Nike Kuasai Final Piala Dunia, Adidas Tertunduk Malu Kroasia dan Inggris, dua tim yang berlaga di semifinal dan sama-sama disponsori Nike. Foto: FIFA

MerahPutih.com - Final Piala Dunia 2018 antara Prancis lawan Kroasia bukan hanya mempertemukan dua tim Eropa tetapi juga bukti supremasi Nike di atas rival berat mereka Adidas.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, pabrikan olahraga asal Amerika itu akan menyediakan perlengkapan untuk dua tim finalis Piala Dunia, Prancis dan Kroasia. Kemenangan signifikan bagi Nike, karena saingannya, Adidas, merupakan mitra lama dan terkemuka FIFA dan Piala Dunia.

"Kami sudah memiliki tiga dari empat tim yang masuk semifinal dan kemudian dua tim kami mencapai putaran final, yang merupakan pertama kalinya bagi Nike," kata Elliot Hill, Presiden Nike bidang konsumen dan pasar, dilansir Antara, Jumat (13/7).

Pemain Prancis Samuel Umtiti
Pemain Prancis merayakan lolosnya mereka ke Final Piala Dunia Rusia (Foto: FIFA.com)

Dari empat yang berlaga di semifinal lalu hanya Belgia yang menggunakan kostum dari Adidas. Sedangkan, Inggris, Kroasia dan Prancis semuanya disponsori Nike.

"Kami sudah bermain sepak bola selama lebih dari 20 tahun, dan ini adalah pertama kalinya kami mendapatkan final semuanya Nike dengan kedua tim memakai produk Nike," imbuh petinggi Nike itu.

Adidas selaku sponsor utama FIFA merupakan penyumbang terbanyak kostum negara peserta Piala Dunia kali ini. Perusahaan peralatan olahraga asal Jerman itu mensponsori 12 dari 32 tim perserta.

Timnas Swedia, satu-satunya tim semifinalis Piala Dunia 2018 yang disponsori Adidas (Zimbio)

Hanya saja, Adidas harus menerima fakta klien mereka yang paling diunggulkan Jerman tersingkir awal di babak penyisihan grup. Hanya delapan tim yang disponsori Adidas melaju ke babak 16 besar.

Sebaliknya, Nike hanya menyuplai peralatan olahraga untuk 10 tim. Dari produsen lain, Puma menyediakan perlengkapan untuk empat tim, New Balance untuk dua dan Errea, Hummel, Uhlsport dan Umbro masing-masing satu tim. (*)



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH