Nikmatnya Nasi Krawu Khas Gresik

Luhung SaptoLuhung Sapto - Rabu, 17 Februari 2016
Nikmatnya Nasi Krawu Khas Gresik
Nasi Krawu (Foto gresikkabgo.id)

MerahPutih Kuliner - Jika berjalan-jalan ke Surabaya sempatkan mampir ke Gresik. Jika mendengar nama Gresik yang terlintas di otak kita adalah pabrik semen padahal di sini ada kuliner lezat yang sudah mulai langka.

Di Kota Gresik terdapat kuliner khas namanya nasi krawu. Nasi krawu dibawa orang-orang oleh Madura yang kemudian menetap di Kota Gresik

Campuran lauk nasi krawu adalah daging suwir, serundeng, dan sambel petis belacan. Ada pula tambahannya yaitu Bali belut, bali tahu, babat goreng, babat bumbu kecap, usus goreng, paru goreng, dan semur usus sapi. Bali belut dan semur usus sapi menjadi ciri khas nasi krawu asli. Sebab, dua lauk tambahan ini hanya bisa ditemui di rumah makan tertentu yang penjualnya memang asli dari Madura.

Tambahan lagi, ciri khas nasi krawu ada pada poya merah dan kuning serta mangut. Poya kuning memiliki rasa manis sedangkan poya merah rasanya pedas. Mangut adalah parutan kelapa yang dicampur dengan kluwek. 

Warung nasi krawu yang kondang di Gresik adalah Warung Buk Tiban yang berada di emperan warkop Jalan KH Abdul Karim dan Warung Buk Timan di sebelah Barat pintu Tol Bunder. Warung Buk Timan buka 24 jam. Buk merupakan panggilan khas untuk perempuan asal Madura. 

BACA JUGA:

  1. Ulat Sagu Camilan Bergizi dari Papua, Berani Coba?
  2. Nikmatnya Menu Asam Pedas Ikan Tongkol
  3. Berburu Kuliner Betawi di Festival Lebak Bulus
  4. Pantai Sundak, Tempatnya Wisata Pantai dan Kuliner Laut
  5. Laksan, Kuliner Favorit Khas Palembang

 

#Madura #Kuliner Gresik #Nasi Krawu
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan