Nilai Demokrasi Jadi Warisan Terpenting Mendiang Gus Dur Mahfud MD saat menghadiri Haul Gus Dur di Ciganjur (MP/Fadhli)

MerahPutih.Com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengatakan banyak kenangan penting dan bermanfaat yang ditinggalkan almarhum Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Menurutnya peninggalan terpenting yang diwariskan bagi bangsa ini adalah nilai demokrasi yang diperjuangkan Gus Dur.

"Mungkin yang agak relevan untuk sekarang ini kita bicara nilai demokrasi yang diperjuangkan Gus Dur sampai wafatnya karena ini tahun politik kan tahun pemilu bicara demokrasi, Dan saya kira itu terpenting," kata Mahfud MD kepada wartawan saat menghadiri Haul Gus Dur ke 9 di Ciganjur, Jaksel, Jumat (21/12).

Suasana Haul Gus Dur ke-9 di Ciganjur
Ribuan warga Nahdliyin menghadiri Haul Gus Dur (MP/Fadhli)

Dia mengatakan karena perjuangan Gus Dur, setiap warga negara telah mencicipi alam demokrasi, semua orang boleh menyampaikan aspirasi dalam proses demokrasi, kemudian keputusan diambil secara bertanggung jawab.

"Demokrasi bagi Gus Dur ada tiga kunci, pertama kebebasan, setiap orang bebas menyatakan pendapatnya. Kedua kesamaan, setiap orang harus diperlakukan sama. Ketiga, penegakan hukum. Habis itu demokrasi akan hidup," terangnya.

Lebih lanjut, di momen Haul ke-9 ini, Mahfud mengingatkan pesan Gus Dur untuk menjalankan politik yang berdemokrasi. Politik yang harus menuju pada pemanusiaan manusia.

"Sehingga manusia jadi lebih bermartabat, maka kita merdeka. Mari kita berkontestasi dengan baik, kemudian kita selenggarakan negara ini bersama-sama oleh yang menang atau kalah di dalam posisi masing-masing. Saya kira itu yang sering dipesankan oleh Gus Dur," pungkasnya.(Fdi)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Masika ICMI Desak Pemerintah RI Berperan Aktif Gandeng OKI Bantu Muslim Uighur

Kredit : fadhli


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH