Agenda Weekend

Ngemal Sembari Nonton Tari Tradisi Garapan Kelompok Swargaloka

Yudi Anugrah NugrohoYudi Anugrah Nugroho - Minggu, 18 November 2018
Ngemal Sembari Nonton Tari Tradisi Garapan Kelompok Swargaloka
Pentas Tari Swargaloka. Sumber; Galeri Indonesia Kaya

BINGUNG hari ini hangout ke mana? Mau ngemal tapi kepingin tetap nikmatin local wisdom. Ya, Sahabat MP enggak perlu worry!. Kamu bisa banget hari ini datang ke Grand Indonesia, tepatnya West Mall lantai 8, Galeri Indonesia Kaya.

Di sana, hari ini, 18 November 2018, pukul 15.00 WIB, akan digelar pertunjukan tari kelompok Swargaloka berjudul "Jelajah".

Nah, sebelum meluncur. Sahabat MP bisa banget nih kepoin informasi singkat tentang kelompok tari dan sekelumit sajian pertunjukannya.

"Jelajah" merupakan kisah perjalanan Swargaloka selama beberapa tahun terakhir dalam kiprahnya pada Tari Kreasi berbasis Tradisi.

Berakar Dari Tari Gaya Surakarta, garapan tari kemudian menjelajah ke daerah Banyuwangi, DKI Jakarta, dan Lamandau Kalimantan Tengah.

Kisah Perjuangan Swargaloka dalam berkarya digambarkan melalui rasa gerak etnik tari tradisi Indonesia dalam bentuk dan gagasan baru.

Perbedaan dari tari berbagai etnis dileburkan ke dalam satu paduan gerak, bernama gerak Nusantara, dengan tetap mempertahankan esensi dari muatan lokal setiap daerah.

Didirikan dengan nama Swargaloka Art Department di Yogyakarta, pada tanggal 17 Juni 1993, Swargaloka bertujuan untuk mewadahi kreativitas para seniman alumni perguruan tinggi seni dan memberikan peluang berkarya bagi para seniman.

Berbagai kegiatan telah dilakukan Swargaloka di Yogyakarta selama kurun waktu 1993 hingga 1997, antara lain: Pementasan Sendratari Ramayana di Candi Prambanan bekerjasama dengan PT. Taman Wisata Candi Borobudur dan Prambanan.

Hingga tahun 2016, Swargaloka tercatat telah berkecimpung pada sekitar 100 kegiatan besar.

Selain pementasan Drama Wayang, Swargaloka memiliki kegiatan unggulan, berupa Festival Tari Puspa dan Satwa (FESTA), Festival Tari Kreatif Nusantara (FTKN) dan pementasan “Tujuh Belas Berbagi Lewat Seni”.

Jadi, tunggu apa lagi?

#Tari Tradisional
Bagikan
Bagikan