Fashion

Nike ISPA Drifter, Padukan Corak Indigo Khas Jepang dengan Gaya Kontemporer

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Selasa, 31 Agustus 2021
Nike ISPA Drifter, Padukan Corak Indigo Khas Jepang dengan Gaya Kontemporer
Kombinasi unsur modern dan tradisional dalam corak sepatu indigo Nike terbaru. (Foto: Nike)

MENGAPA harus memilih klasis atau modern jika bisa mendapatkan keduanya? Prinsip inilah yang diterapkan oleh Nike Jepang. Sejak didirikan pada tahun 2018, divisi inovatif, eksperimental, dan cutting-edge ISPA dari Nike telah memperkenalkan sejumlah siluet sepatu eksentrik nan keren.

Dengan empat filosofi utama yakni Improvise, Scavenge, Protect, dan Adapt, ISPA berencana meluncurkan lini koleksi terbarunya yang menggabungkan unsur modern dan tradisional Jepang.

Baca juga:

Desain Sneakers Terbaik di Paruh Pertama 2021

Nike ISPA Drifter, Padukan Corak Indigo Khas Jepang dengan Gaya Kontemporer
Bentuknya terinpsirasi dari tabu, kaos kaki tradisional Jepang. (Foto: Nike)

Disebut sebagai ISPA Drifter indigo, sepatu kets ini menggabungkan konstruksi tabi, kaus kaki split tradisional serta pewarna dari fermentasi tanaman nila asal Jepang.

Mengutip laman Hypebeast, tumbuhan itu merupakan hasil budidaya BUAISOU, kelompok spesialis produksi warna indigo alami yang berada di Prefektur Tokushima, Jepang.

Untuk IPSA Drifer Indigo, studio itu berfokus pada penggunaan teknik tradisional yang diturunkan dari satu generasi ke generasi. Sebuah daya tarik yang sangat memikat terutama bagi mereka yang menyukai keahlian sejarah.

Tak seperti sepatu umumnya, bagian jari kakinya dibuat terbelah biar semakin mirip dengan tabi. Kemudian sol luar dan suede terbuat dari gabus sedangkan bagian atas sneaker menggunakan rami.

Rami juga jadi sebuah sentuhan yang bagus karena itu adalah bahan utama yang digunakan untuk waraji atau alas kaki seperi sandal yang dipakai masyarakat Jepang pada periode abad pertengahan. Jadi ada unsur kuno yang justru membuatnya semakin menarik.

Baca juga:

Sneakers Hypebeast dari Nike x Louis Vuitton Air Force 1

Nike ISPA Drifter, Padukan Corak Indigo Khas Jepang dengan Gaya Kontemporer
Teknik pewarnaan yang khas membuat setiap satu menjadi unik. (Foto: Nike)

Kerennya lagi, proses pewarnaan yang sepenuhnya menggunakan tangan membuat setiap sepatu jadi sangat unik tiada duanya. Sebab tidak ada corak atau pola yang sama meskipun dicelup ke dalam warna biru tua yang sama.

Bagian outsole dan midsole memiliki corak warna plum. Sementara bagian upper layer dihiasi dengan aksen sulaman berbentuk tanda tambah. Biar sedikit berwarna, ISPA mewarnai bagian tongue dan heel tab dengan warna putih sehingga muncul hasil yang kontras yang membuatnya jadi terlihat lebih keren.

Menurut rencana, ISPA Drifter Indigo tersedia mulai 31 Agustus 2021. Harga satu pasangnya dikenakan 60.500 yen atau sekitar Rp7,8 juta.

Sebenarnya ini bukan kali pertama sebuah merek menggabungkan konsep modern dan tradisional. Sebelumnya, Asics pernah membuat sepatu Ykiyo-e x Manga untuk Tokyo Marathon 2021. Mereka menyatukan ekspresi yang sering ada dalam komik dengan gambar ukiyo-e buatan Utagawa Hiroshige.

Sepatu itu menampilkan desain Gunung Fuji dari Fine Wind, Clear Morning terkenal di bagian tumit. Ditambah gradasi biru tua di bagian solnya. Sedangkan pada bagian atas ada tulisan Tarther dan Byu yang diterjemahkan sebagai zoom atau whoosh. Dicetak dalam jenis huruf yang biasanya ada dalam manga.

Jadi buat kamu yang kebetulan seorang sneakerhead sejati, koleksi yang terinspirasi dari budaya tradisional Jepang ini mungkin bisa jadi pilihan. (sam)

Baca juga:

4 Sneakers Air Jordan Terbaik September 2021, Termasuk Kolaborasi Billie Eilish?

#Sepatu #Sneakers #Sepatu Unik #Nike
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan