Ngebet Ingin Produksi Helikopter Sendiri, Prabowo Gandeng Airbus

Mula AkmalMula Akmal - Jumat, 01 Desember 2023
Ngebet Ingin Produksi Helikopter Sendiri, Prabowo Gandeng Airbus
Menhan Prabowo Subianto saat acara penyerahan delapan unit helikopter H225M ke TNI AU di Pangkalan Udara Atang Sendjaja, Bogor. (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Indonesia berkeinginan untuk memproduksi helikopter secara mandiri.

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto pun mendorong kerja sama antara industri pertahanan RI PT Dirgantara Indonesia dengan produsen pesawat Airbus dan negara lainnya.

Baca Juga:

TNI AU Terima 8 Unit Helikopter Airbus H225M


"Kita ada kerja sama jangka panjang dengan Airbus, mengarah pada kita harus produksi heli kita sendiri. Kita merintis dengan negara-negara lain. Kita optimistis perkembangan industri pertahanan kita baik dan kuat," ujar Prabowo di Lanud Atang Sendjaja, Bogor, Jawa Barat, Jumat (1/12).

Prabowo mengatakan Indonesia sendiri punya ketentuan bahwa harus ada transfer teknologi dan kandungan lokal dalam akuisisi alutsista dari luar negeri.

"Harus ada transfer teknologi dan harus ada kandungan lokal ya, konten lokal, dan harus ada offset," ucap Prabowo

"Nanti mereka juga memberi kepada kita. Lalu posisi Indonesia kita selalu negosiasi konten kandungan lokal dan ada imbalan. Iya dong, macam-macam ya, nanti pendidikan latihan dan sebagainya," tambahnya.

Baca Juga:

80 Persen Area TPA Rawakucing Terbakar, Satu Helikopter Lakukan Water Bombing

Prabowo pada Jumat (1/12) menyerahkan 8 unit helikopter angkut berat baru, H225M kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo di Lanud Atang Sendjaja, Bogor.

Prabowo menyebut keberadaan alutsista baru ini sebagai bagian dari upaya untuk memperkokoh kekuatan pertahanan Indonesia. Pada dasarnya, tujuan pembangunan pertahanan negara adalah untuk melindungi seluruh tumpah darah Indonesia. Untuk itu, pertahanan yang kuat menjadi hal vital dan harus dimiliki Indonesia.

"Hari ini saya mendapat kehormatan diundang dalam upacara penyerahan helikopter H225M kepada TNI Angkatan Udara kita, termasuk juga simulator. Ini merupakan bagian dari upaya kita membangun kekuatan pertahanan kita," ungkap Prabowo. (Asp)

Baca Juga:

BNPB Datangkan Helikopter dari Jambi Buat Padamkan Api di TPA Rawakucing Tangerang

#Prabowo Subianto #TNI
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan