Musik

'Night At The Orchestra' Persembahan Dewa 19 Pukau Bala Dewa dan Dewi

Dwi AstariniDwi Astarini - Minggu, 11 Desember 2022
'Night At The Orchestra' Persembahan Dewa 19 Pukau Bala Dewa dan Dewi
Duet Reza Artamevia dan Ahmad Dhani buka konser 'Dewa 19: Night At The Orchestra'. (Foto: Merahputih.com/Febrian Adi)

WALAUPUN hujan mengguyur, antusiasme para bala dewa dan bala dewi untuk menyaksikan konser Dewa 19: A Night At The Orchestra di Jakarta International Velodrome, Sabtu (10/12) malam, tak surut.

Sejak pukul 17.00, para bala dewa dan dewi berbalut busana rapi mengantre. Para pria terlihat sleek memakai atasan jas atau batik berpadu celana kain serta sepatu. Seolah mengimbangi, para perempuan memakai dress panjang dan high heels. Busana rapi jadi dresscode dari pihak penyelenggara.

BACA JUGA:

Dewa 19 Gelar Konser Megah Bertajuk 'A Night At The Orchestra Episode 2'

Tak hanya rapi dalam urusan berpakaian. Penempatan posisi duduk pun sudah diatur sedemikian rupa demi kelancaran selama konser berlangsung. Pintu dibuka pada pukul 18.00 WIB. Para penonton dengan tertib memasuki venue, langsung mengisi kursi yang disediakan.

Dewa 19
Dewa 19 hadirkan empat penyanyi sekaligus dalam konser 'Night At The Orchestra'. (Foto: Merahputih.com/Febrian Adi)

Ruangan Velodrome terlihat penuh di malam istimewa ini. Sorot lampu seketika gelap. Beberapa saat kemudian, Reza Artamevia membelah keheningan dengan lagu pembuka Aku Wanita.

Para penonton bersorak menyambut kehadiran penyanyi bersuara indah tersebut. Tepuk tangan menggema seantero stadium. "Dari lubuk hati saya ucapkan terima kasih untuk semua yang datang malam ini. Sepanjang karier saya, mungkin ini merupakan penampilan saya paling feminin," ujar Reza kepada para penonton.

Ya, Reza memang tampil berbusana dress silver lengkap dengan hiasan permata pada gaun dan kepalanya. Tampak feminin nan anggun.

Reza membawakan beberapa tembang andalan mulai dari Takkan Lagi, Satu Yang Tak Bisa Lepas, Keabadian hingga Pertama. Setelah menampilkan beberapa lagu, Reza mengundang Ahmad Dhani untuk berduet dalam lagu yang begitu spesial sebelum mengakhiri penampilannya.

"Saya akan memanggil sahabat saya di dunia musik, seorang maestro cerdas yang akan berduet dengan saya membawakan lagu Biar Menjadi Kenangan," kata Reza sebelum memanggil Ahmad Dhani.

BACA JUGA:

Dewa 19 Akan Guncang Candi Prambanan

Selesai penampilan Reza Artamevia, tirai kembali ditutup. Beberapa menit kemudian, tirai terbuka dan terdengar dengan jernih suara dari gesekan biola membawakan lagu Roman Picisan. Penyanyi Once Mikel memasuki panggung seraya menyanyikan lagu tersebut dengan begitu khatam.

"Selamat malam semuanya, sangat bangga sekali kami (Dewa 19) bisa menggelar konser istimewa ini dengan format orkestra," jelas Ahmad Dhani yang saat berada di atas panggung.

Konser 'Dewa 19: Night At The Orchestra' menghadirkan total 54 pemain orkestra serta 20 choir. Tak hanya itu, para penyanyi hingga pemain band pun kompak memakai setelan tuxedo hitam. Di pertengahan penampilannya, Dhani mendadak memanggil para penyanyi yang tampil di konser ini ke panggung. Ari Lasso, Virzha, Once Mekel, dan Reza Artamevia terlihat di panggung.



"Semuanya tolong naik ke panggung, kita akan menghening cipta. Sebuah lagu untuk mengenang jasa Freddie Mercury," pungkas Dhani sebelum lagu hit sepanjang masa milik Queen berjudul Bohemian Rhapsody oleh para pemain orkestra.

Bohemian Rhapsody kemudian dibawakan secara orkestra dengan begitu indah tanpa adanya satu lirik pun terdengar. Para penampil dan penonton di bawa begitu khusyuk mendengarkan nada demi nada dari instrumen tersebut.

Setelahnya, beberapa tembang Dewa 19 dibawakan para penyanyi malam itu, seperti Marcello Tahitoe membawakan Pangeran Cinta, Elang, Risalah Hati hingga Sudah. Kemudian Virzha membawakan tembang Kirana, Kangen sampai Selimut Hati. Lalu Once Mekel yang membawakan Dua Sejoli, Satu hingga Pupus.

dewa 19
Lebih dari 20 lagu dibawakn oleh Dewa 19 pada konser istimewa tersebut. (Foto: Merahputih.com/Febrian Adi)

Ari Lasso tampil memberikan kejutan. Ia membawakan single terbarunya secara perdana dalam konser istimewa ini. "Kalian merupakan yang pertama dan bisa jadi mencatatkan sejarah untuk mendengarkan lagu pertama saya bersama Dewa 19 setelah 29 tahun lamanya," kata Ari Lasso kepada para penonton malam itu.

Sebuah lagu baru bertajuk Tangis Terakhir diperkenalkan secara perdana kepada para penonton serta bala dewa dan bala dewi. Lagu itu seakan menjadi kado manis dari Ari Lasso.

Konser 'Dewa 19: Night At The Orchestra' ditutup dengan lagu dari debut album Dewa 19 (1993) berjudul Kangen. Para penonton terlihat mulai berdiri dari kursi masing-masing seraya menyanyikan lagu tersebut sedari awal hingga akhir.

Lewat konser 'Dewa 19: Night At The Orchestra', Ahmad Dhani membawakan elemen baru atau mungkin pertama dalam industri musik Indonesia, terutama dari segi gelaran konser dalam format berbeda.(far)

BACA JUGA:

Naik Kelas Dewa 19 Usung Formasi Lengkap Perayaan 30 Tahun Bermusik

#Musik #Dewa 19
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan