Ngeri, Komik Marvel Edisi Pertama Laku Rp 17 Miliar Marvel baru saja menorehkan sejarah baru dalam perjalanannya di dunia hiburan (Foto: WallpaperCave)

MARVEL belum lama ini membuat sejarah baru dalam perjalanannya di dunia hiburan. Komik pertama Marvel, Marvel Comics #1, terjual di pelelangan dengan harga USD 1,26 juta (Rp 17,8 Milyar) pada tanggal 21 November 2019. Komik tersebut menjadi komik Marvel termahal yang pernah dijual.

Marvel Comics #1 pertama kali dipublikasikan pada tahun 1939 oleh Timely Comics, yang mengubah namanya menjadi Marvel. Komik tersebut memperkenalkan empat karakter bernama Human Torch, Angel, Sub-Mariner dan Masked Raider.

Baca juga:

Mengenal 5 Logam Terkuat di Marvel Universe

Jarang sekali ada orang yang mengetahui karakter di dalam komik tersebut kecuali Human Torch. Akan tetapi Human Torch di komik Marvel Comics #1 bukan lah Human Torch yang banyak orang kenal.

Jim Hammond, Human Torch pertama sebelum Johnny Storm (Foto: ScreenRant)
Jim Hammond, Human Torch pertama sebelum Johnny Storm (Foto: ScreenRant)

Saat ini Human Torch adalah alter ego dari Johnny Storm, salah satu anggota dari Fantastic Four. Sedangkan Human Torch dalam Marvel Comics #1 adalah seorang android yang kemudian menyamar menjadi manusia bernama Jim Hammond.

Meski dirinya dan ketiga karakter yang muncul di Marvel Comics #1 tak lagi dikenal banyak orang, mereka lah yang mungkin menjadi kunci di balik kesuksesan Marvel saat ini.

Baca juga:

Mengenal 7 Karakter Captain Marvel di Marvel Comic

Buktinya, orang sampai rela mengeluarkan uang yang begitu besar hanya untuk mendapatkan komik Marvel pertama ini. Akan tetapi, bukan hanya nilai sejarahnya saja yang membuat Marvel Comics #1 menjadi mahal.

Kualitas dari komik tersebut juga jadi penentu besar. Dilansir dari laman ScreenRant, komik tersebut mendapatkan nilai kualitas 9,4. Padahal banyak komik yang nilai kualitasnya jatuh di bawah 9,4 hanya dalam beberapa tahun saja.

Kualitas dari komik ini menjadi penentu besar dibalik harganya yang mahal (Foto: Heritage Auction)
Kualitas dari komik ini menjadi penentu besar dibalik harganya yang mahal (Foto: Heritage Auction)

Komik tersebut ternyata tak hanya menjadi komik Marvel termahal yang pernah dijual, akan tetapi menjadi komik termahal yang pernal dilelang di Heritage Auction, tempat pelelangan komik dan 'comic art' terbesar di dunia.

"Komik ini adalah salinan bersejarah dari komik yang bersejarah. Tak diragukan lagi, ini adalah kakek dari semua komik Marvel, yang tanpa kehadirannya orang-orang tidak dapat melihat karakter dan cerita dinikmati banyak orang melalui komik dan film," kata Ed Jaster selaku wakil presiden senior di Heritage Auction.

Dilansir dari laman ScreenRant, pemilik awal dari komik tersebut adalah seorang tukang pos. Ia membeli komik tersebut melalui rak koran di Uniontown Pennsylvania. Tukang pos tersebut ternyata memang memiliki kebiasaan membeli semua komik atau majalah edisi pertama, mulai dari tahun 1940an. Bisa jadi dirinya masih memiliki banyak koleksi majalah atau komik yang berharga tinggi. (sep)

Baca juga:

Penyakit Langka Ini Bikin Kebal Seperti Superman


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH