Nikmat dan Sehat, 5 Minuman Ini Bikin Tidur Kamu Nyenyak Insomnia bisa dilawan dengan mudah (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures).

RUTINITAS harian tentu membuat sebagian besar orang lelah di malam hari. Karena itu, mendapatkan tidur yang nyenyak, tenang, dan nyaman pasti diidam-idamkan oleh mereka.

Orang dewasa disarankan tidur 7-9 jam berturut-turut, agar tubuh dan pikiran pulih. Namun, jika kamu sulit tidur, jangan khawatir, untungnya ada solusi alami yang dapat membantu tidur lebih cepat dan nyenyak.

Dilansir dari laman brightside.me, berikut lima minuman yang membantu kamu mendapatkan tidur malam yang nyenyak dan menyegarkan saat bangun di pagi hari:

Baca juga:

Aneh Tapi Nyata, Coba Cara Ini Untuk Atasi Insomnia

1. Susu hangat

Susu hangat dapat menghasilkan tidur nyenyak (Foto: Pixabay/stevepb)

Susu hangat adalah salah satu pilihan terbaik untuk menghasilkan tidur yang nyenyak dan nyaman. Susu hangat mengandung triptofan yang meningkatkan serotonin di otak, suatu zat yang memberi perasaan bahagia dan sejahtera.

Hormon melatonin diproduksi lebih banyak dalam kondisi ini. Hormon ini sangat penting karena mampu membantu kamu tidur, bahkan berlaku untuk pengidap insomnia kronis.

2. Jus ceri

Jus ceri dapat mengobati insomnia (Foto: Twitter/@kimlyvietnam01)

Sama seperti susu, jus ceri juga mengandung triptofan. Oleh karena itu, dapat menghasilkan hormon melatonin, sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur kamu.

Jus ini telah diuji dalam beberapa penelitian untuk mengobati insomnia, dan telah terbukti menjadi salah satu pilihan paling efektif untuk melawannya. Akibatnya, peminumnya dipastikan mendapat lebih banyak jam istirahat di malam hari.

3. Santan

Selain mengatasi insomnia, santan juga mengurangi tekanan darah (Foto: Pixabay/LisaRedfern)

Santan mengandung magnesium dan potasium. Dua mineral tersebut mampu mengendurkan otot dan memastikan tidur yang nyenyak. Selain itu, santan dapat mengurangi tekanan darah dan pembengkakan di ginjal. Berkat elektrolit alami dalam jumlah besar, ini membantu keseimbangan tubuh dan bersantai.

Baca juga:

Ini Perbedaan Insomnia dengan Hipersomnia

4. Smoothie pisang

Pisang memiliki efek menenangkan (Foto: Twitter/@foodiesfocus).

Dilansir dari laman healthline.com, selain mengandung triptofan, pisang juga mengandung dua mineral utama untuk relaksasi otot, yakni kalium dan magnesium. Buah ini memiliki efek menenangkan yang bekerja secara integral dan mengurangi stres fisik. Selain itu, jumlah serat dan karbohidratnya mengisi perut dan menyebabkan rasa kenyang, sehingga meningkatkan keinginan untuk tidur.

5. Teh hijau tanpa kafein

Nikmati teh hijau tanpa kafein untuk melawan insomnia (Foto: Pixabay/Free-Photos).

Teh hijau kaya akan asam amino yang disebut theanine. Seperti yang dilansir dari laman lull.com, kandungan ini meningkatkan relaksasi dan melepaskan stres fisik. Kamu pun dapat tidur dengan nyenyak di malam hari. Meskipun teh hijau biasa mengandung kafein, kamu bisa mengonsumsi varietas yang bebas kafein ketika ingin menikmati teh yang beraroma untuk bersantai di malam hari.

Jadi, kamu mau mencoba minuman yang mana malam ini? (arb)

Baca juga:

Tak Ingin Insomnia? Hindari Makanan Berikut


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH