Ngemil Gaya Hidup Tidak Sehat? Benarkah ngemil tidak sehat? (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

CAMILAN memiliki reputasi buruk ketika berbicara tentang makanan sehat. Umumnya identik dengan makanan yang tidak sehat. Biasanya mengonsumsi di antara waktu makan dan secara bertahap akan menambah berat badan.

Namun apakah mengemil selalu dianggap sebagai kebiasaan yang tidak sehat? Apakah ngemil justru malah benar-benar membantu kita menjalani gaya hidup yang lebih sehat?

Baca juga:

Camilan yang Sangat Digemari Masyarakat Indonesia

Snacking adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kegiatan mengonsumsi makanan di antara jam makan namun bukan otomatis berarti makanan yang buruk.

Seperti yang ditulis oleh laman Mirror, ngemil dimotivasi oleh rasa lapar ketika kadar gula darah kita rendah. Hal ini menyebabkan tubuh sangat membutuhkan makanan berlemak atau bergula. Cemilan membantu menjembatani kesenjangan sampai waktu makan berikutnya. Ngemil meningkatkan kadar gula darah dalam waktu tercepat. Karena itu, ngemil telah dikaitkan dengan penambahan berat badan.

Baca juga

Minum Kopi Kurang Lengkap Tanpa Camilan Lezat, Nih 4 Rekomendasinya!

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa jika seseorang mengonsumsi makanan yang seimbang dan sehat secara umum, ngemil tidak berpengaruh pada berat badan. Gagasan bahwa mengonsumsi makan berkalori ekstra hanya dapat merusak berat badan adalah alasan tidak berdasar. Ada banyak cara ngemil yang dapat membantu kamu menjalani gaya hidup yang lebih sehat.

Selama kamu menyadari akan jenis makanan ringan apa yang dikonsumsi, ngemil bisa dipakai sebagai cara untuk menurunkan berat badan. Juga dapat membuat kamu merasa seimbang sepanjang hari. Dilansir laman Lifehack, berikut beberapa tipsnya.

1. Mencegah makan berlebihan

1
Pilih camilan dengan kadar kalorinya terkontrol (Foto: Pexels/Kaboompics)

Walaupun ngemil dapat dilihat sebagai penambah ekstra kalori, masuk akal jika selalu menjaga diri kamu tetap sehat sepanjang hari. Kamu dianjurkan untuk tidak makan berlebihan ketika hampir datang waktunya untuk untuk makan malam. Ironisnya, rasa lapar adalah penyebab utama yang dapat menambah berat badan. Rasa rakus akan membuat kita makan hingga 20% lebih banyak dari yang kita butuhkan. Pastikan memilih jenis camilan dengan kadar kalorinya terkontrol, karena kamu tidak ingin mengonsumsi makanan olahan hanya agar tidak ingin makan malam.

2. Bantu dapat lebih banyak nutrisi

2
Pilih camilan yang tidak diproses (Foto: Pexels/malcolm garret)

Nngemil cerdas bisa menjadi keuntungan dalam hal mendapatkan semua kebaikan yang dibutuhkan tubuh kamu. Mungkin sulit untuk mendapatkan semua nutrisi yang kamu butuhkan setiap kali di jam makan utama, terutama di saat sedang sibuk. Di sinilah camilan dapat memberi kamu dorongan ekstra sehat. Hampir semua yang tidak diproses, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, keju, buah atau sayuran, dapat memberi kita nutrisi yang sangat dibutuhkan. Camilan berkalori rendah yang membuat kamu kenyang dapat membantu tubuh kamu menjalani hari dengan lebih efisien.

3. Tingkatkan energi

ngemil
Mengemil dapat membahagiakan (Foto: Unsplash/Vlad Baranov)

Kita semua memiliki perasaan lemah dan kehilangan energi saat merasa lapar. Ngemil pada dasarnya dapat mencegah hal ini terjadi dan membantu menjaga kesehatan pikiran dan tubuh. Dengan kata lain, ngemil dapat membuat kita bahagia dan mencegah penurunan yang terkait dengan perasaan negatif.

4. Pilihan makanan yang cerdas

4
Pilih camilan berprotein tinggi dan rendah lemak (Foto: Pexels/Polina Zimmerman)

Membantu kita membuat pilihan yang lebih baik dalam hal waktu makan. Jika gula darah kita dipertahankan, bukannya mempertimbangkan pilihan jenis makanan yang lebih sehat, kita justru cenderung mengonsumsi pizza atau burger.

Memilih atau merencanakan makanan ringan yang lebih sehat juga dapat meyakinkan otak bahwa kita ingin menjalankan pilihan sehat hingga malam hari. Jadi, pertimbangkan untuk mengemil makanan berprotein tinggi, makanan rendah lemak seperti protein shake, yogurt polos, sayuran mentah, atau kacang-kacangan dan biji-bijian.

5. Ngemil cerdas

5
Hindari keinginan mengemil karena alasan irasional (Foto: Pexels/Gratisography)

Ngemil akan bisa sangat baik jika kamu memperhatikan jenis makanan ringan yang kamu pilih. Mempertahankan kadar gula dan mengurangi rasa lapar kamu akan membuat kamu menghilangkan pilihan makanan yang tidak sehat. Usahakan untuk tidak ngemil. Anggap saja itu membuat kamu kesal dan menyayangi tubuh kamu sampai waktu makan berikutnya. Jika kamu bertujuan untuk menurunkan berat badan, ngemil akan membantu dalam pencarian kamu untuk menurunkan berat badan jika dilakukan dengan cara yang cerdas dan penuh perhatian ini.

Ingatlah untuk ngemil jika kamu benar-benar lapar. Mengemil di saat merasa bosan sangat umum. Umumnya tidak perlu dan cenderung terjadi sesaat sebelum makan besar. Cobalah untuk menghindari hal ini dan mengemil ketika tubuh kamu benar-benar membutuhkannya. Hindari keinginan mengemil karena alasan yang irasional, dan kamu bisa ngemil dengan cara yang positif dan sehat. (lgi)

Baca juga:

Tak Perlu Khawatir, 5 Camilan Ini Sehat untuk Penderita Diabetes

Kredit : leonard


Leonard G.I

LAINNYA DARI MERAH PUTIH