Nikmati Dua Lokasi Wisata Teranyar Kota Bandung Pengunjung sedang menyaksikan Live Dino Show. (Foto: Humas Bandung)

BINGUNG cari lokasi wisata saat mengisi libur sekolah mendatang. Saatnya menengok dua lokasi wisata alternatif berlibur di Bandung. Kampung Wisata Kreatif Cigondewah dan Kiara Artha Park nan baru saja direaktivasi.

Kampung Wisata Kreatif Cigondewah merupakan pusat belanja kain di Kota Bandung, sedangkan Kiara Artha Park sebagai wisata interaktif bagi anak apalagi kini sedang tersaji Live Dino Show.

Baca Juga:

Produsen Susu Siap Perkuat Bisnis UMKM Kopi Kekinian

"Hari ini kita melaksanakan reaktivasi dan launching Kampung Wisata Kreatif Cigondewah. Mudah-mudahan reaktivasi ini kita bisa lakukan untuk pemulihan ekonomi di daerah ini," kata Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, saat meresmikan Kampung Wisata Kreatif Cigondewah, Rabu (22/6).

Kampung Wisata Kreatif Cigondewah merupakan sarana pemberdayaan dan kemandirian masyarakat dalam mengembangkan sumber daya manusia dalam menciptakan kepariwisataan berdaya saing.

Pemkot Bandung akan mengkaji kemungkinan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bandung terkait potensi paket wisata di daerah Cigondewah.

wisata bandung
Penetapan kampung wisata menjadi manfaat bagi pedagang. (Foto: Humas Bandung)

"Harus ada inovasi dan kreatif. Pemkot Bandung hadir menjadikan kawasan ini menjadi paket wisata, kita sudah menjajaki kerja sama dengan KBB (Kabupaten Bandung Barat). Mudah mudahan nanti kita bisa bekerja sama dengan Kabupaten Bandung untuk pariwisata," katanya.

Yana berharap dengan reaktivasi tersebut akan meningkatkan geliat ekonomi, pariwisata, dan budaya di kota Bandung.

"Bersama-sama melakukan proses pemulihan ekonomi, budaya, dan berbagai acara lainnya. Mudah-mudahan pasca-pandemi, kita bisa memulihkan ekonomi di daerah ini," ujarnya.

Baca Juga:

Manis Legit Surabi Khas Sunda

Sementara itu, Kepala Dinas kebudayaan dan pariwisata Kota Bandung Dewi Kenny Kaniasari mengatakan reaktivasi Kampung Wisata Kreatif Cigondewah merupakan implementasi amanat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Reaktivasi tersebut merupakan bagian dari pengembangan delapan kampung wisata di kota Bandung. Saat ini, kata Kenny, Kota Bandung telah memiliki lima kampung wisata kreatif.

"Masing-masing memiliki tema. Braga sejarah dan cagar budaya, Cigadung wisata kreatif, Binong Jati tema kampung rajut, Cinambo kampung wisata literasi, dan sekarang di Cigondewah pusat belanja," kata Dewi.

wisata bandung
Surga kain di Kampung Wisata Kreatif Cigondewah. (Foto: Humas Bandung)

Kampung Wisata Kreatif Cigondewah memiliki sekitar 150 pengrajin dan pengusaha kain serta produk fesyen lainnya.

Salah satu tokoh masyarakat cigondewah, H. Dede menyambut antusias reaktivasi Kampung Wisata Kreatif Cigondewah.

"Alhamdulillah dicanangkan akan dijadikan kampung kreatif belanja kain. Ini bisa menunjang mata pencaharian dan timbul harapan kami bisa semakin maju," kata Dede.

Sementara itu, beralih dari Cigowendah ke Kebonwaru. Beragam hewan purba Dinosaurus dihadirkan di Live Dino Show Kiara Artha Park. Anak-anak hingga dewasa akan disuguhi Tyrannosaurus Rex atau biasa dikenal T-rex, Ticeratops, dan baby Dilaphosaurus.

Semua kawanan Dinosaurus tersebut bisa ditemui di Live Dino Show Kiara Artha Park, dibuka sejak 18 juni 2022 hingga 17 juli 2022.

Live Dino Show bisa ditonton semua kalangan mulai dari pukul 11.00 - 16.30 WIB pada hari Selasa-Jumat.

"Kalau untuk weekend (Sabtu dan Minggu) bisa nonton live dino pukul 11.00, 13.00, 14.30, 16.30, dan 19.00 WIB," jelas Person in Charge (PIC) Live Dino Show Cana.

Tujuan dihadirkannya wahana tersebut untuk mengisi waktu liburan sekolah anak-anak. Mereka bisa melihat pertunjukan robot Dino benar-benar menyerupai aslinya.

Biayanya, pengunjung cukup merogoh Rp75.000 di hari biasa, dan Rp100.000 di akhir pekan. "Biasanya suka ada promo juga. Silakan dicek di akun Instagram Kiara Artha Park," ucapnya.

Selain Live Dino Show, ada satu wahana seru harus dicoba juga. Ya! Lollipop's. Wahana bernuansa olahraga gimnastik tersebut, tersaji arena trampolin park, papan boulder, ninja warrior, dan perosotan panjang.

Operational Manager Lollipop's Agus Kristianto memaparkan wahana tersebut buka dari pukul 10.00 - 21.00 WIB. Salah satu nilai plus dari trampolin park terdapat Olympic Trampolin dengan biaya Rp100.000 dan pendamping membayar Rp30.000.

Setelah memacu adrenalin di wahana trampolin, pengunjung bisa berkeliling Kiara Artha Park menggunakan skuter, sepeda, atau sepeda listrik kecil.

Saat main Kiara Artha Park, kurang lengkap rasanya kalau tak mampir ke Kampung Korea. Pengunjung akan disambut mulai dari pernak-pernik sampai jajanan rasanya seperti masuk dalam Drama Korea. Ada tempat penyewaan jasa Hanbok (pakaian tradisional Korea) juga untuk jadi pelengkap foto.

Setelah seharian berkeliling, saatnya mengisi perut di pusat jajanan "Local Pride". Pilihannya juga beragam, ada makanan khas Bandung, makanan Jepang, sampai makanan Barat. (Imanha/Jawa Barat)

Baca Juga:

Muncul di Film, Makanan ini Jadi Hit

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Peristiwa Konflik Taruna dan Mahasiswa, Picu Demonstrasi Besar di Kota Yogyakarta
Fun
Peristiwa Konflik Taruna dan Mahasiswa, Picu Demonstrasi Besar di Kota Yogyakarta

Pemukulan yang memicu terjadinya demonstrasi besar-besaran.

Terungkap, Ini Alasan Ilmiah Hiu Menyerang Manusia
Fun
Terungkap, Ini Alasan Ilmiah Hiu Menyerang Manusia

Mengapa mereka selalu digambarkan sebagai makhluk buas yang siap menerkam siapa pun di air?

Mix and Match Busana Rajut Tren 2022
Fashion
Mix and Match Busana Rajut Tren 2022

Busana rajutan tak berbatas waktu.

Kenali Tanda-Tanda 'Emotionally Abusive Relationship' Menurut Psikolog
Fun
Kenali Tanda-Tanda 'Emotionally Abusive Relationship' Menurut Psikolog

Jangan abaikan red flag pada 'Emotionally Abusive Relationship.

Dipuji Duet Kate Middleton dan Tom Walker pada Konser Natal
ShowBiz
Dipuji Duet Kate Middleton dan Tom Walker pada Konser Natal

Kate middleton berduet dengan penyanyi Skotlandia, Tom Walker.

Volume Semen Tak Selalu Harus Berlimpah ketika Ejakulasi
Fun
Volume Semen Tak Selalu Harus Berlimpah ketika Ejakulasi

Volume semen tidak menentukan kejantanan seorang pria.

Persaingan Ketat 5 Pembalap Top Formula E di Hajatan Jakarta E Prix, Siapa Saja?
Hiburan & Gaya Hidup
Terasa Pegal Ketika Bangun Tidur? Atasi dengan Ini
Fun
Terasa Pegal Ketika Bangun Tidur? Atasi dengan Ini

Tidur sangat mempengaruhi kesehatan tubuh

Jennifer Lawrence Memang Cocok Jadi Ibu
ShowBiz
Jennifer Lawrence Memang Cocok Jadi Ibu

Jennifer Lawrence sering berperan jadi ibu di film.