Nikmati Kesejukan dan Kesegaran Pulau Jawa Kampung Sampireun sejuk lepas dari polusi. (Foto: pegipegi)

Polusi dan hawa yang panas membuat kita suntuk dengan kehidupan perkotaan. Saat waktu liburan menjelang, kita pun akan mencari destinasi liburan yang memiliki atmosfer berbeda dari kehidupan perkotaan. Panorama yang indah serta hawa yang sejuk masih menjadi tujuan para pelancong. Dua hal tersebut bisa kita temui dengan mudah di berbagai sudut di Indonesia. Berikut destinasi wisata yang memiliki hawa sejuk di Pulau Jawa:

1. Kampung Sampireun, Garut, Jawa Barat

kampung sampireun
Kampung Sampireun. (Foto: tripadvisor)

Bagi kalian yang ingin mencari udara segar yang tak jauh dari Jakarta, mampirlah ke Kampung Sampireun. Di sana kita bisa merasakan suasana pedesaan yang indah dan romantis. Letak Kampung Sampireun hanya 70 km dari kota Bandung. Apabila kita ingin menikmati nuansa desa di sana, kita bisa mendapatkan akomodasi yang ramah lingkungan dan bebas polusi. Kampung Sampireun juga bisa dijadikan sebagai lokasi sempurna untuk kalian yang merencanakan bulan madu. Ajak si dia untuk naik perahu mengelilingi danau. Di bawah perahu, banyak ikan-ikan yang akan menemani kita dan si dia. Bosan mengelilingi danau, kau bisa mendaki Gunung Papandayan. Cobalah berkunjung ke kawasan Hutan Mati. Di sana kau bisa menikmati pemandangan sunset yang mengagumkan. Hamparan bunga Edelweis menambah sempurna matahari tenggelam di sana.

2. Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah

dataran tinggi dieng
Dataran tinggi Dieng. (Foto: diengbackpacker)

Dataran Tinggi Dieng terletak di ketinggian 2.093 meter di atas permukaan laut. Hal tersebut membuat wilayah Dataran Tinggi Dieng memiliki iklim sejuk. Di sana banyak spot menarik yang bisa kita kunjungi misalnya Kawah Sikidang. Kawah ini berada di Dieng bagian Timur. Di Kawah Sikidang kita bisa melihat hamparan bukit hijau dan tanah kapur yang diselimuti asap belerang. Selain Kawah Sikidang, spot menarik juga bisa kita jumpai di Puncak Sikunir. Puncak Sikunir merupakan lokasi sempurna bagi kalian yang ingin menikmati sunrise. Sejuk udara Dieng, panorama sekitar Puncak Sikunir dan matahari terbit merupakan kombinasi sempurna!

3. Bandungan dan Ungaran, Semarang, Jawa Tengah

candi gedong songo
Candi Gedong Songo, Bandungan. (Foto: rentalhiacedijogja)

Semarang merupakan kota dengan intensitas matahari cukup tinggi. Hal tersebut membuat sebagian orang mengenal Semarang cukup terik dan panas. Anggapan tersebut tak benar. Salah satu sudut kota Semarang menyimpan daerah yang cukup asri dan sejuk. Daerah tersebut yakni Bandungan dan Ungaran. Berbeda dengan pusat kota Semarang yang ramai dan cukup panas, kawasan Bandungan dan Ungaran memiliki nuansa alam yang jauh berbeda. Di sana kita akan disuguhkan pemandangan dataran tinggi dengan hawa yang sejuk dan asri. Selain itu, daerah ini juga memiliki begitu banyak obyek wisata yang bisa dieksplorasi misalnya Candi Gedong Songo. Candi ini berada di ketinggian 1.297 meter. Kawasan candi ini terdiri dari 9 candi yang tersebar di lereng gunung yang sejuk. Kabut dingin yang turun dari atas gunung membuat komplek candi yang berasal dari abad ke-VIII Masehi ini semakin mistis. Ingin rileks di kawasan ini? Mampirlah ke Pondok Kopi Unggul Sidomukti. Kita bisa merasakan serunya menikmati kopi di atas awan. Bagi kalian yang suka menyatu dengan alam, cobalah sensasi menginap di alam terbuka di Mawar Camping Ground. Jangan lupa membawa baju hangat karena saat malam hari udaranya menusuk tulang.

4. Batu, Malang, Jawa Timur

batu malang
Batu, Malang. (Foto: Wisata Batu Malang)

Berbicara tentang kawasan sejuk, rasanya tak sempurna bila tak menyebut Batu, Malang. Selain sejuk, Batu menawarkan sejumlah tempat rekreasi. Mulai dari museum, taman, hingga restoran unik ada di sana. Batu, Malang hanya berjarak 2 km dari Kota Surabaya. Di Batu terdapat salah satu taman hiburan terbesar di Indonesia yakni Jawa Timur Park yang memiliki wahana berstandar Internasional. Di Jawa Timur Park kita bisa berkunjung ke Museum Angkut yang super artsy dan Batu Secret Zoo. Puas bermain di Jawa Timur Park cobalah singgah ke Batu Night Spectacular. Pemandangan di lokasi yang buka hingga pukul 23.00 tersebut terlihat sempurna di malam hari. Gelapnya langit di malam hari dan lampion berwarna warni membuat kesan romantis. Bagi kalian yang membawa anak-anak, ajarkan anak kalian mencintai alam dengan berjalan-jalan di Kusuma Agrowisata. Di kawasan tersebut, anak-anak bisa memetik buah stroberi, apel atau jeruk. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH