'Ngopi' Santai di Museum Perkebunan Medan, Yuk! Pesta Kopi Mandiri di Museum Perkebunan, Medan. (Foto: MP/Amsal Chaniago)

ANDA yang tinggal di Medan dan sekitarnya akhirnya kebagian juga mencicipi keseruan "Pesta Kopi Mandiri". Setelah sukses di Surabaya, Yogyakarta dan Jakarta, "Pesta Kopi Mandiri" kini digelar di Medan, Sumatra Utara.

Pestanya para pencinta kopi persembahan Bank Mandiri, Mandiri Coffiesta, Hype dan ABCD of Coffee itu dibuka Sabtu (19/8) oleh Gubernur Sumatra Utara, Tengku Erry Nuradi.

Erry sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi tentang kegiatan "Pesta Kopi Mandiri" yang berlangsung dua hari. Tentunya dengan kegiatan ini dapat memperkenalkan produk-produk kopi asal Sumatra Utara.

"Terlebih Lagi Sumatra Utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki potensi kopi yang sudah sangat terkenal, di antaranya Kopi Mandailing, serta di daerah dataran tinggi Kabupaten Karo, Humbang Hasudutan dan Simalungun. Tentunya harus diperkenalkan melalui kegiatan sosialisasi seperti," terang Gubernur Sumatra Utara Tengku Erry Nuradi usai membuka acara Pesta Kopi Mandiri yang berlangsung di Museum Perkebunan, Jalan Brigjen Katamso, Medan, Sabtu (19/8).

Kopi memiliki banyak penggemar. Masyarakat dunia, khususnya yang berada di negara subtropis sangat menggemari kopi. "Diharapkan dengan kegiatan ini tentunya bisa membuka peluang pasar dalam memasarkan kopi produk Indonesia, khususnya Sumatra Utara, ke berbagai negara yang penduduknya sangat gemar dengan kopi yakni Italia, Belanda bahkan di Rusia," ungkapnya.

Tak ketinggalan, Erry memaparkan pula pengalamannya saat melakukan kunjungan kerja ke Rusia. "Ketika itu saat bertemu, Dubes RI untuk Rusia menyatakan peluang pasar cukup tinggi dikarenakan masyarakat sangat menyukai kopi," tambahnya.

Pada kesempatan itu, gubernur Sumatra Utara juga mengucapkan terima kasih kepada pihak bank mandiri yang terus mendorong perkembangan perekonomian khususnya berhubungan dengan komoditas andalan Provinsi Sumatra Utara selain dari kopi, yakni kelapa sawit, karet, dan coklat.

"Untuk itulah selaku pemerintah terus mendorong agar hasil perkebunan tersebut dikelola dengan baik sehingga menjadi andalan dunia," ucapnya.

Masih dalam acara tersebut, gubernur juga memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Rispa selaku pemilik tempat acara, dalam hal ini Museum Perkebunan, tentunya suatu hal yang sangat baik.

Karena menurut Erry, bila berada di luar negeri Anda akan selalu melihat acara atau tempat 'ngopi' seperti ini yang berada di ruangan terbuka seperti di Museum Perkebunan ini.

Medan belum banyak memiliki ruang terbuka seperti ini, tetapi Erry berharap kegiatan serupa bisa berlanjut. Terutama bagi para peminat kopi yang ada di Sumatra Utara, khususnya Medan.

Selain memopulerkan kopi, konsep "Pesta Kopi Mandiri" yang unik karena digelar di museum bertujuan pula membuat masyarakat lebih tertarik berkunjung ke tempat bersejarah. Bila Anda belum punya agenda liburan pada akhir pekan ini, "Pesta Kopi Mandiri" layak dikunjungi. Apalagi jika Anda gemar 'ngopi' santai.

Berita ini merupakan laporan dari Amsal Chaniago, kontributor merahputih.com untuk wilayah Medan dan sekitarnya. (sal)

Simak juga berita lain mengenai "Pesta Kopi Mandiri" pada artikel Festival Kopi Mandiri Jadi Alat Perkenalan Dan Pengembangan Produk Kopi.


Tags Artikel Ini

Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH