadinata dan Enzy Storia yang juga merupakan rekan kerja Desta dan Vincent di acara talkshow mereka yang berjudul The Tonight Show di salah stasiun televisi swasta.

Selain menghibur lewat guyonan-guyonan yang cerdas, berikut merupakan nilai kehidupan yang bisa diambil dari film Pretty Boys.


1. Semua hal memiliki sisi positif dan negatif masing-masing

(Trivia 1) Anugerah diperankan oleh VIncent Rompies. (Foto Instagram @prettyboyspictures)
Anugerah diperankan oleh Vincent Rompies. (Foto: Instagram @prettyboyspictures)

Anugerah dan Rahmat merupakan kedua anak kampung yang merantau ke Jakarta demi menjadi kaya dan terkenal. Bergelimangan harta dan dikenal banyak orang, kedua hal tersebut memang menjadi keinginan sebagian besar orang di kehidupan nyata. Namun ketika mereka berhasil meraih impian mereka tampil di layar kaca, mereka harus tampil sebagai banci dan bertingkah kemayu meskipun mereka tidak menginginkannya.

Sama dengan kehidupan, semua hal pasti ada konsekuensinya. Kehidupan tidak selalu berjalan mulus, dan kita tidak bisa menyenangkan semua pihak. Kadang, pihak yang harus dikorbankan adalah diri kita sendiri. Segala suka pasti ada duka dan segala duka pasti ada hikmah yang bisa diambil, tinggal bagaimana cara kita merespons hal tersebut dan menimbang-nimbang apakah keuntungan yang dirasakan worth it dengan konsekuensinya.


2. Sulitnya mencari uang

(Trivia 2) Peran banci dibintangi oleh Tora Sudiro. (Foto Instagram @t_orasudi_ro)
Peran banci dibintangi oleh Tora Sudiro. (Foto: Instagram @t_orasudi_ro)

Selain menceritakan tentang kisah dari Anugerah dan Rahmat, kita juga pasti akan mengingat kisah sang banci jalanan (Tora Sudiro) yang merupakan teman cerita Anugerah. Terlepas dari pekerjaannya, ia juga memiliki istri dan anak.

Dari salah satu adegan di film Pretty Boys, terlihat bahwa anak-anaknya tidak mengetahui pekerjaan ayahnya. Terlihat adanya kesenjangan yang sangat jauh antara kehidupan personal dengan pekerjaannya.

Sama dengan di kehidupan nyata, mencari uang sangatlah sulit sehingga terkadang seseorang harus mempertaruhkan harga diri mereka demi menghidupi diri sendiri dan keluarga. Banyak orang terperangkap dalam pekerjaan yang bukan merupakan passion mereka demi bisa bertahan hidup. Sebelum terlambat, buatlah keputusan dalam menjalani kehidupanmu yang hanya sekali ini. Apa yang menjadi prioritas dalam hidupmu?

Baca Juga:

Perkembangan Industri Film Indonesia, Sempat Mati Suri

3. Fake person with a fake life

(Trivia 3) Onadio Leonardo memerankan karakter Roni. (Foto Instagram @prettyboyspictures)
Onadio Leonardo memerankan karakter Roni. (Foto: Instagram @prettyboyspictures)

Film Pretty Boys seolah menunjukkan sisi gelap dari industri hiburan yang tidak banyak diangkat orang ke dalam layar lebar. Tidak jarang, seseorang bertingkah tidak seperti jati dirinya demi mendapatkan ketenaran sementara di layar kaca.

Semakin banyaknya artis yang berpura-pura di televisi hanya demi mendapatkan rating acara juga semakin mempengaruhi kualitas acara yang ditayangkan di Indonesia. Jika sudah menjadi kebiasaan, kehidupan palsu yang ditampilkan di layar kaca atau perilaku menjilat demi mendapatkan apa yang diinginkan bisa menjadi toxic bagi mentalitas kita. Lama-kelamaan, kita bisa terbiasa dengan fake life sehingga kamu bisa menjadi fake person sepenuhnya.

Jadilah dirimu sendiri, dan berkaryalah sesuai passion-mu. Kita semua telah ditakdirkan dengan jalannya masing-masing oleh Yang Maha Kuasa sehingga pasti kita semua akan dituntun menuju kesuksesan jika kita taat beribadah.

4. Mencintai tidak harus memiliki

(Trivia 4) Anugerah dan Asti akhirnya tidak pacaran meskipun saling suka. (Foto instagram @prettyboyspictures)
Anugerah dan Asti akhirnya tidak pacaran meskipun saling suka. (Foto: instagram @prettyboyspictures)

Terlepas dari meraih mimpi, Rahmat dan Anugerah sebelumnya bekerja di sebuah restoran bersama Asti (Danilla Riyadi). Telah menjalani suka dan duka bersama, diam-diam Anugerah menyimpan rasa terhadap Asti dan Asti pun sebaliknya. Meskipun Asti telah cukup jelas menunjukkan rasanya dan memberikan kesempatan kepada Anugerah, namun Anugerah selalu takut untuk bertindak karena merasa tidak pantas. Akhirnya setelah mereka sukses, Rahmat mengajak Asti tinggal di rumah mereka dan sering menggoda dan merayu Asti. Akhirnya, Asti dan Rahmat jadian, namun Rahmat tetap merayu banyak wanita cantik di lokasi shooting.

Telah mengetahui tabiat Rahmat yang genit, Anugerah merasa tidak suka karena tindakan Rahmat tersebut bisa membuat Asti terluka. Akhirnya itu menjadi salah satu alasan pertengkaran mereka di televisi sehingga mereka berdua kehilangan karirnya di industri pertelevisian. Meskipun begitu, pada akhirnya Asti tetap tidak bersama dengan Anugerah meskipun mereka sama-sama menyimpan rasa. Asti pun akhirnya berkencan dengan mantan host utama acara talkshow mereka.

Dalam kehidupan nyata, kadang kita terlalu banyak berpikir dalam urusan percintaan sehingga akhirnya kita tidak bisa bersama dengan seseorang yang kita cintai. Karena berbagai situasi dan kondisi, kadang memang cinta tidak harus memiliki.


5. A long an winding road to success

(Trivia 5) TIdak mudah bagi Anugerah dan Rahmat untuk meraih cita-cita di Jakarta. (Foto Instagram @prettyboyspictures)
TIdak mudah bagi Anugerah dan Rahmat untuk meraih cita-cita di Jakarta. (Foto: Instagram @prettyboyspictures)

Bercita-cita ingin masuk TV dan menjadi terkenal, Rahmat dan Anugerah rela berpenampilan seperti perempuan dan bertingkah seperti banci demi mempertahankan rating mereka. Ayah Anugerah yang merupakan seorang tentara tidak kuat hati dan merasa malu melihat anaknya di layar kaca menggunakan gaun perempuan dengan wajah penuh riasan dan bertingkah kemayu.

Namun akhirnya, Anugerah menyadari apa yang ia kerjakan tidak menyenangkan hatinya, dan ia melakukan tanpa rida ayahnya. Sampai akhirnya Anugerah bertengkar dengan Rahmat di televisi saat siaran langsung sehingga acara talkshow mereka dihentikan dan uang mereka dibawa kabur oleh manajer mereka.

Karena Anugerah dan Rahmat tidak menjadi diri mereka sendiri di industri hiburan televisi, namun ternyata mereka tetap bisa terkenal dan menjadi kaya lewat jalan lain, yaitu menjadi Youtuber. Bebas berekspresi membuat mereka bisa menjadi apa saja tanpa harus menjadi apa yang bukan merupakan identitas mereka. Ini menunjukkan akan selalu ada jalan untuk meraih impian tanpa harus berpura-pura. (Shn)

Baca Juga:

Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Ambil dari Film 'Spider-Man: Far From Home'



Zulfikar Sy