Ngopi Santai di S.M.I.T.H 2.0 Tidak Boleh Dilewatkan Siapapun S.M.I.T.H 2.0 tawarkan kedai kopi yang sangat cozy (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

SEPERTI biasa. Suasana hari ini, Selasa (16/10) di Jakarta sangat panas. Suhunya mungkin hampir 30 derajat celcius. Rasanya ingin mencari tempat untuk berteduh. Coffee shop atau kedai kopi bisa jadi pilihan tepat.

Beruntung, merahputih.com sedang mampir di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan. Tepatnya di jalan Gandaria 1. Di jalanan yang ramai dengan kendaraan yang berlalu lalang itu ada satu kedai kopi yang cukup menarik perhatian: S.M.I.T.H Coffee Bar.

Ya, kedai kopi yang satu ini merupakan cabang kedua dari kedai kopi S.M.I.T.H Coffee Bar Roastery atau S.M.I.T.H 1.0. Karena itu gerai kedua ini diberi nama dengan S.M.I.T.H 2.0.

Tampak dari depan, desain eksterior S.M.I.T.H Coffee Bar sangat keren. Perpaduan warna hitam putih dan dinding dengan konsep unfinished semakin menekankan tema industrial. Di bagain depan juga terdapat kaca yang cukup besar. Sehingga tampak terlihat suasana di dalam kedai tersebut. Tidak lupa, logo khas kedai tersebut, gambar tengkorak dengan tulisan Shoot Me In The Head (S.M.I.T.H).

S.M.I.T.H 2.0 tampak dari depan (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Lahan parkir kedai tersebut juga cukup luas. Setidaknya bisa memarkir 4-5 mobil dan beberapa sepeda motor. Tanpa berpikir panjang, merahputih.com pun langsung mampir ke kedai tersebut. Suasana di dalam memang sangat nyaman. Seperti halnya sebuah kedai kopi. Tentu ada pendingin ruangan yang siap untuk mengusir gerahnya cuaca Jakarta. Sangat sejuk dan cozy.

Kedai ini didirikan oleh tiga ahli kopi yaitu, Muhammad Aga, Rendy Anugrah Mahesa dan Cindy Herlin Marta.

Perubahan konsep dengan pencahayaan alami

Nah, kamu yang pernah mampir ke S.M.I.T.H 1.0 di kawasan Duren 3, Jakarta selatan pasti agak sedikit terkejut dengan gerai kedua kedai kopi ini. Sangat berbeda.

Penerangan ruangannya tampak alami langsung dari cahaya luar yang menembus kaca. karena itu, desainnya memang sengaja menempatkan kaca berukuran besar. Berbeda dengan S.M.I.T.H 1.0 yang pencahayaannya lebih redup. "Di sini kita memang ingin memanfaatkan pencahayaan alami," ujar Nindy Sabrina Haq, Marketing Communication S.M.I.T.H Coffee Bar & Roastery kepada merahputih.com.

S.M.I.T.H 2.0 mengandalkan penerangan alami melalui cahaya luar (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Penerapan konsep interior terbaru ini memang memiliki maksud. S.M.I.T.H 2.0 ingin memiliki segmen pelanggan yang berbeda. Dengan suasana tempat yang lebih terang dan luas, S.M.I.T.H 2.0 mencoba menarik pelanggan bukan hanya dari kalangan pria saja. Sekarang pelanggan S.M.I.TH 2.0 lebih luas seperti wanita, anak muda, hingga ibu-ibu dan keluarganya. "Kita memang ingin cari segmen pasar yang berbeda. Kalau di S.M.I.T.H 1.0 itu kan lebih ke gentleman banget" tambah Nindy.

Espresso Bar (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Di lantai satu ini terdapat dua bar. Bar pertama ialah espresso bar yang terletak langsung setelah pintu masuk. Sehingga pengunjung yang datang bisa langsung memesan minuman coffee dan non coffee di area bar espresso tersebut yang juga merangkap area kasir.

Di espresso bar kamu juga bisa memesan menu makanan yang terdiri dari main course dan appetizer yang lezat. Sementara bar kedua dengan konsep open bar yang menjadi tempat untuk membuat kopi manual brew.

Untuk furnitur di lantai satu ini juga menekankan konsep industrial. Furniturnya berupa meja dan bangku kayu. Ada beberapa bangku juga yang langsung menempel di dinding.

Kamu pun akan semakin nyaman saat duduk karena tersedia beberapa bantal dengan beragam warna di bangku tersebut. Bagian interiornya juga dihiasi dengan beberapa lukisan dan logo neon tengkorak berwarna merah. Terdapat juga tanaman indoor yang berada di sudut ruangan.

Open Bar untuk interaksi dengan pelanggan

Yang membuat menarik di S.M.I.T.H 2.0 ialah terdapat open bar. Di sana pengunjung bisa melihat langsung proses penyeduhan kopi secara manual alias manual brew. Pakai mesin penyeduh V 60.

Kamu yang kepo dengan segala hal tentang kopi, silahkan bertanya langsung dengan barista di open bar ini. "Biasanya pengunjung coffeeshop sekarang ini banyak yang ingin tahu tentang kopi, mulai dari daerah asal beans nya, proses beansnya, juga pertanyaan mengenai temperatur suhu yang digunakan," kata Nindy.

Open Bar (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Namun, untuk menu manual brew tidak sama setiap harinya. Para barista memiliki menu yang berbeda. Contohnya bisa saja hari ini manual brew mengguanakan biji kopi pitaloka dan keesokan harinya menggunakan biji kopi gayo dan kerinci. "Jadi supaya customer punya beberapa pilihan beans untuk dinikmati," jelas Nindy.

Di samping manual bar terdapat beberapa pajangan merchandise S.M.I.T.H 2.0. Contohnya seperti T shirt, enamel, scraft, sticker pack, patch, anting dan juga totebag.

Oh iya, S.M.I.T.H 2.0 mendukung gaya hidup yang eco friendly juga lho. Sebab mereka juga menjual sedotan ramah lingkungan yang terbuat dari stainless steel sebagai merchandise mereka yang disebut straw kit.

Selain itu, S.M.I.T.H 2.0 juga menjual roasted beans dan juga drip bag coffee yang terpajang di dekat tempat merchandise tersebut.

Merchandise di S.M.I.T.H 2.0 (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Lantai dua spot foto instagramable

Sudah tahu deh. Sekarang ini selain mencari wifi para pengunjung kedai kopi memang sengaja mencari spot foto yang instagramable di kedai kopi. Karena itu di lantai dua S.M.I.T.H 2.0 terdapat beberapa spot dengan latar belakang doodle art. Berupa kepala tengkorak dan lukisan bertema street art. "Sekarang rata-rata orang nyari tempat yang nyaman dan juga mempunyai konsep instagramable untuk mereka duduk sambil menikmati kopi" imbuh Nindy.

Doodle art yang instagramable (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Di lantai dua ini juga tersedia smoking room. Bedanya smooking room di S.M.I.T.H 2.0 tetap menggunakan pendingin ruangan agar asap rokoknya tidak ngebul. Untuk smoking room tersedia lebih kecil dibandingkan non smoking room. Nah, spot foto instagramablenya itu lebih banyak berada di bagian non smoking room.

Creamy teriyaki dan yin yang iced coffee (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Oh iya, menu yang ditawarkan juga beragam. Dari main course, appetizer, snack, coffee dan juga non coffee. Beruntung, merahputih.com berkesempatan mencicicipi salah satu menu yang lezat bernama Creamy Teriyaki.

Rasanya sangat memanjakan lidah. Bumbu teriyakinya juga sedikit variatif, tidak terpaku dengan rasa bawang dan kecap ala ayam teriyaki Jepang. Bumbu dengan tambahan jamur, sehingga rasanya sangat creamy. Santapan makanan merahputih.com juga ditemani dengan segelas minuman dingin Yin Yang Iced Coffee.

Lantai 2 memiliki banyak spot foto instagramable (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Nah, sahabat Merah Putih yang ingin bersantai di S.M.I.T.H 2.0, segera mampir deh. Alamat lengkapnya berlokasi di Jalan Gandaria 1 no. 92 A, Gandaria, Jakarta Selatan. Selamat mencoba! (ikh)

Baca juga: 8 Kedai Kopi Partner Nonton MerahPutih.com Ini Bisa Jadi Referensi Anda

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH