Nikmati Sejuknya Air Terjun di Boyolali, Destinasi Wajib Kunjung! Air terjun di Boyolali masih sangat alami. (Foto: instagram@piknikyuks)

DESTINASI wisata di kabupaten Boyolali Jawa Tengah banyak ragamnya. Wisata alam disini memiliki daya tariknya sendiri. Potensi wisata alam Boyolali sebenarnya sudah menggeliat dan memberikan alternatif wisata yang patut dimasukan dalam daftar liburan kamu.

Ragam destinasi wisata di Boyolali yang menjadi tujuan pelancong adalah air terjun. Disini pelancong dapat memilih tujuan ke salah satu air terjun dari empat air terjun yang populer di warga lokal.

1. Air Terjun Kedung Kayang, air dari Merapi-Merbabu

kedung kayang
Air terjun Kedung Kayang suguhkan pemandangan elok. (Foto: instagram@Pergipedia)


Tempat wisata yang asri dan penuh dengan pemandangan alam ini terletak di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Air terjun dengan ketinggian 39 meter ini terletak di alur sungai Pabelan yang berasal dari Gunung Merbabu dan Gunung Merapi yang sekaligus merupakan sumber air dari air terjun tersebut. Selain murah meriah, tempat wisata ini juga dapat membuat kamu melepas penat setelah melakukan rutinitas di tempat kerja. Kamu juga diperbolehkan untuk mandi hingga foto-foto seru disana.

2. Air Terjun Semuncar, masih sangat alami

semuncar
Cocok untuk para penggila kegiatan alam. (Foto: instagram@fathoucha)

Air terjun yang berlokasi di Desa Candisari, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah ini masih terjaga kealamiannya hingga sekarang. Sementara pengelolaan berada pada warga lokal. Daya tarik air terjun ini adalah lokasinya yang tersembunyi. Bila menyukai kegiatan alam, air terjun ini sangat menantang. Jalur menuju air terjun itu lumayan ekstrim.

3. Air Terjun Jumbleng Biru, ramai di hari libur

jumbleng biru
Kolamnya sangat dalam. (Foto: instagram@sekarhasna)


Jumbleng Biru sendiri menyuguhkan panorama air terjun mini dengan keindahan airnya yang berwarna biru. Warna biru sendiri terbentuk karena kolamnya memiliki kedalaman lima hingga enam meter. Air terjun ini berada di Sungai Sukuh, Dukuh Kemuning, Desa Mudal, Kecamatan Boyolali Kota, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Air terjun Jumbleng Biru ditemukan oleh warga sekitar yang sedang mencari ikan, saat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan terlebih lagi jika hari libur.

4. Air Terjun Watu Abang, airnya menyejukan

watu abang
Airnya sangat menyejukan. (Foto: Instagram@Dolanboyolali)


Air Terjun Watu Abang terletak di Desa Pantaran, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Lokasinya yang tidak jauh dari air terjun Semuncar, membuatnya sering dikunjungi oleh wisatawan. Selain berfoto, kamu juga bisa merasakan segarnya air terjun Watu Abang dengan hanya membayar tiket masuk sebesar lima ribu rupiah. (ver)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH