Ngeri, Bulan September Ada Asteroid yang Bakal Nabrak Bumi asteroid akan menabrak bumi (Foto: Pexels/Pixabay)

BULAN September nanti, bumi akan didatangi sebuah asteroid. Tepatnya ketika musim gugur. Pada tanggal 9 September 2019, Asteroid 2006 QV89 akan datang ke bumi. Demikian menurut laman Live Science.

Asteroid tersebut enggak sekadar lewat. Tapi menurut prediksi European Space Agency (ESA), asteroid ini diperkirakan bakal menghantam bumi. Meskipun begitu, prediksi tersebut bisa saja salah.

Masalahnya, perbandingan asteroid itu akan menabrak bumi hanya 1:7.299. Kalaupun prediksinya salah. Asteroid itu tetap akan kembali ke bumi. Tapi dalam jangka waktu yang lama. Kira-kira asteroid tersebut akan mampir lagi pada tahun 2032, 2045,atau tahun 2062.

Ukuran asteroid ini enggak besar-besar banget. Asteroid ini cuma memiliki diameter 40 meter. Beda cerita dengan asteroid yang puluhan juta tahun lalu menabrak bumi dan membunuh spesies dinosaurus. Kala itu, asteroidnya memiliki ukuran diameter 10 kilometer.

Ukurannya kecil tapi ledakan asteroidnya besar (Foto: Pexels/Pixabay)

Baca juga:

Turis akan Bisa Melancong ke Ruang Angkasa Pakai Elevator, 8 Hari Perjalanan

Meskipun ukurannya terbilang biasa. Jangan salah. Asteroid 2006 QV89 tetap berpotensi menghancurkan bumi. Sebab, kekuatan asteroid ini kalau menabrak bumi mencapai 1,5 megaton. Jakarta kemungkinannya bisa hancur kalau benar-benar asteroid itu nyasar ke ibukota.

Asal kamu tahu saja. Dulu pernah ada asteroid yang meledak di kota Chelyabinsk, Rusia, pada tahun 2013. Ledakan asteroid itu bikin hancur lebih dari 7.000 gedung yang ada di kota itu. Padahal, ukuran asteroidnya cuma 20 meter. Lebih besar asteroid 2006 QV89.

Kekuatan hantaman asteroid itu sudah dihitung oleh kalkulator Impact Earth milik Purdue University. Jadi enggak mungkin salah. Wah semoga asteroid itu enggak jadi datang ke bumi ya sahabat Merah Putih. (ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo