Nikmatnya Kuliner Khas Tegal, Wajib Dicoba Sate Tegal kambing muda sangat khas Kota Bahari. (Foto: Pixabay/saesherra)

TEGAL, Kota Bahari begitu julukan kota ini yang berada di perlintasan lalu lintas jalan propinsi pulau Jawa. Jangan hanya melintas di kota ini, kamu harus mencoba berbagai kekhasan kulinernya yang tidak ditemukan di tempat lain.

Tegal terkenal dengan olahan kambing mudanya, jangan pernah melupakan menu yang satu ini. Kambing muda banyak dijajakan di kota ini, pilih salah satu dan nikmatilah. Laman Arah Destinasi memberikan rekomendasi kuliner yang layak kamu coba.

Kambing Muda

sate kambing muda
Sate kambing muda adalah khas Tegal. (Foto: instagram@ud_infirmansyah)

Banyak orang bilang, ke Tegal tanpa makan sate kambing muda belumlah lengkap. Maklum, salah satu makanan khas kota pantai itu, memang sate kambing muda. Rasanya dijamin empuk dan nikmat dengan cocolan kecap, cabe, dan irisan tomat serta bawang merah. Sate kambing Tegal dapat empuk karena daging kambing yang digunakan. Beberapa warung sate kambing yang terkenal menggunakan daging kambing usia tiga bulan. Rahasia lainnya kepiawaian membakar dengan arang. Bakarannya pas, tidak ada yang gosong, dan menghasilkan sate kambing yang empuk.

Kemana makan sate kambing muda di Tegal? Salah satunya di RM Sari Mendo yang terletak di Jalan Teuku Umar, Debong Tengah, Kota Tegal. Tanya saja ke masyarakat lokal, dijamin mereka pasti tahu. Rasa satenya jempolan, empuk dan lembut. Biasanya orang memesan sate dan satu menu berkuah, seperti gulai dan asem-asem. Pelengkapnya kerupuk dan teh poci.

Selain Sari Mendo, banyak rumah makan sate kambing muda lain yang terkenal, di antaranya Warung Sate Batubul Bang Awi, Sate Mendo Wendys, dan sebagainya. Biasanya warung sate di Tegal buka mulai pukul 09.00 sampai lewat tengah malam.

Soto tauco

soto tauco
Soto tauco Tegal lebih terasa ringan. (Foto: instagram@uminaffisah)

Pergilah ke Kelenteng Tek Hay kamu akan menemukan Soto Madi yang menjual soto tauco (Sauto) yang lezat. Rasa soto tauco di Tegal lebih mudah diterima lidah, penggunaan tauconya terasa lebih ringan. Rasanya segar dengan perasan jeruk nipis, sambal, dan kecap. Soto Madi mulai buka sore hari hingga terkadang lewat tengah malam.

Swike

swike
Swike merupakan masakan yang dipengaruhi Tionghoa peranakan. (Foto: instagram@evanpradityaa)

Ini adalah salah satu makanan yang dipengaruhi Tionghoa peranakan di Tegal, seperti halnya sauto. Swike merupakan olahan kodok hijau, dimasak berkuah dengan tauco. Cita rasanya segar dan gurih. Salah satu penjual swike yang terkenal lezat adalah Swike Tumbuh Rasa. Menempati warung sederhana di Jalan Raya Kramat Tegal. Meski tempatnya sederhana, namun pembelinya datang dari beragam status sosial. Swike Tumbuh Rasa buka hingga pukul 19.00.


Ayam kodok

ayam kodok
Butuh keahlian untuk membuat ayam kodok. (Foto: instagram@baked come)

Untuk membuat ayam kodok dibutuhkan keahlian sendiri. Juru masaknya harus dapat mengeluarkan daging ayam tanpa merusak tulang dan kulit utuhnya. Setelah itu, daging ayam diolah dengan tambahan wortel, kacang polong, dan sebagainya, dimasukkan lagi ke dalam perut ayam. Kemudian ditutup kembali hingga menyerupai ayam utuh.

Salah satu penjual ayam kodok adalah RM Dewi di Jalan Kyai Haji Manshur, Tegal. Harganya memang terkesan mahal namun sangat sebanding dengan cita rasa, kesulitan pembuatan, dan porsi satu ayam utuh yang disajikan.

Tahu Aci

tahu aci
Tahu aci yang gurih. (Foto: instagram@mmlovetcg)

Ini adalah makanan yang hukumnya wajib dibeli. Ada dua macam tahu aci, pertama tahu aci biasa yakni tahu potongan segitiga dengan aci gurih di bagian bawahnya. Kemudian tahu pletok yang menampilkan lebih banyak aci. Rasa acinya enak dan gurih, demikian pula tahunya. Penjual tahu pletok mudah ditemui, di antaranya berbagai penjual yang mengusung nama tahu murni Tegal. Di samping itu ada satu gerobak penjual tahu aci di depan mini market Mitra di Jalan Letjend Suprapto. Meski hanya berbentuk gerobak, pembelinya terkadang harus antre. (*)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH