Nieto Rebut Etape Keempat Tour de Flores Sejumlah warga Manggarai Timur berfoto bersama pebalap asal Spanyol Edgar Nohales Nieto (tengah) setelah memenangkan Etape 4 Balap Sepeda Tour de Flores (TDF) 2017. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

MerahPutih - Etape keempat sejauh 170,9 kilometer yang merupakan tahapan terpanjang pada lomba balap sepeda jalan raya internasional Tour de Flores (TDF) 2017, dari Kota Mbay ke Kota Borong di Pulau Flores, NTT, Senin (17/7), akhirnya direbut oleh pebalap asal Spanyol Edgar Nohales Nieto.

Pebalap yang berlomba di bawah bendera tim 7-Eleven Cycling Filipina tersebut masuk finis pertama di Kota Borong, Kabupaten Manggarai Timur, dengan catatan waktu empat jam 47 menit 29 detik.

Ia unggul 53 detik dari saingan terdekatnya yang merupakan juara Tour de Flores 2016, Daniel Whitehouse dari tim CCN Laos, yang harus puas di tempat kedua.

"Saya sangat senang. Mungkin Anda menyangka saya hanya berjuang pada satu kilometer terakhir, tapi sebenarnya saya berjuang sepanjang 170 kilometer ini," kata Nieto kepada wartawan usai lomba tersebut.

Sementara itu manajer tim 7-Eleven, Ricardo Rodriguez mengakui etape keempat merupakan yang terberat dan tersulit, serta lintasannya cukup berbahaya.

Namun, para peserta sepanjang jalan juga disuguhi panorama indah penggunungan dan juga desa-desa adat yang tersebar di Kabupaten Manggarai Timur dan Ngada.

Di antara lintasan yang cukup menantang adalah jalanan penuh tikungan menurun di kawasan Aimere, di mana ada sekitar 300 tikungan di jarak menurun 30 kilometer.

Satu kilometer menjelang finis, para besar juga masih dihadapi dengan rute tanjakan hingga garis akhir, di mana mereka disambut oleh warga Kabupaten Manggarai Timur, termasuk Bupati Yoseph Tote.

Peringkat tiga diraih rekan setim Whitehouse, Samuel Volkers asal Australia dengan selisih +00:53 dari Nieto.

Sebanyak 67 pembalap menjalani etape keempat, berkurang empat dari 71 pembalap etape sebelumnya.

Sejak awal lomba, Nieto dan Whitehouse berusaha memisahkan diri dari peleton. Mereka didampingi pembalap asal Korea Selatan (Korsel) Hyosuk Gong dari Terengganu Cycling Team (Malaysia). Dalam 50 kilometer pertama, Nieto sempat memimpin empat pembalap yang melaju di depan. Selisih waktu mereka dengan peleton melebar sampai 11 menit.

Setelah turunan sepanjang 34 kilometer dengan 311 kelokan tajam antara Bajawa dan Aimere, kelompok pengejar mulai memisahkan diri dari peloton untuk mempersempit jarak ke para pembalap di depan.

Namun, mereka tidak mampu menembus dominasi Nieto dan Whitehouse yang terus bersaing sampai garis finis.

Sementara pebalap Indonesia pada etape ini sulit bersaing dengan peserta luar negeri. Peringkat terbaik tuan rumah pada etape empat adalah Muhammad Imam Arifin dari KFC Cycling Team Indonesia, yang menempati urutan ke-10.

Pimpinan klasemen setelah empat etape ini sementara ditempati pebalap Kinan Cycling Team (Jepang) Thomas Lebas, yang finis di urutan keempat. (*)

Sumber: ANTARA


Tags Artikel Ini

Yohannes Abimanyu

LAINNYA DARI MERAH PUTIH