Nicke Widyawati Masuk Daftar 14 Perempuan Kontemporer WIPO

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Selasa, 25 April 2023
Nicke Widyawati Masuk Daftar 14 Perempuan Kontemporer WIPO
Nicke Widyawati masuk ke dalam 14 wanita kontemporer yang dirayakan oleh WIPO. (Foto: okzn)

MASIH ingat perseteruan yang terjadi antara Ahmad Dhani dan Once mengenai royalti? Hak kekayaan intelektual (HKI) bahkan di kalangan musisi legendaris pun masih minim awareness. Untuk itu, setiap 26 April diperingati sebagai World Intellectual Property Day (WIPO Day) untuk meningkatkan kesadaran tentang hak kekayaan intelektual (HKI) dan perannya dalam mendorong inovasi serta kreativitas.

Di 2023, WIPO secara khusus membawakan tema “Women and IP: Accelerating Innovation and Creativity” dengan mengangkat 14 perempuan dari berbagai bidang di seluruh dunia.

14 perempuan tersebut terdiri dari Koffee, Kiran Mazumdar-Shaw, Angelique Kidjo, Melanie Perkins, Lupita Nyong’o, Ozlem Tureci, Susan Wojcicki, Omowunmi Sadik, Rosalia, Olga Tokarczuk, Bernardine Evaristo, Beyonce, Emmanuelle Charpentier, dan dari Bumi Pertiwi ada Nicke Widyawati.

Baca juga:

Patahkan Stereotipe, Perempuan Ambil Bagian dalam Hobi Bermotor

Tema WIPO Day 2023 adalah “Women and IP Accelerating Innovation and Creativity”. (Foto: WIPO)

Dari berbagai nama asing, Nicke Widyawati berhasil masuk menjadi salah satu dari 14 perempuan kontemporer. Ini bukanlah pertama kalinya nama Nicke didengar oleh kancah internasional. Sebelumnya pada 2022, mengutip laman Pertamina, dirinya masuk ke dalam daftar 100 wanita berpengaruh dunia (The World’s 100 Most Powerful Women) Forbes dengan menduduki peringkat 49.

Lantas, bagaimana Nicke bisa sangat dikenal sebagai perempuan berpengaruh? Pada usia 21 tahun ketika masih menempuh pendidikan sarjana di Bank Duta cabang Bandung, ia memulai karirnya dengan bekerja di PT. Teknik Industri.

Saat berada di sana, ia terlibat dalam beberapa proyek kerjasama dengan Pupuk Sriwijaya di beberapa kota seperti Palembang, Lhokseumawe, Cilegon, dan juga Malaysia.

Nicke kemudian melanjutkan kariernya dengan bergabung di Mega Eltra, sebuah perusahaan milik negara yang bergerak di bidang ketenagalistrikan, dan berhasil menjadi direktur utama perusahaan tersebut.

Baca juga:

Hari Kartini, Peselancar Perempuan di Bali Pakai Kebaya

Nicke Widyawati masuk ke dalam urutan 49 wanita paling berpengaruh di dunia versi Forbes. (Foto: Pertamina)

Setelah bergabung dengan Mega Eltra, ia dipanggil untuk bergabung dengan PT. PLN sebagai Direktur Pengadaan Strategis I pada 2014. Tiga tahun kemudian, pada 2017, ia memulai karirnya di Pertamina sebagai Direktur Sumber Daya Manusia dan kemudian menjabat sebagai Direktur Logistik, Supply Chain, dan Infrastruktur.

Hanya selang beberapa bulan setelah menjabat, ia diangkat sebagai Direktur Utama merangkap Direktur Sumber Daya Manusia hingga saat ini. Kariernya yang terus menanjak membuatnya menjadi sosok yang dihormati dan diperhitungkan di dunia industri.

Akan keberhasilannya membawa Pertamina menjadi salah satu perusahaan terbaik di bidang migas, Nicke sangat dihormati dan menjadikannya salah satu wanita paling berpengaruh di dunia. (kmp)

Baca juga:

Yacko Dedikasikan Lagu untuk Seluruh Seniman Perempuan

#APRIL FLEXING SEBANGSA #Perempuan #Perempuan Indonesia #Hak Kekayaan Intelektual
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan