Niat PSI Bakal Terealisasi, 15 Anggota DPRD Tanda Tangan Hak Interpelasi

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 19 Agustus 2021
Niat PSI Bakal Terealisasi, 15 Anggota DPRD Tanda Tangan Hak Interpelasi
Aspal yang diuJicobakan untuk perhelatan balap mobil Formula E di kawasan Tenggara Monas, Jakarta, Sabtu (22/2/2020). (ANTARA/HO-OC Formula E)

MerahPutih.com - Rencana Fraksi PSI DPRD DKI menggulirkan Hak Interpelasi nampaknya bakal terealisasi. Sebab niatan itu didukung sejumlah Legislator Kebon Sirih dengan bentuk tanda tangan.

Sejauh ini, Delapan anggota PSI DPRD DKI telah menandatangani berkas pengajuan hak interpelasi Formula E, menyusul langkah yang diinisiasi Fraksi PDIP.

Baca Juga:

Ajukan Hak Interpelasi Formula E, Ini Tahapan yang Harus Dijalani PSI

"Pengajuan hak interpelasi ini merupakan sikap partai yang sudah dibahas secara mendalam dalam 2 tahun terakhir baik dari urgensi maupun dari prioritas anggaran. Ini masih langkah awal dan kita akan tunggu kelanjutannya," ujar Ketua Dewan Pimpinan PSI DKI Michael Victor Sianipar.

Michael menegaskan, PSI bakal terus berkomitmen mengawal uang rakyat agar tidak dihambur-hamburkan. Interpelasi ini diajukan karena DPRD DKI segera akan melakukan pembahasan Rancangan Perubahan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Perubahan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) 2021 serta KUA PPAS 2022.

"Interpelasi menjadi sangat penting, apakah Formula E ini mau dianggarkan atau tidak pada anggaran mendatang. Kalau ternyata Formula E disetujui maka anggarannya harus disusun, kalau tidak maka anggarannya bisa dialihkan untuk kegiatan prioritas lain," tambahnya.

Michael berharap, proses pengajuan hak interpelasi bisa dituntaskan pada Agustus ini dan dibahas sebelum masa pembahasan anggaran.

"Ini masalah prioritas anggaran, kalau Formula E diputuskan batal maka Anggaran Formula E sebesar Rp 767,4 Miliar bisa dialokasikan untuk kegiatan prioritas yang lain. Uang yang sudah disetor juga bisa segera ditarik kembali," imbuhnya.

Sementra itu, Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Ima Mahdiah mengatakan, sudah ada 7 orang yang sudah menandatangani dukungan Hak Interpelasi Formula E. Kata dia lagi, tak menuntut kemungkinan akan ada lagi dukungan dari fraksinya.

"Kalau fraksi PDI Perjuangan prinsipnya ini masalah teknis aja. Tapi kita berusaha untuk fraksi-fraksi lain ikut serta," ucapnya.

Mantan staf Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok ini mengaku, kalau Fraksi PDIP sudah mengajak fraksi lain untuk bergabung menggunakan Hak Interpelasi tersebut.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Antara)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Antara)

"Saya sudah sampaikan ke Golkar, temen yang lima lain juga ada yang menyampaikan ke Gerindra, Demokrat dll. Kita saling berbagi tugas aja," ujarnya.

Dengan bergabungnya 7 anggota Fraksi PDI Perjuangan cukup sudah PSI mendorong Hak Interpelasi. Artinya sudah ada 15 Legislator Kebon Sirih digabung 8 Fraksi PSI yang mendukung Hak Interpelasi.

Mengacu pada Peraturan DPRD DKI Jakarta Nomor 1 tahun 2014 tentang Tata Tertib DPRD DKI Jakarta, hak interpelasi dapat direalisasikan paling sedikit diusulkan oleh 15 anggota DPRD. Kemudian, usulan tersebut harus disampaikan lebih dari satu fraksi. (Asp)

Baca Juga:

Soal Rencana Interpelasi Formula E, Wagub DKI: Bisa Diskusikan Bersama

#Anies Baswedan #Formula E #PSI
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan